Biduran Yang Disertai Bengkak Di wajah (Muka), Ketahui Penyebab dan Obatnya

Biduran pada umumnya hanya menyebabkan gatal dan kemerahan di kulit tubuh, tetapi pada kondisi yang jarang terjadi ada juga kasus biduran yang disertai bengkak di wajah, terutama pada area bibir, pipi, dan dahi. Jika sudah begini, ketahui penyebab dan obat biduran yang tepat.

Biduran atau kaligata dalam istilah medis yaitu urtikaria. Urtikaria adalah reaksi kulit yang mengakibatkan gatal dan bercak kulit kemerahan. Ukuran bercaknya bermacam-macam mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Penyebab biduran biasanya karena alergi makanan, obat, atau terpapar zat tertentu.

Angioedema atau angioneurotic edema merupakan istilah medis untuk pembengkakan pada wajah akibat biduran. Berbeda dengan kasus biduran biasa yang terjadi pada permukaan kulit luar, pada angioedema pembengkakan mempengaruh lapisan kulit yang lebih dalam hingga pembuluh darah (angio). Ciri-cirinya akan nampak jelas pada area wajah dan bibir.

Mayoritas kasus urtikaria dan angioedema tidak bahaya dan tidak membekas meskipun tanpa perawatan. Tetapi pada kasus kronis dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Biduran Yang Disertai Bengkak Di Wajah
Gambar Biduran di Wajah (credit to londonallergy.com)

Obat yang biasanya untuk menyembuhkan biduran dan pembengkakan wajah adalah obat antihistamin. Tetapi penderitanya mesti hati-hati sebab pembengkakan dapat terjadi pada lidah dan tenggorokan sehingga resikonya akan mengganggu nafas.

Jadi Kapan Anda harus ke dokter

Umumnya keluhan ini bisa diatasi di rumah. Tetapi jika gejala terus berlanjut maka kunjungi dokter. Segera ke RS jika merasa tenggorokan membengkak sehingga sulit nafas.

Penyebab biduran yang menimbulkan pembengkakan wajah

Berikut beberapa penyebab terjadinya urtikaria dan angioedema:

  • Makanan. Beberapa makanan yang memicu alergi antara lain ikan laut, udang, kerang, telur, kacang, dan susu. Alergi makanan tidak sama untuk setiap orang, karena setiap orang mempunyai keunikannya masing-masing.
  • Obat-obatan. Beberapa obat yang dapat menimbulkan gatal-gatal dan angioedema yaitu penisilin, ibuprofen, aspirin, naproxen, dan obat tekanan darah.
  • Zat alergen (penyebab alergi) seperti sengatan serangga, serbuk, bulu hewan, dan lateks.
  • Cuaca lingkungan baik panas maupun dingin.
  • Penyakit tertentu. Biduran yang disertai pembengkakan wajah dapat juga muncul sebagai respon tubuh akibat gangguan imunitas karena penyakit lupus, limfoma, tiroid, hepatitis, dan HIV.
  • Genetika. Angioedema herediter adalah kelainan genetik yang terbilang jarang terjadi. Penderitanya akan berada kondisi dimana protein darah tertentu tidak berfungsi dengan baik sehingga fungsi imunitas menjadi terganggu.

Risiko akan meningkat jika anda:

  • pernah mengalami biduran atau angiodema
  • Mempunyai reaksi alergi lainnya.
  • Mempunyai kelainan terkait urtikaria dan angiodema, contohnya penyakit tiroid dan lupus
  • Mempunyai riwayat keluarga pernah menderita biduran dan angioedema.

Jadi bagi anda yang sedang biduran yang disertai pembengkakan wajah harus tahu faktor penyebabnya sehingga anda tidak mengalami biduran lagi kedepannya.

Obat Biduran Yang Disertai Pembengkakan Wajah

  • Obat anti gatal anthistamin. Obat ini digunakan untuk mengurangi gatal dan wajah yang membengkak.
  • Obat anti-inflamasi. Obat ini digunakan untuk mengatasi urtikaria atau angioedema. Contohnya obat kortikosteroid oral seperti prednison untuk meredakan gatal, kulit kemerahan, dan pembengkakan.
  • Obat penekan imunitas. Obat ini dipakai jika anthistamin dan kortikosteroid tidak ampuh menekan sistem imunitas yang terlalu aktif.
  • Obat antinyeri dan bengkak untuk mengobati urtikaria kronis dan angioedema. Contohnya obat nonsteroid antiinflamasi yang disebut antagonis leukotrien.
  • Pengendali protein darah untuk mengatur kadar protein darah tertentu yang biasanya diperlukan oleh penderita angioedema herediter.

Jika penderita mengalai urtikaria dan angioedema yang parah maka harus segera dibawah ke UGD untuk memperoleh suntikan epinefrin, yaitu sejenis adrenalin. Pada kasus pasien yang beresiko mengalami kejadian berulang maka dokter dapat merekomendasikan pasien untuk selalu membawa alat seperti pena yang mengandung epinefrin. Dengan alat inilah maka pendeita dapat memakainya saat kondisi darurat.

Demikian penjelasan lengkap tentang biduran yang disertai bengkak di wajah atau muka. Semoga lekas sembuh.



Info Terkait: