Waspadai Penyakit Jantung, Kenali Resikonya Sejak Dini

Jantung adalah organ vital yang sangat penting untuk dijaga bagi kesehatan manusia, terutama bagi mereka yang memiliki catatan kesehatan yang kurang baik, pola makan yang tak teratur serta mempunyai tubuh dengan berat badan berlebih. Waspada terhadap penyakit jantung memang perlu dilakukan sejak dini, karena penyakit ini dapat berakibat fatal bila terlambat ditangani. Pada umumnya penyakit ini sering dikaitkan dengan wanita, namun berbeda halnya dengan kenyataan yang telah ditemukan.

Penyakit jantung

Penyakit jantung

Dalam catatan medis mengungkapkan bahwa jumlah penderita pria justru lebih besar, karena faktor gaya hidup seperti merokok dan alkohol yang cenderung melekat pada pria. Kurangnya oksigen yang dibutuhkan jantung merupakan penyebab utama bagi mereka yang terkena serangan jantung secara tiba-tiba. Selain itu rokok juga bagian dari timbulnya gangguan pada kesehatan jantung sehingga terdapat potensi yang cukup besar didalamnya.

Penyebab Utama Penyakit Jantung

Penyakit jantung koroner memang selalu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua masyarakat. Bahkan terkadang sebagian tak menyadari tentang kehadiran penyakit tersebut didalam tubuhnya. Ada beberapa penyebab utama yang dapat menimbukan serangan jantung. Berikut adalah beberapa faktor resiko penyakit ini :

  • Tekanan darah tinggi; terjadinya serangan jantung tentu sangat identik dengan yang namanya tekanan darah tinggi. Faktanya, beberapa kasus kematian juga disebabkan karena tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi setidaknya harus mengontrol kesehatan jantungnya dalam 3 kali setahun.
  • Usia dan juga jenis kelamin; pada umumnya usia yang telah mencapai umur 65 tahun ke atas lebih mempunyai peluang besar untuk terkena serangan jantung, terutama bagi mereka yang lebih dulu memiliki catatan kesehatan mengidap penyakit jantung bawaan.
  • Kadar kolesterol yang tinggi; kadar kolesterol yang terlalu berlebihan dalam tubuh juga dapat memicu serangan jantung. Alasannya adalah karena kolesterol tinggi dapat mendorong pembentukan plak didaerah pembulu darah dan hal itu bisa menganngu pasokan darah yang menyebabkan gagal jantung.

 

Terjadinya serangan jantung

Terjadinya serangan jantung

Apa Itu Penyakit Jantung Rematik

Meski belum begitu populer di kalangan masyarakat, penyakit jantung rematik semakin dikenali akhir-akhir ini. Pasalnya penyakit ini juga sering dijumpai, umumnya disebabkan oleh kerusakan selaput dan juga seluruh jantung. Kejadian seperti ini kini dapat ditanggulangi dengan menggunakan antibiotik yang efektif untuk membunuh bakteri yang penyebab rematik yang bernama streptokokus.

Penyakit ini biasanya ditandai oleh demam, akibat dari peradangan yang kemudian muncul sebagai komplikasi pada tenggorokan.  Peradangan itu dapat menjalar hingga membuat efek yang menjadikan munculnya penyakit jantung lemah. Serangan jantung merupakan sebuah kondisi di mana sumber kerusakan yang terjadi pada bagian otot jantung yang mengalami kekurangan pasokan darah dan oksigen. Meskipun kerap datang secara tiba-tiba, resko penyakit jantung.dapat diminimalisir dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan rutin berolah raga.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara alami waspada jantung -identik sakit jantung -resiko jantung adalah -resiko penderita yang mempunyai sakit jantung -sehat dengan lari pagi -waspada Jantung -Waspadai sakit jantung -

Content Protection by DMCA.com