Waspadai Kanker Paru-Paru Dapat Meyerang Kapanpun Siapapun

Paru-paru merupakan alat pernafasan yang tanpa kita sadari dapat diserang oleh salah satu penyakit ganas, yakni kanker. Kanker paru-paru tumbuh dari jaringan tipis pada paru-paru yakni berwujud sel yang tumbuh secara tidak terkontrol pada saluran udara.  Kondisi tidak terkontrol tersebut, sel kanker tumbuh menyebar sampai keluar paru-paru dan menyerang organ lainnya atau yang disebut ber –metastasis.

Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Penyakit ini adalah jenis kanker paling rawan kedua yang diderita oleh pria dan rawan ketiga di idap wanita di negara Singapura. Dan pria memiliki resiko sebanyak tiga kali lebih tinggi dibanding wanita. Gejala awal yang ditunjukkan oleh kanker ini adalah batuk kering yang tak kunjung sembuh dan kelamaan disertai dengan dahak yang berdaarah. Namun tak jarang juga yang tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, karena tergantung oleh sistem imun pada tubuh.

Gejala Ditimbulkan Kanker Paru-Paru Yang Tentu Memiliki Penyebab

Dibawah ini adalah gejala kanker paru-paru yang biasa dialami oleh pengidapnya, antara lain pertama adalah batuk namun jenis kering yang sering timbul ketika penderita kelelahan, batuk tersebut kelamaan kerap mengeluarkan dahak yang mengeluarkan darah dan banyak dari kita yang mengira ini bukanlah penyakit yang harus segera ditangani. Kedua, disebabkan nekrosis karena kanker dengan fenomena yakni hemoptisis (dahak berdarah) yang sifatnya berkelanjutan. Untuk yang ketiga, penderita merasakan sesak di bagian dada.

Untuk penderita yang telah mengalami kanker akut, gejala yang ditunjukkan pun lebih parah dan jelas, yakni rasa nyeri yang sangat di dada, sering merasakan kelelahan dan kesulitan bernafas ketika beraktivitas. Namun kadang juga ada yang memiliki tanda-tanda wajah yang membengkak karena faktor pembengkakan di pembuluh darah yang disebabkan oleh saraf yang tertekan sel tumor. Selain itu suara pengidap juga akan menjadi serak, berat badan yang semakin menurun dibarengi dengan nafsu makan yang menurun pula.

Segala gejala yang ditimbulkan memiliki penyebab kanker paru-paru antara lain sebagai berikut:

  1. Rokok

Rokok adalah faktor utama penyumbang penyakit ini. Nikotin dapat menekan imun untuk merespon pertumbuhan kanker pada jaringan yang telah terpapar. Di negara maju, sekitar 90% untuk laki-laki dan 70% untuk perempuan pada tahun 2000 kematian kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Selain itu perokok pasif juga memiliki resiko tiga kali lipat untuk terserang kanker.

  1. Polusi udara

Jangan anggap remeh polusi yang disebabkan oleh asap-asap kendaraan di jalanan karena kandungan nitrogen dioksidanya menyumbangkan resiko penyakit ini. Untuk polusi yang dihasilkan batubara, pemanas ruangan, kayu yang dibakar, dan residu bahan bakar dari kotoran juga mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat dan menyebabkan kematian.

  1. Genetika

Sekitar 8 sampai 14% faktor keturunan atau gen penderita kanker paru juga penyumbang dengan resiko yang besarnya sekitar 2,5 kali.

Ciri-Ciri kanker Paru-Paru Yang Patut Diwaspadai

Tanda atau ciri ciri kanker paru paru yang dapat ditunjukkan jika seseorang telah menderita kanker paru-paru adalah sebagai berikut :

  1. Batuk yang tidak kunjung sembuh dan terus-menerus
  2. Sering terengah-engah ketika beraktivitas namun bukan sesak nafas
  3. Suara yang kelamaan menjadi serak
  4. Lambat laun batuk disertai dahak yang berdarah
  5. Sering merasakan kelelahan yang sangat
  6. Kerap terserang infeksi pada paru-paru, misalnya pneumonia (paru-paru basah)
  7. Berat badan dan nafsu makan makin menurun tanpa sebab

Dari beberapa ulasan mengenai kanker paru-paru, jika dari anda ada yang merasakan gejala dan ciri-ciri seperti di atas, hendaknya segera konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh diagnosa yang pasti dan dapat segera diatasi.