Waspada Terhadap Penyakit Paru-Paru Karena Menular

Penyakit paru-paru adalah penyakit menular dan perlu diwaspadai, tapi paru-paru bisa disembuhkan. Paru-paru merupakan organ tubuh yang berperan penting bagi kehidupan. Paru-paru berfungsi untuk tempat pertukaran karbondioksida dan oksigen dalam tubuh yang merupakan pernapasan manusia. Oksigen sangat dibutuhkan setiap tubuh manusia, sedangkan untuk karbondioksida adalah hasil proses pernapasan yang dikeluarkan tubuh. Jika pernapasan manusia tidak lancar meskipun hanya hitungan menit bisa membuat seseorang meninggal dunia.


penyakit paru-paru basah (obatherbal)

penyakit paru-paru basah (obatherbal)

Oksigen dibutuhkan manusia dan jika tidak dipenuhi bisa berujung kematian. Beberapa gejala paru-paru yang bisa dilihat adalah batuk-batuk, dada terasa sakit, dan sesak napas. Jika Anda mengalami gejala tersebut, dapat diperkirakan paru-paru Anda tidak bisa berfungsi dengan normal.

Penyakit Paru-Paru Dan Gejalanya

Penyakit yang sering dialami banyak orang yang menyerang bagian paru-paru yaitu penyakit paru-paru basah. Paru-paru basah sering disebut pneumonia, yaitu kondisi paru-paru mengalami kelainan karena adanya cairan pada rongga paru-paru. Penyakit pneumonia diakibatkan karena adanya peradangan dan infeksi menyerang paru-paru, bisa disebabkan bakteri, jamur, dan virus. Cairan dalam paru-paru dapat diakibatkan penyakit TBC, demam berdarah, bronkitis, dan tumor.

Gejala paru-paru basah diantaranya yaitu:

  • Batuk kering menjadi batuk berdahak,
  • Dada terasa sakit,
  • Badan sering merasa lelah,
  • Mata mulai berair,
  • Tenggorokan sakit,
  • Badan terasa demam.

Penderita paru-paru basah umumnya mempunyai badan kurus, walaupun tidak dijelaskan pasti namun banyak pendapat mengatakan bahwa penderita paru-paru butuh energi banyak untuk bernapas. Itulah yang menyebabkan penderita paru-paru basah memiliki badan kurus dan tidak mengurangi nafsu makan. Kecuali nafsu makan menjadi berkurang atau penderita paru-paru mengalami depresi, hal ini menyebabkan banyak penderita penyakit pneumonia badannya kurus.

Cara Mengobati Penyakit Paru-Paru

Bagi Anda yang sedang mengalami paru-paru basah jangan terlalu khawatir karena bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Meskipun paru-paru tergolong penyakit yang berbahaya tapi masih bisa disembuhkan. Untuk penyakit paru-paru basah dan pengobatannya Anda dapat melakukan beberapa hal yaitu langkah pertama harus pergi ke dokter. Apabila menggunakan AC harus berhenti terlebih dahulu, banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung mineral dan antioksidan, apabila merokok maka berhenti, olahraga teratur, jangan suka keluar rumah sebab saat malam hari udaranya sangat lembab.

penyakit paru-paru basah dan pengobatannya

penyakit paru-paru basah dan pengobatannya

Pengobatan paru-paru basah cukup lama prosesnya selama 6-9 bulan. Selama bulan teresebut harus minum obat tanpa henti setiap hari. Dapat berhenti minum obat jika Dokter telah mendiagnosa terbebas paru-paru basah. Maka sangat penting untuk rutin datang ke Dokter setiap minggu. Meskipun terasa berat minum obat sampai berbulan-bulan tapi memiliki harapan sembuh bisa jadi penyemangat. Jalani hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi untuk mendukung pengobatan yang sedang dijalani.

Nah itulah artikel tentang penyakit paru-paru dan cara penganannya, tapi lebih baik pergi ke dokter saat Anda merasakan mulai batuk dan sesak napas sebelum penyakit menjadi parah.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apakah penyakit paru paru menular; obat paru2; penyakit paru paru; obat penyakit paru-paru; infeksi paru paru; paru paru kering; bahaya penyakit paru paru basah; penyakit paru paru menular melalui apa; apakah penyakit paru paru bisa menular; paru paru basah menular;

Content Protection by DMCA.com