Vitamin Yang Baik Untuk Wanita dan Sumbernya – Bagian 2

Asupan vitamin yang cukup memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan stamina, memacu metabolisme, dan mencegah berbagai penyakit. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa vitamin A, B2, B6, dan B7 adalah beberapa vitamin yang baik untuk wanita. Selain empat vitamin tersebut, tentunya masih ada beberapa vitamin esensial lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk menghindari resiko penyakit.


Vitamin yang baik untuk wanita (Fotolia)

Vitamin yang baik untuk wanita (Fotolia)

Apa Saja Vitamin Yang Baik Untuk Wanita?

Berikut adalah beberapa pilihan vitamin esensial yang sangat penting bagi kaum Hawa:

Vitamin B9

Vitamin B9 juga dikenal dengan asam folat, yang sangat diperlukan setiap wanita untuk mencegah resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit Alzheimer, kanker, depresi, maupun hilang ingatan. Vitamin ini juga meningkatkan kesehatan otak dan fungsi sel, meningkatkan kesuburan, serta membantu perkembangan janin selama kehamilan.

Kekurangan vitamin B9 pada wanita hamil bisa menyebabkan cacat saraf pada bayi – suatu kondisi yang dikenal dengan spina bifida. Makanan yang kaya vitamin B9 antara lain jus jeruk, sayuran berdaun hijau, asparagus, melon, strawberry, kacang-kacangan, telur, dan ragi yang telah diperkaya nutrisi.

Vitamin B12

Vitamin esensial lainnya yang dibutuhkan setiap wanita adalah B12, yang sangat penting untuk menjaga metabolisme, pembagian sel normal, serta sintesis protein. Vitamin ini juga mencegah penyakit jantung, hilang ingatan, serta anemia. Vitamin B12 kerap digunakan untuk mengobati depresi dan masalah fungsi otak. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan seseorang mudah marah, depresi, pusing, serta radang lidah dan mulut. Beberapa makanan terbaik sebagai sumber vitamin yang baik untuk wanita ini adalah telur, ikan, susu, yogurt, daging, keju, dan sereal sarapan.

Manfaat vitamin B bagi wanita (Shutterstock)

Manfaat vitamin B bagi wanita (Shutterstock)

Vitamin C

Vitamin C juga dikenal sebagai penopang daya tahan tubuh, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita, seperti mempercepat proses penyembuhan, merangsang pertumbuhan jaringan, serta mengurangi resiko sejumlah penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan kerusakan jaringan. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Sumber terbaik vitamin C antara lain brokoli, anggur, jeruk, kiwi, cabe, kentang, tomat, dan strawberry.

Vitamin D

Vitamin D larut dalam lemak, dan berfungsi mempercepat penyerapan kalsium yang sangat penting untuk kekuatan tulang, menurunkan resiko multiple sclerosis, rematik, dan berbagai jenis penyakit kanker. Vitamin D juga mengruangi gejala sindrom pra-menstruasi serta melindungi penglihatan. Kekurangan vitamin ini bisa memperlemah tulang serta memicu osteoporosis.

Paparan singkat terhadap sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami. Bagi orang-orang yang berkulit putih, paparan terhadap sinar matahari selama 10 hingga 15 menit cukup untuk memasok vitamin D bagi tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan berlemak, susu, hati, dan telur.

Tomat dan sayuran hijau sebagai sumber vitamin (Shutterstock)

Tomat dan sayuran hijau sebagai sumber vitamin (Shutterstock)

Vitamin E

Vitamin E mengandung khasiat anti-penuaan karena berperan memerangi sel kerusakan sel di dalam tubuh. Vitamin ini juga membantu mencegah penyakit jantung, katarak, hilang ingatan, dan berbagai jenis penyakit kanker, serta baik untuk kulit dan rambut. Makanan yang kaya vitamin E antara lain almond, bayam, margarin, minyak jagung, minyak ikan kod, selai kacang, dan biji bunga matahari.

Vitamin K

Vitamin K berperan menjaga kekuatan tulang, mencegah pembekuan darah, dan mengurangi resiko penyakit jantung. Vitamin C juga berfungsi untuk kekebalan tubuh dan sebagai sumber energi. Beberapa sumber vitamin K antara lain produk gandum utuh, sayuran berdaun hijau, dan minyak ikan.

Sebagai kesimpulan, mengkonsumsi lima porsi sayuran dan buah setiap hari adalah cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan seluruh vitamin yang baik untuk wanita, seperti yang telah dibahas di atas. Namun, jika anda tidak bisa memenuhi kebutuhan atas 10 jenis vitamin esensial bagi wanita tersebut, maka suplemen vitamin bisa menjadi alternatifnya. Meski demikian, pastikan anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.



Content Protection by DMCA.com