Vitamin Terbaik Untuk Wanita dan Sumbernya – Bagian 1

Saat ini, wanita cenderung lebih perhatian terhadap kesehatannya dengan cara mengikuti program diet sehat. Program diet semacam ini biasanya memadukan pola makan yang benar, olah raga, dan konsumsi vitamin. Nah, apakah vitamin terbaik untuk wanita? Berapapun usianya, berat badan, maupun tingkat aktivitas fisiknya, wanita perlu mengkonsumsi berbagai vitamin untuk menjaga kesehatannya secara optimum dan mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan.


Vitamin Terbaik Untuk Wanita (Fotolia)

Vitamin Terbaik Untuk Wanita (Fotolia)

Vitamin merupakan senyawa organik yang membantu organ-organ tubuh tetap berfungsi dengan benar. Setiap vitamin memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, vitamin terbaik untuk wanita harus disesuaikan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan. Tentu saja, tidak ada satu vitamin yang berfungsi untuk segalanya. Kekurangan satu vitamin tertentu dapat memicu penyakit tertentu pula.

Pilihan Vitamin Terbaik untuk Wanita

Vitamin A

Vitamin A mengandung khasiat antioksidan yang sangat diperlukan tubuh wanita untuk membangun dan memperkuat tulang, gigi, jaringan lunak, kulit, dan selaput lendir. Vitamin A juga berfungsi mengurangi resiko penyakit kronis, membantu penglihatan, serta memperlambat proses penuaan, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang kaya akan vitamin A antara lain wortel, blewah, labu, aprikot, tomat, jambu biji, brokoli, pepaya, semangka, buah persik, cabe merah, telur, bayam, susu, hati, maupun sereal yang telah diperkaya vitamin A.

Vitamin B2

Vitamin B2 juga dikenal dengan riboflavin. Sebagai salah satu vitamin terbaik bagi wanita, Vitamin B2 sangat penting untuk menjaga kesehatan, menjaga pertumbuhan secara normal, serta memelihara metabolisme tubuh. Vitamin B2 memasok energi dan memperkuat sistem imun, sekaligus mengurangi rasa ngilu, kelelahan, maupun stress.

Kekurangan vitamin B2 dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, sistem imun, dan sistem saraf. Akibatnya, mata dan lidah penderita akan terlihat pucat. Resiko lainnya adalah nyeri tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah,  mata kering, dan kulit berkeriput dan terasa gatal. Vitamin B2 banyak terdapat pada daging organik, keju,kacang-kacangan, buncis, jamur, almond, biji-bijian, sereal, telur, sayuran berdaun, yogurt, maupun susu.

Jamur merupakan sumber vitamin B2 (Shutterstock)

Jamur merupakan sumber vitamin B2 (Shutterstock)

Vitamin B6

Satu lagi vitamin terbaik untuk wanita adalah vitamin B6, yang juga dikenal dengan pyridoxine. Vitamin esensial ini diperlukan untuk menjaga sistem imun agar tetap sehat dan optimal, membantu tubuh memproduksi hormon dan zat kimia otak, dan pada akhirnya membantu mengurangi depresi, resiko penyakit jantung, serta kehilangan ingatan.

Vitamin B6 juga membantu menjaga kadar gula darah. Wanita hamil memerlukan makanan yang kaya vitamin B6 untuk mengatasi mual di pagi hari. Kekurangan vitamin ini dapat memicu anemia. Beberapa makanan yang merupakan sumber terbaik vitamin B6 antara lain sereal, alpukat, daging, kacang-kacangan, oatmeal, bij-bijian, pisang, ikan, dan buah-buahan yang telah dikeringkan.

Vitamin B7

Vitamin B7 juga dikenal dengan biotin yang sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan sel tetap optimum serta untuk proses sintesis asam lemak. Vitamin ini menjaga kesehatan rambut dan kulit, mempercepat pertumbuhan rambut, serta kuku rapuh. Sebagai salah satu vitamin terbaik untuk wanita, vitamin B7 diperlukan untuk pertumbuah tulang, sumsum tulang, serta menjaga kadar kolesterol normal.

Pentingnya vitamin B untuk kesehatan dan kecantikan wanita (Shutterstock)

Pentingnya vitamin B untuk kesehatan dan kecantikan wanita (Shutterstock)

Meskipun wanita relatif jarang mengalami kekurangan vitamin B7, gejala yang mungkin terlihat antara lain rambut rapuh, ruam kulit, fungsi jantung yang tidak normal, anemia, serta depresi ringan.  Beberapa sumber terbaik vitamin B7 antara lain ikan, ubi jalar, wortel, pisang, blewah, buah-buahan berwarna kuning, sayuran berdaun hijau, beras merah, lada, kuning telur, keju, oatmeal, yogurt, kedelai, dan kacang-kacangan.

Selain 4 vitamin terbaik untuk wanita yang telah dibahas di atas, masih ada enam jenis vitamin lain yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan wanita secara umum. Simak terus pembahasannya pada artikel berikutnya.



Content Protection by DMCA.com