Usia Lanjut Beresiko Besar Terserang Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat dan kolesterol merupakan dua penyakit yang menyerang orang berusia lanjut. Namun, sebenarnya asam urat serta kolesterol dapat menyerang siapa saja, termasuk Anda. Gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu utama asam urat serta kolesterol. Artikel ini memberikan informasi mengenai asam urat serta kolesterol yang bertujuan menambah pengetahuan dan mendorong siapa saja untuk hidup sehat supaya dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut sejak dini.

penyakit asam urat

penyakit asam urat

Penyakit asam urat adalah disebabkan karena kadar asam urat di dalam darah tinggi melebihi batas normal. Asam urat menjadi tinggi sebab mengkonsumsi makanan mengandung zat purin secara berlebiha. Zat purin yang terdapat di dalam darah diubah jadi asam urat. jika asam urat berlebihan, akibatnya ginjal tak dapat mengeluarkan asam urat, kristal asam urat semakin banyak pada sendi. Mengakibatkan semua sendi sering terasa sakit, bengkak, dan meradang.

Penyakit kolesterol disebabkan oleh kadar kolesterol di dalam darah tinggi. Kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit. Pola makan sehat bisa untuk menghindari kolesterol tapi tidak semua kolestrol memiliki dampak buruk. Hanya kolestrol kategori LDL yang mengakibatkan kondisi buruk, untuk  kolestrol HDL merupakan berfungsi sebagai pelarut kolestrol jahat. Jumlah kolesterol normal adalah 160-200 mg

penyakit asam urat dan kolesterol

penyakit asam urat dan kolesterol

Cara Ampuh Agar Penyakit Asam Urat Tidak Kambuh

Asam urat jika pengobatannya tidak tepat maka dapat kambuh lagi. Namun ada beberapa cara agar asam urat tidak kambuh lagi dengan mengetahui penyakit asam urat dan pencegahannya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa pencegahan asam urat agar tidak kambuh lagi adalah:

  • Kontrol makanan dan minuman

Ada beberapa makanan yang didalamnya terkandung kadar purin tinggi, di antaranya adalah jeroan, kerang, udang, cumi, sarden, kepiting, kornet, telur, kaldu kental, daging, kacang kedelai, kacang hijau, melinjo, tauge, sayur bayam, daun singkong, kangkung, kembang kol, asparagus, dan buncis.

  • Perbanyak minum air putih 

Setiap orang dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas setiap hari memang memiliki banyak manfaat, salah satunya membuang zat purin di dalam tubuh.

Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih

  • Jika terjangkit asam urat

Apabila sudah terserang asam urat jangan melakukan pijat sekitar persendian karena bisa membuat sendi semakin bertambah nyeri.

  • Konsumsi karbohidrat kompleks lebih banyak

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti singkong, nasi, roti, ubi yang tidak kurang 100 g/hari yaitu sekitar 65-75%.

  • Hindari karbohidrat sederhana

Untuk makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sebaiknya dihindari, seperti gula, permen, dan sirup.

Gejala Penyakit Asam Urat Dan Koleterol

Penyakit asam urat dan gejalanya dapat ditunjukkan dengan rasa kesemutan, sendi terasa linu, saat malam dan setelah bangun tidur akan merasakan nyeri, sendi mengalami pembengkakan, nyeri, dan terasa panas. Sedangkan gejala kolesterol diantaranya adalah leher dan bagian belakang tengkuk terasa nyeri, capek dan pegal sampai pundak bagian belakang, kaki bengkak, cepat merasa lelah dan ngantuk.

Apabila sudah merasakan gejala penyakit asam urat dan penyakit kolesterol di atas sebaiknya segera memeriksakan diri untuk melakukan diagnosa dan pengobatan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

Asam urat pada lansia -penyakit asam urat pada lansia -cara mengobati asam urat pada lansia -jus menurunkan kolesterol jahat & asam urat -materi usila beresiko -obat asam urat untuk lansia -obat herbal asam urat untuk wanita usia lanjut -Penyakit Lanjit -

Content Protection by DMCA.com