Upaya Penyakit Vertigo Melalui Identifikasi Dini dan Makanan

Kesehatan adalah hal mutlak yang wajib dipelihara. Tanpa tubuh yang sehat, tentu manusia tak dapat menjalankan aktifitas dengan lancar sesuai yang mereka harapkan. Bila waktu sakit telah datang maka barulah akan terasa betapa pentingnya kesehatan bagi tubuh manusia. Salah satu penyakit yang kerap menyerang yaitu penyakit vertigo. Penyakit ini ditandai dengan gejala pusing seperti kepala terasa berputar serta penglihatan terbalik. Dampak buruk yang akan dialami oleh penderita antara lain tidak mampu berdiri karena sakit kepala berat yang melemahkan.


Penyakit vertigo

Penyakit vertigo (Dokteranda)

Bahaya Penyakit Vertigo dan Pengobatannya

Pusing pada bagian kepala merupakan masalah yang umum terjadi, dan bahkan sering diabaikan. Untungnya, gejala pusing tersebut tidak membahayakan jiwa dan kerap bersifat reversible atau dapat diatasi sendiri. Meskipun demikian rasa pusing itu adalah tanda bahwa seseorang telah mengidap penyakit yang cukup serius dan salah satunya adalah vertigo. Penyakit vertigo adalah satu dari sekian kondisi yang sangat mengganggu karena rasa pusing hebat yang ditimbulkan.  Bahaya yang ditimbulkan antara lain infeksi otak, jantung, tumor endokrin dan masih banyak lag, tergantung dari tingkat gejala yang dialami.

Biasanya pertanyaan yang kerap timbul dalam benak masyarakat pengidap vertigo adalah tentang penyakit vertigo dan obatnya. Banyak upaya penyembuhan yang dapat dilakukan oleh si penderita di rumah ataupun dengan bantuan tenaga medis. Misalnya, fokus terhadap sebuah objek dengan jarak pandang cukup jauh, memperlajari seluk beluk posisi canalith, mengenal penyebab dan gejala vertigo, mengkonsumsi obat vertigo, suntik steroid atau gentamisin maupun jalur operasi.

Gejala Vertigo Yang Sering Ditemui

Berbagai virus penyakit vertigo dan gejalanya seharusnya diketahui sejak dini bila seseorang cermat dalam mengamati kondisi kesehatannya. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini berhubungan dengan gangguan keseimbangan atau vertibular. Penderita akan merasakan pusing saat mereka berdiri ataupun duduk. Akan tetapi bila penderita merubah posisi tidur pada bagian punggung kemudian ke sisi lain atau miring, maka akan timbul serangan vertigo.

Tak hanya itu, suatu gerakan kecil saja baik itu dari tubuh maupun kepala akan merangsang timbulnya vertigo seperti gerakan maju dan juga mundur. Pada umumnya, vertigo dengan taraf ringan hanya berlangsung selang beberapa detik. Bila sudah melampaui tahap normal dapat membuat penderita hingga hilang kesadaran.

Vertigo bisa muncul kapan saja. Oleh sebab itu, penderita harus melakukan upaya pencegahan. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan tertentu yang diketahui dapat memicu serangan vertigo. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Makanan berbahan daging, meskipun penderita penyakit vertigo masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan dari ikan tawar
  • Makanan gorengan
  • Makanan bersantan kental
  • Aneka jenis kue
  • Makanan dari jeroan
  • Telur
  • Es
  • Buah-buahan berkulit tebal, seperti nangka, pete, durian, atau jengkol

Keberadaan vertigo terkadang tidak disadari penderita. Oleh sebab itu, anda dianjurkan melakukan medical checkup secara lebih teratur.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

makanan untuk penderita vertigo; pantangan vertigo; bahaya penyakit vertigo; makanan yang boleh dimakan penderita vertigo; pantangan makanan bagi penderita vertigo; makanan utk penderita vertigo; makanan penyembuh vertigo; pantangan fertigo; makanan untuk sakit vertigo; buah yang dapat menyembuhkan penyakit vertigo;

Content Protection by DMCA.com