Tips Diet Sehat dan Cepat Dengan Beras Merah

Mungkin sudah sering kita dengar bahwa para ahli gizi merekomendasikan untuk mengganti konsumsi beras putih untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan beras merah yang merupakan karbohidrat kompleks. Beras merah juga lebih cocok sebagai bagian dari menu diet sehat dan cepat karena mengandung zat antosianin yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti antioksidan, antiglisemik, antikanker, dan antihipertensi.


Diet sehat dengan beras merah - Shutterstock

Diet sehat dengan beras merah – Shutterstock

Zat antosianin ini adalah lapisan merah yang terlihat pada permukaan butir beras. Anda juga disarankan mengonsumsi beras merah pada saat menjalani program diet karena kalori beras merah lebih rendah daripada beras putih.

Mengapa Memilih Diet Sehat dan Cepat dengan Beras Merah

Beras merah direkomendasikan sebagai bagian dari program diet karena mempunyai berbagai manfaat seperti dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena beras merah merupakan karbohidrat kompleks dan mempunyai kandungan serat yang tinggi. Selain beras merah, gandum atau oatmeal juga tergolong bahan pangan yang merupakan karbohidrat kompleks. Beras merah juga baik untuk pencernaan kita karena melancarkan metabolisme tubuh, meminimalkan resiko terserang kanker, dapat mengendalikan kadar gula darah juga kolesterol, dan dapat meringankan penyakit wasir.

Beras merah untuk diet sehat - Shutterstock

Beras merah untuk diet sehat – Shutterstock

Beras merah juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga memperbaiki kualitas program diet yang Anda jalankan. Ini dikarenakan beras merah mempunyai banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti zinc dan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Beras merah juga mempunyai kandungan zat yang berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel DNA. Tetapi Anda dianjurkan untuk mengonsumsi pula menu pendukung lain untuk meraih hasil diet yang lebih maksimal. Konsumsi beras merah dengan lebih teratur akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bertenaga karena kandungan vitamin B kompleksnya bertanggungjawab pada proses pengolahan energi.

Tips Diet Sehat dengan Beras Merah

Cara paling mudah sebagai tips diet sehat dan cepat menggunakan beras merah yang dapat Anda lakukan adalah mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah. Pada pagi hari awali program diet Anda dengan mengonsumsi segelas air hangat yang telah diberi perasan jeruk lemon yang berkhasiat untuk meluruhkan lendir sisa metabolisme tubuh, mengaktifkan enzim tubuh, detoksifikasi, sekaligus memberi tonik pada hati Anda. Setelah itu Anda dapat sarapan berupa buah potong dengan 2 atau 3 jenis buah yang mengandung banyak air. Pilihlah buah-buahan lokal yang sedang musim.

Contoh menu diet sehat dengan beras merah - Shutterstock

Contoh menu diet sehat dengan beras merah – Shutterstock

Saat makan siang Anda dapat mengonsumsi nasi merah dengan sayuran mentah sebagai lalapan, diolah menjadi sup, atau oseng. Sebaiknya menu sayuran lebih banyak daripada nasi. Anda juga boleh mengonsumsi lauk berupa tahu dan tempe dengan olahan sesuai selera. Di sore hari Anda bisa kembali mengonsumsi buah potong jika merasa lapar atau minum segelas susu kedelai. Untuk makan malam, Anda dapat menikmati nasi merah masih dengan sayur dan lauk yang merupakan protein nabati atau mengonsumsi daging atau ikan dengan sayuran tanpa menu karbohidrat. Nah, tak sulit bukan menerapkan tips diet sehat dan cepat ini?



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat beras merah; lauk pendamping nasi merah; lauk pendamping beras merah; lauk yang cocok untuk beras merah; manfaat nasi merah; nasi merah; lauk untuk beras merah; kegunaan beras merah; lauk yang cocok untuk nasi merah; manfaat mengkonsumsi beras merah;

Content Protection by DMCA.com