Tips Diet Sehat dan Alami untuk Remaja Putri

Aspek penampilan adalah salah satu yang paling diperhatikan seseorang ketika beranjak remaja. Seorang remaja pada umumnya lebih aware terhadap penampilannya dan berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, terutama bagi wanita. Hal ini dilakukan demi meningkatkan rasa percaya diri di lingkungan sosialnya. Beberapa remaja masa kini sudah cukup pintar mengatur pola makan dan menjalani program diet untuk menjaga penampilannya. Namun, cara diet bagi wanita dewasa dan remaja tidaklah sama. Berikut ini kami akan mengulas tips diet sehat untuk remaja putri.

Tips diet sehat untuk remaja putri - Shutterstock

Tips diet sehat untuk remaja putri – Shutterstock

Beberapa Tips Diet Sehat untuk Remaja

Menjalani program diet, teruatam bagi remaja, memang tidak bisa sembarangan. Karena cara diet yang salah justru berpotensi menimbulkan penyakit. Jangan sampai anda kekurangan nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan dalam proses pertumbuhan.

Berikut adalah beberapa tips diet sehat dan cepat untuk remaja:

Menghindari Minuman Berkalori

Minuman berkalori seperti jus, susu, atau yogurt dalam kemasan mengandung pemanis buatan yang berpotensi menyebabkan kelebihan berat badan. Hindari mengonsumsi minuman seperti ini demi kelancaran program diet anda.

Sumber protein untuk diet bagi remaja - Shutterstock

Sumber protein untuk diet bagi remaja – Shutterstock

Mengonsumsi Protein

Ketimbang karbohidrat, protein lebih penting untuk dikonsumsi terutama bagi remaja putri yang sedang dalam proses mendapatkan berat badan ideal. Protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menghindari anda dari godaan untuk ngemil yang merupakan penyebab berat badan berlebih. Sumber protein yang sehat untuk diet antara lain yogurt, dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, serta kacang-kacangan.

Menghindari Makan Malam

Langkah ini memang cukup sulit untuk dilakukan, namun sebenarnya cukup efektif untuk menurunkan berat badan karena proses metabolisme tubuh melambat di waktu malam. Usahakan jadwal makan malam anda di bawah pukul 19.00. Makan malam memang sebaiknya diberi jarak beberapa jam sebelum waktu tidur.

Perbanyak minum air mineral – Shutterstock

Perbanyak minum air mineral – Shutterstock

Mengonsumsi Air Mineral

Mengonsumsi air mineral dalam program diet memang terdengar klise. Akan tetapi, anda yang sedang menjalani program diet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 2 hingga 3 liter air mineral setiap hari demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini merupakan tips diet sehat alami karena air mineral terbukti efektif dalam mengeluarkan zat sisa atau racun serta meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme inilah yang berperan dalam membakar lemak serta menurunkan berat badan.

Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan rutin selama kurang lebih satu jam setiap hari dapat membantu anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan proporsional. Program diet memang kurang lengkap jika tidak dikombinasikan dengan olahraga. Beberapa pilihan olahraga yang efektif untuk membakar lemak antara lain jogging, sepeda, senam, dan berenang.

Olah raga sangat penting untuk remaja yang sedang diet - Shutterstock

Olah raga sangat penting untuk remaja yang sedang diet – Shutterstock

Demikian beberapa tips diet sehat dan alami terutama untuk remaja putri. Dalam masa pertumbuhan memang sah-sah saja untuk menjalani diet, namun anda tetap harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta jangan terlalu berlebihan dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

Tips atur pola makan remaja -Tips remaja putri -tips untuk remaja putri -

Content Protection by DMCA.com