Terganggu karena Gas Perut Berlebih? Ini Solusi Alaminya…

Gas berlebih di dalam perut erat kaitannya dengan proses pencernaan. Proses ini dimlai ketika makanan masuk ke esofagus dan kemudian ke dalam perut. Ya, perut secara alami memang mengandung asam hidroklorida. Asam inilah yang memecah makanan dan mengirimnya ke dalam usus. Gas perut terbentuk ketika makanan dipecah dan masuk ke dalam perut. Selalu ada gas yang dikeluarkan selama roses ini. Namun,  jika gas tersebut berlebih, maka hasilnya adalah sendawa, buang air, sakit perut, dan kembung.


Penyebab gas perut berlebih - brokoli (Shutterstock)

Penyebab gas perut berlebih – brokoli (Shutterstock)

Penyebab Timbulnya Gas Perut Berlebihan

Penyebab gas perut yang paling utama adalah tertelannya udara saat kita makan dan minum. Proses ini terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Tanpa sadar, kita menelan udara saat makan. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk makan dengan mulut tertutup. Jadi, alasannya bukan hanya karena kesopanan, bukan?

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Di antaranya adalah:

  • Makanan yang kaya minyak
  • Makanan yang mengandung banyak gula dan lemak tak larut.
  • Makanan lain, seperti kacang-kacangan, bunga kol, dan brokoli
  • Makanan basi. Makanan yang sudah rusak diketahui dapat melepaskan bakteri ke dalam sistem pencernaan, dan pada akhirnya mengganggu sistem cerna dan meningkatkan produksi asam di dalam perut. Maka akibatnya adalah terbentuknya gas perut berlebih.

Pengobatan Gas Perut Secara Alami

Biasanya, gas berlebih pada perut bisa diatasi dengan pengobatan secara alami di rumah, baik menggunakan bahan-bahan herbal maupun dengan perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan gas perut yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:

Menggunakan Cuka

Seperti dibahas di atas, perut kita mengandung asam hidroklorida yang berfungsi untuk membantu melarutkan dan mencerna makanan di dalam perut. Gas yang dihasilkan akan berlebih jika keseimbangan asam atau pH mengalami gangguan. Cuka diyakini dapat membantu memulihkan keseimbangan pH.

Gunakan cuka murni yang belum diolah. Tambahkan 2 sdm cuka ke dalam setengah gelas air putih, dan minum. Anda akan merasakan khasiatnya setelah 10-15 menit. Biasanya, anda akan mengalami sendawa setelah mengkonsumsi larutan cuka ini. Namun itu adalah hal biasa.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih. Bahan alami ini sangat baik untuk menghilangkan gas berlebih di dalam perut. Cara terbaik menggunakannya adalah mengkonsumsi bawang putih di pagi hari sebelum saapan. Ambil segelas air hangat dan masukkan satu sendok madu. Tambahkan 1 atau 2 siung bawang putih dan konsumsi bersama air hangat setiap pagi, dan anda akan merasakan khasiatnya.

Pengobatan gas perut berlebih - bawang putih dan madu (Fotolia)

Pengobatan gas perut berlebih – bawang putih dan madu (Fotolia)

Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt adalah bahan pro-biotik dan anti-jamur, jadi sangat baik untuk mengatasi infeksi perut yang disebabkan oleh jamur. Bakteri baik akan membantu sistem cerna. Jadi, jika bakteri baik hancur karena berbagai alasan, jamur akan berkembang cepat dan menimbulkan berbagai gangguan, seperti gas. Jadi, jika anda mengalami gas perut berlebih, sebaiknya konsumsi yogurt secara rutin untuk membantu mengatasinya.

Perubahan Pola Makan

Cara lain untuk mengatasi gas perut berlebih adalah dengan melakukan perubahan pola makan, seperti:

  • Menghindari makanan yang menjadi penyebabnya, seperti kol, kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli
  • Hindari makanan pedas dan berminyak, karena makanan seperti ini akan mengganggu sistem pencernaan.
  • Jangan menggunakan minyak goreng bekas untuk menggoreng
  • Kurangi konsumsi gula, karena gula berlebih dapat mempersulit sistem pencernaan
  • Hindari makanan basi dan selalu siapkan makanan segar di rumah.

Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan merokok karena dua kebiasaan buruk ini juga mengganggu sistem cerna. Dengan pola makan yang baik dan menggunakan obat herbal, maka masalah gas perut bisa anda atasi sendiri.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kapsul kulit manggis;

Content Protection by DMCA.com