Tentang Penyakit Sinusitis Yang Wajib Diketahui

Penyakit sinusitis adalah penyakit pada gangguan pernafasan yang diakibatkan oleh peradangan jaringan sinus paranasal, terletak di rongga hidung. Terdapat empat penyakit sinusitis pada hidung adalah sinus maksilaris letaknya di pipi, sinus etmoidalis letaknya di kedua mata, sinus frontalis letaknya di dahi dan sinus sfenoidalis letaknya di dahi. Sinus isinya berupa udara dan saat tersumbat cairan kotor terkontaminasi dengan kuman, baik virus, bakteri, dan jamur. Kuman akan berkembang biak dalam rongga hidung dan bisa infeksi.

Penyakit sinusitis (careyvinson)

Penyakit sinusitis (careyvinson)

Cara pencegahan sinusitis salah satunya dengan menggunakan masker saat bepergian supaya rongga hidung tidak terkena bakteri ataupun virus penyebab sinusitis. Dengan menjalani pola hidup sehat adalah kunci utama terbebas dari segala macam penyakit, termasuk sinusitis. Mulailah dari sekarang karena kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati atau sedia payung sebelum hujan.

Macam-macam Perbedaan Gejala Penyakit Sinusitis

Macam-macam sinusitis adalah sinusitis, subakut, kronis dan berulang. Gejala yang ditimbulkan tidak hampir mirip semua, perbedaannya hanya masa berlangsung sinusitis terjadi. Pada sinusitis akut, ditandai dengan pilek, nyeri pada wajah, dan hidng tersumbat yang hilang selama 10-14 hari. Sinusitis akut berlangsung sekitar 4 minggu. Gejala sinusitis subakut akan berlangsung 4-8 minggu. Sedangkan sinusitis kronis berlangsung 8 minggu dan sinusitis berulang gejalanya terjadi berulang setiap tahun. Secara umum, gejala yang dirasakan adalah bau nafas, sakit kepala, nyeri di beberapa bagian, seperti dahi, hidung, pipi, dan mata, hidung mengeluarkan air berwarna hijau, batuk, dan demam saat malam hari.

penyakit sinusitis kronis (alifsalwa)

penyakit sinusitis kronis (alifsalwa)

Apabila tidak segera ditangani, sinusitis dapat menjadi lebih parah dan bisa menyebabkan penyakit sinusitis kronis. Cara mengetahui apakah Anda terkena sinusitis atau tidak dengan mengenali beberapa gejala umum sinusitis di atas yaitu sinusitis kronis berlangsung selama delapan minggu.

Pengobatan Penyakit Sinusitis Berdasarkan Penyebabnya

Informasi tentang penyakit sinusitis dan pengobatannya memang penting karena biasanya sinusitas menyerang anak-anak serta orang dewasa. Pengobatan sinusitis disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dan penyebab sinusitis. Misalnya sinusitis disebabkan oleh virus, pengobatannya berbeda dengan sinusitis disebabkan oleh bakteri.

Cara pengobatan sinusitis berdasarkan penyebabnya adalah:

  • Sinusitis karena virus

Jika disebabkan oleh virus maka tidak perlu antibiotik, biasanya dokter memberikan obat untuk meredakan nyeri, seperti parasetamol dan dekongestan.

  • Sinusitis karena bakteri

Apabila sinusitis disebabkan bakteri harus diberi antibiotik. Pemberian antibiotik harus sesuai dengan penyebab bakteri sinus.

mengobati penyakit sinusitis dengan kompres air hangat

mengobati penyakit sinusitis dengan kompres air hangat

Pengobatan sinusitis dapat dilakukan di rumah, misalnya jangan keluar rumah dan usahakan jangan terlalu banyak membungkuk karena bisa menambah rasa sakit. Apabila wajah mulai terasa nyeri, kompres menggunakan air hangat. Dipercaya banyak orang bahwa air hangat dapat meredakan rasa nyeri. Bisa juga memilih cara tradisional untuk mengobati penyakit sinusitis dengan gurah.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

macam sinusitis -jenis jenis penyakit sinusitis -sinusitis macam2 -sinusitis itu penyakit sejenis apa -sinusitis berulang -penyakit sinuisitis -Macam2 sinus -macam-macam sinusitis -macam macam sinus pada manusia -macam macam sinus dan letaknya -macam macam jenis sinus -jenis sinussitis -wajib diketahui gejala penyakit -

Content Protection by DMCA.com