Tanda – Tanda Kanker Serviks: Munculnya Keputihan Dan Perdarahan Abnormal

Kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang wanita dan menjadi penyakit paling mematikan bagi wanita. Penyakit ini menyerang leher rahim yang merupakan jalan masuk ke dalam rahim. Penyakit ini tidak memberikan gejala awal hingga sang pasien memasuki stadium lanjut atau stadium IIIB ke atas. Walaupun demikian, bagi Anda para wanita. mengetahui tanda-tanda kanker serviks menjadi sebuah kewajiban. Ini semata-mata untuk pengetahuan awal, sehingga dapat melakukan deteksi dini dan pencegahan.

tanda – tanda kanker serviks (gejalapenyakit.blogspot)

tanda – tanda kanker serviks (gejalapenyakit.blogspot)

Mengenali tanda-tanda kanker serviks pada stadium awal

Kanker leher rahim ini sulit untuk diketahui di awal-awal kemunculannya. Penyakit ini seperti tidak terdeteksi dan bagi kebanyakan wanita sering terlupa dan terlena dengan penyakit ini. Tanpa menyadarinya, penyakit ini sudah menghinggapi seseorang. Adapun beberapa tanda-tanda kanker serviks stadium awal, yaitu :

  • Adanya perdarahan yang tidak normal. Yang dimaksud dengan perdarahan tidak normal disini adalah keluarnya darah dari Miss V tanpa sebab, misalnya perdarahan yang terjadi di luar jadwal menstruasi Anda, perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual, adanya bercak-bercak darah di antara periode menstruasi.
  • Terasa nyeri di bagian panggul yang tidak ada hubungannya dengan menstruasi. Rasa nyeri ini bisa terjadi selama berjam-jam dan dengan rasa sakit berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.
  • Adanya keputihan yang berlebihan.
  • Adanya peningkatan frekuensi kencing. Jika Anda tidak sedang hamil, namun sering buang air kecil, mungkin ini bisa diwaspadai sebagai gejalan kanker leher rahim.
  • Kesulitan dalam buang air kecil seperti rasa nyeri atau susah saat hendak mengeluarkan air kencing.
  • Adanya rasa nyeri selama hubungan seksual.
  • Adanya gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah bunag air besar.
  • Kehilangan nafsu makan yang drastis.
  • Tubuh sering terasa cepat lelah bahkan ketika sedang beristrahat.

Keputihan abnormal tanda-tanda kanker serviks pada wanita

Keputihan menjadi salah satu tanda-tanda kanker serviks pada wanita di tahap-tahap awal. Keputihan sebenarnya merupakan hal yang biasa di derita oleh para perempuan jika tidak berbau dan berwarna bening. Namun bagi penderita kanker leher rahim, keputihan yang diderita  dalam jumlah yang banyak dan berwarna kekuningan, atau keabu-abuan, serta berbau busuk, anyir, amis dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa di area sekitar Miss V. Pada keadaan yang lebih parah, keputihan sering disertai dengan adanya bercak darah.

Jika keputihan seperti itu dan gejala lain, Anda rasakan. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis. Deteksi secara dini tanda-tanda kanker serviks. Hal ini akan membantu Anda untuk mengambil tindakan penyembuhan sebelum penyakit ini memasuki stadium lanjut dan berujung pada kematian. Mewaspadai dan menjaga kebersihan alat vital merupakan tindakan yang sangat diperlukan, lebih baik mencengah daripada mengobati….

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

keluar darah seperti kencing -keputihan yang ada bercak darah -menstruasi -tanda2keputihan -