Struktur Jantung dan Gunanya Bagi Manusia

Untuk menjaga kesehatan jantung kita, tak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tentang organ paling vital, termasuk struktur jantung, bagi tubuh kita ini. Secara awam jantung berfungsi sebagai organ pemompa darah yang menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh kita. Darah akan membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh seluruh organ tubuh agar dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

struktur jantung dan fungsinya - Pixshark

struktur jantung dan fungsinya – Pixshark

Bila fungsi jantung terganggu, secara otomatis organ tubuh yang lain juga akan turut terganggu karena tak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan secara maksimal. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung semenjak dini mengingat penyakit serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian yang sering terjadi pada penduduk di seluruh dunia.

Istilah-istilah penting dalam struktur jantung

Bagian-bagian penting dalam struktur jantung dan fungsinya antara lain:

  • Ventrikel kiri dan ventrikel kanan yang terdapat pada permukaan inferior atau diafrahgma.
  • Lalu ada pula atrium kiri dan atrium kanan
  • Pericardium adalah nama selaput yang membungkus jantung dan terbagi menjadi dua bagian yaitu lapisan luar yang disebut pericardium fibrosa, dan lapisan dalam yang dinamakan pericardium serosa. Rongga pericardium yang terletak di antara kedua lapisan tersebut berisi cairan pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan karena gerakan pada jantung.

Secara awam dapat dijelaskan bahwa struktur jantung manusia terdiri dari 4 buah kamar berongga. Bentuk jantung menyerupai kerucut yang tumpul dan besarnya kira-kira satu kepalan tangan pemiliknya. Jantung manusia terletak pada bagian tengah di antara dua paru-paru kita, atau di sebelah kiri bagian dada dan terlindung oleh tulang rusuk. Pada bagian luar jantung otot-otot saling berkontraksi dan bekerja memompa darah melalui pembuluh arteri.

Struktur Jantung pada Manusia

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jantung mempunyai 4 rongga atau ruang, dengan dua ruang dinamakan atrium, sementara dua lainnya adalah ventrikel.

  • Atrium berfungsi untuk memompa darah yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Atrium kanan berfungsi sebagai penampung darah dari seluruh tubuh yang kadar oksigennya sedikit untuk kemudian disalurkan ke ventrikel kanan dan berikutnya menuju paru-paru. Sementara itu atrium kiri berfungsi untuk menerima darah yang kadar oksigennya tinggi dari kedua paru-paru.
  • Katup jantung terdiri dari katup atrioventrikuler, katup semilunar, katup tricuspid, dan katup pulmonal. Katup-katup jantung ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah agar semua mengalir sesuai dengan jalurnya masing-masing.

Dari uraian di atas tentang struktur jantung, dapat kita bayangkan betapa beratnya kerja organ vital berukuran mungil ini. Oleh karena itu sebaiknya kita menjaga agar kinerjanya tetap maksimal dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko jantung koroner akibat tersumbatnya pembuluh darah oleh plak.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

struktur jantung -