Stress dan Kaitannya dengan Penyakit Diabetes Mellitus

Managemen penyakit diabetes mellitus adalah suatu proses yang berlangsung seumur hidup. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa penyakit ini dapat memicu terjadinya stress dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pasien namun juga keluarga. Banyak studi telah dilakukan tentang stress pada penderita diabetes mellitus, bagaimana stress dapat meningkatkatkan kadar glukosa dalam darah penderita.


Penyakit diabetes mellitus dan stress (Fotolia)

Penyakit diabetes mellitus dan stress (Fotolia)

Pengaruh Stress pada Penyakit Diabetes Mellitus

Dalam sebuah artikel di situs Healthline, disebutkan bahwa hormon stress di dalam tubuh penderita dapat mempengaruhi kadar glukosa darah secara langsung. Logikanya, ketika anda mengalami tekanan atau merasa terancam, maka tubuh anda akan bereaksi. Proses ini disebut fight-or-flight response. Reaksi tubuh ini akan memicu kenaikan kadar hormon.

Selama proses terjadinya respon ini, tubuh akan melepaskan kortisol dan adrenaline ke dalam aliran darah, sehingga pernafasan anda akan semakin cepat. Pada penderita diabetes tubuh mungkin tidak akan mampu mengolah glukosa yang dilepaskan oleh sel-sel saraf saat terjadinya fight-or-flight response. Jika glukosa ini gagal dikonversi menjadi energi, maka akan terjadi penumpukan di dalam aliran darah. Akibatnya mudah ditebak – kadar glukosa dalam darah akan meningkat.

Dengan kata lain, jika seorang penderita diabetes mengalami stress berkepanjangan, maka kadar gula dalam darah akan semakin meningkat dan hal ini akan semakin memperburuk keadaan penderita, baik secara mental maupun fisik. Akibatnya, penanganan penyakit akan semakin sulit.

Jenis Stress pada Penderita Diabetes Mellitus dan Ciri-Cirinya

Stress pada penderita diabetes mellitus bisa bervariasi, dan dampaknya juga akan berbeda-beda pada setiap penderita. Studi menunjukkan bahwa efek stress pada penderita diabetes type 1 dan type 2 juga bisa bervariasi. Sebagai contoh, ketika penderita diabetes type 2 mengalami tekanan mental, mereka umumnya akan mengalami kenaikan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, respon seorang penderita diabetes type 1 bisa bervariasi, bisa berupa kenaikan atau bahkan penurunan gula darah.

Test gula darah untuk mengetahui kenaikan glukosa dalam darah (Fotolia)

Test gula darah untuk mengetahui kenaikan glukosa dalam darah (Fotolia)

Selain itu, ketika penderita penderita mengalami tekanan fisik, baik karena penyakit atau terluka, kadar gula dalam darah juga bisa meningkat. Lalu, bagaimana anda mengetahui kaitan diabetes mellitus dan stress pada diri anda? Untuk mengetahui kenaikan gula dalam darah, anda tentu harus menjalani test gula darah. Sementara itu, anda juga harus meneliti secara seksama gejala stress yang anda alami. Pasalnya, terkadang gejalanya tidak begitu dirasakan.

Berikut adalah beberapa gejala stress yang perlu anda waspadai:

  • Nyeri sendi atau otot kaku
  • Sakit kepala
  • Terlalu banyak tidur (atau tidak bisa tidur)
  • Rasa tidak enak badan, atau lesu
  • Kehilangan motivasi
  • Mudah marah
  • Merasa depresi
  • Gelisah
  • Menjauhkan diri dari teman atau keluarga
  • Makan berlebihan atau tidak mau makan
  • Merokok berlebihan (bagi perokok)

Kesimpulan

  • Banyak penelitian menunjukkan hubungan yang erat antara penyakit diabetes mellitus dan stress, karena tekanan yang dialami penderita baik secara mental maupun fisik dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah.
  • Saat mengalami tekanan mental, penderita diabetes mellitus type 2 umumnya mengalami peningkatan kadar glukosa di dalam darah
  • Saat mengalami tekanan secara fisik (baik karena sakit atau luka), penderita diabetes mellitus type 2 juga akan mengalami kenaikan gula darah

Lalu, apa yang harus dilakukan penderita penyakit diabetes mellitus untuk mengatasi stress secara fisik maupun mental? Pada dasarnya manajemen stress tidak hanya melibatkan pasien, namun juga keluarga dan lingkungan sekitarnya. Simak terus artikel berikutnya untuk mengetahui cara mengatasi stress pada penderita diabetes mellitus.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

tanaman obat untuk sesak nafas; kenapa stres dapat menyebabkan diabetes; hubungan stress dengan diabetes mellitus; hubungan sinus dengan diabetes ?; cara menilai manajemen stress penderita diabetes; bagaimana terjadi stres pada penderita dm; pengaruh stres dengan diabetes; pengaruh stres pada kadar gula darah; penyebab diabetes mellitus akibat trombosit tinggi; proses stress menjadi dm;

Content Protection by DMCA.com