Sembelit Pada Bayi dan Anak – Bagian 4: Tips Bagi Orang Tua

Pada tiga artikel sebelumnya, telah dibahas gejala dan penyebab sembelit pada bayi, cara mengatasinya dengan bahan-bahan herbal seperti gula merah, minyak jarak, teh herbal seperti peppermint tea dan teh jahe. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai orang tua. Pasalnya, sistem cerna bayi masih belum sempurna, sehingga lebih sensitif terhadap hal-hal yang dianggap ‘asing’ oleh organ tubuhnya. Penanganan masalah sembelit harus disesuaikan dengan usia bayi.


Obat sembelit pada bayi dan anak (Shutterstock)

Obat sembelit pada bayi dan anak (Shutterstock)

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Anak

Berikut adalah beberapa tips mengatasi sembelit pada anak dan bayi yang perlu anda perhatikan, termasuk pengaturan pola makan bagi buah hati anda, serta hal-hal yang boleh dan tidak boleh anda lakukan.

Pengaturan Pola Makan

Resiko sembelit dapat dikurangi secara signifikan jika anda memberikan makanan yang sesuai untuk buah hati anda. Cairan, seperti sup sayuran dan jus buah, sereal, dan makanan yang kaya serat (seperti bayam, kacang-kacangan, tomat, ubi jalar, dan sebagainya) dapat meringankan gejala-gejala yang berkaitan dengan konstipasi. Meski demikian, pola makan tersebut harus diatur sesuai usia anak:

Contoh sayuran yang dianjurkan saya bayi sembelit (Fotolia)

Contoh sayuran yang dianjurkan saya bayi sembelit (Fotolia)

  • Bayi kuang dari 2 bulan: karena bayi anda masih terlalu kecil, jangan memberikan makanan luar. Daripada mengatasi masalah sembelit tersebut sendirian, lebih baik anda menghubungi dokter anak.
  • Bayi 2 bulan atau lebih: berikan air putih secara teratur; tambahkan pada makanannya. Anda juga bisa memberikan cairan jus apel atau jus anggur
  • Bayi 4 bulan atau lebih: Bayi pada usia ini sudah bisa diberikan makanan padat. Jadi, anda bisa menambahkan makanan kaya serat seperti peach, kacang-kacangan, dan bayam pada makanan anak.
  • Bayi 5-10 bulan: berikan makanan encer, tanpa bongkahan, pada bayi anda. Prioritaskan buah dan sayur untuk meringankan sembelitnya.
  • Bayi 1 tahun atau lebih: berikan makanan bernutrisi. Anda sudah bisa memberikan makanan dengan bongkahan kecil pada bayi usia ini.

Selain itu, pastikan anda tidak memberikan gula tambahan (termasuk sirup jagung) dan jus encer secara bersamaan.

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan

  • Pastikan bayi anda mendapat asupan cairan yang cukup. Berikan cairan pada interval yang teratur
  • Atur waktu BAB anak secara teratur. Pastikan anak pada posisi yang tepat saat BAB
  • Sebelum memberikan jus buah, encerkan denan air; jika tidak, jus yang terlalu kental dapat memicu diarea, gas perut, atau kembung
  • Jika anda menyusui, jauhkan produk olahan susu dari menu anda
  • Lakukan aktivitas fisik, seperti melompat, berlari, dan berjalan pada kegiatan harian anak. Olah fisik dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaannya.
Contoh makanan yang harus dihindari saat bayi sembelit (Shutterstock)

Contoh makanan yang harus dihindari saat bayi sembelit (Shutterstock)

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

Tips mengatasi sembelit pada anak dan bayi berikutnya bagi anda orang tua adalah menghindari beberapa hal berikut:

  • Jangan memberikan susu sapi pada bayi anda, karena sulit dicerna oleh sebagian anak. Lebih baik anda memberikan susu soya yang lebih bergizi dan mudah dicerna
  • Jangan beralih ke formula yang rendah zat besi, karena tidak akan mempengaruhi sembelit pada bayi anda. Sebaliknya, susu rendah zat besi justru akan mengganggu tumbuh kembang anak
  • Hindari sereal beras, wortel, pisaang, susu putih, produk susu (kecuali yogurt), pasta, maupun kentang. Selain itu, jaga agar anak tidak mengkonsumsi makanan olahan.
  • Jangan memberikan obat anti-sembelit pada bayi, kecuali sesuai anjuran dokter

Jika anda telah melakukan hal-hal tersebut di atas namun sembelit pada bayi maupun anak anda masih berlanjut, atau jika anda menemukan noda darah pada kotorannya, sebaiknya segera hubungi dokter. Bisa jadi, hal itu menunjukkan adanya masalah yang serius pada pencernaan buah hati anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apa obat tradisional nya sakit pinggang; obat alami untuk ambeien; obat turun panas balita; resep alami obat maag;

Content Protection by DMCA.com