Sembelit Pada Bayi dan Anak – Bagian 3: Teh Herbal

Mengatasi masalah sembelit pada bayi dan anak-anak memang lebih rumit dibanding sembelit pada orang dewasa. Pasalnya, sistem cerna anak masih berkembang dan lebih sensitif terhadap bahan-bahan asing yang tidak biasa dikonsumsi anak. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus lebih seksama memilih obat-obatan (baik herbal maupun medis) yang akan diberikan pada anak. Reaksi yang ditimbulkan bisa bervariasi. Obat herbal dengan khasiat laksatif yang kuat bisa mengganggu sistem cerna anak dan bahkan, ada obat herbal yang justru bisa menimbulkan ketergantungan.


Obat herbal sembelit pada bayi dan anak (Shutterstock)

Obat herbal sembelit pada bayi dan anak (Shutterstock)

Teh Herbal Sebagai Obat Sembelit pada Bayi dan Anak

Teh herbal merupakan salah satu obat herbal sembelit pada anak maupun orang dewasa. Bahan-bahan yang digunakan bervariasi, mulai dari daun peppermint, adas, chamomile, hingga jahe. Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Teh peppermint; Teh herbal ini dapat membantu mengatasi dan mencegah konstipasi, karena dinilai baik untuk kesehatan sistem cerna. Peppermint memberikan efek dingin bagi perut, serta memperlancar BAB. Caranya: hangatkan (jangan direbus!) teh kantong peppermint di dalam air selama 5 menit. Tuangkan kira-kira setengah gelas ke dalam dot bayi, dan berikan secara teratur.
  • Teh chamomile; daun chamomile juga diyakini dapat mendinginkan dan melenturkan otot-otot pencernaan. Caranya: seduh teh kantong chamomile dalam setengah gelas air hangat. Berikan pada anak anda.
  • Teh jahe; perut jahe segar dan tambahkan air mendidih. Tutup hingga menguap selama 5-6 menit. Saring dan dinginkan. Berikan pada anak anda.
  • Teh adas manis; campurkan daun adas manis dan peppermint segar. Rebus bersama 2 gelas air. Saring dan tutup gelas hingga cairan di dalamnya dingin. Masukkan ke dalam botol susu anak, dan berikan pada anak.
Manfaat teh jahe untuk mengatasi sembelit pada anak (Fotolia)

Manfaat teh jahe untuk mengatasi sembelit pada anak (Fotolia)

Selain empat pilihan teh herbal untuk sembelit pada anak di atas, teh hijau, teh dandelion, dan teh hitam juga kerap digunakan untuk mengatasi konstipasi. Namun, perlu diingat bahwa ketiga jenis bahan ini mengandung sifat laksatif. Jadi, penggunaannya tidak dianjurkan pada dosis besar dan jangka panjang.

Kontroversi dan Resiko Teh Herbal untuk Sembelit Pada Anak

Pada kasus tertentu, teh herbal memang cukup membantu mengatasi masalah BAB pada anak-anak maupun bayi. Namun sekali lagi, pastikan anda memilih bahan yang akan digunakan secara seksama. Anda juga harus mengetahui khasiat, kandungan, dan kemungkinan efek sampingnya pada sistem cerna anak. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait penggunaan teh herbal sebagai  obat herbal sembelit pada anak:

  • Jangan memberikan teh herbal jenis apapun pada anak anak yang masih mendapatkan ASI eksklusif
  • Teh herbal untuk mengatasi sembelit hanya dianjurkan untuk penggunaan jangka pendek. Penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan resiko, seperti ketergantungan. Akibatnya, anak justru akan kesulitan BAB tanpa teh herbal tersebut.
  • Hindari teh herbal dari bahan yang mengandung laksatif untuk buah hati anda.
  • Pada saat penggunaan teh herbal untuk pertama kali, berikan dosis kecil terlebih dahulu. Naikkan dosis setelah anak terbiasa dan tidak menunjukkan reaksi negatif, seperti alergi.
  • Konsultasikan dengan dokter jika konstipasi anak tidak membaik setelah penggunaan teh herbal.
Khasiat teh herbal adas manis untuk mengatasi sembelit (Fotolia)

Khasiat teh herbal adas manis untuk mengatasi sembelit (Fotolia)

Selain memberikan teh herbal sebagai obat sembelit pada bayi dan anak, anda juga bisa membantu anda melakukan olah raga ringan dengan posisi seperti bersepeda. Caranya, baringkan anak dan pegang kedua kakinya  dengan posisi setengah tertekuk. Ajari anak melakukan gerakan mirip orang mengayuh sepeda. Olah raga ringan ini dapat membantu mengatasi gas perut dan konstipasi pada anak. Solusi lain untuk sembelit pada bayi dan anak adalah mengatur makanan anak. Temukan caranya pada artikel selanjutnya ya………..



Permasalahan yang ada dalam artikel :

tubuh atletis; cara tradisional penurun kolesterol; efek smpg minum obat kulit manggis; jahe untuk obat sembelit pada bayi; manfaat jahe laksatif; obat tradisional sembelit pada bayi;

Content Protection by DMCA.com