Sembelit Pada Bayi dan Anak – Bagian 2: Obat Alami

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa sembelit pada bayi dan anak bisa terjadi karena beberapa hal, seperti perubahan makanan, stress, dehidrasi, dan asupan nutrisi dan serat yang tidak mencukupi. Nah, pada bagian ini, akan dibahas beberapa pilihan obat alami yang bisa digunakan orang tua untuk mengatasi sembelit dan membantu BAB anak agar kembali lancar. Ada beberapa pilihan yang tersedia. Berikut penjelasannya.


Obat sembelit pada bayi dan anak secara alami (Shutterstock)

Obat sembelit pada bayi dan anak secara alami (Shutterstock)

Pilihan Obat Sembelit Pada Bayi dan Anak

Sembelit sangat mengganggu kenyamanan anak, dan jika dibiarkan berlarut-larut, dapat memicu penyakit pada sistem cerna anak. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa pilihan obat alami sembelit pada bayi dan anak:

Tingkatkan Asupan Cairan

Seperti dibahas sebelumnya, asupan cairan sangat membantu kelancaran BAB pada bayi dan anak. Jika bayi anda masih mendapatkan ASI eksklusif, maka tingkatkan frekuensi pemberian ASI untuk mengatasi konstipasi. Namun, jika anak sudah mendapat makanan pendamping, maka berikan lebih banyak air, kira-kira ¼ hingga ½ gelas lebih banyak setiap kali anak selesai makan. Cairan dapat melunakkan feses, sehingga proses pembuanganya lebih mudah.

Selain memberikan air putih, anda juga bisa memberikan jus buah, seperti buah prune, yang diketahui memiliki efek laksatif alami. Jus apel dan pir juga bisa membantu mengatasi sembelit ringan. Biasanya, anak lebih menyukai jus karena rasanya lebih enak dan manis. Namun, sebaiknya berikan sedikit demi sedikit dan tambah jumlahnya secara perlahan.

Jus buah apel dapat membantu mengatasi sembelit pada anak (Fotolia)

Jus buah apel dapat membantu mengatasi sembelit pada anak (Fotolia)

Cairan Gula Merah

Gula merah juga merupakan salah satu obat sembelit pada bayi dan anak. Caranya: siapkan setengah gelas air matang yang sudah didinginkan. Tambahkan setengah sendok teh gula merah. Aduk hingga larut. Berikan pada bayi anak tiga kali sehari sebelum memberikan susu formula pada anak. Berikan secara teratur hingga feses anak kembaali lunak seperti biasa.

Minyak Jarak

Jarak adalah salah satu obat alami yang paling banyak digunakan pada anak dan bayi. Minyak jarak mengandung efek pencahar dan sangat efektif untuk mengurai gas lambung dan konstipasi. Ada beberapa cara menggunakannya:

  • Hangatkan minyak jarak dan oleskan secara tipis dan lembut pada perut bayi anda. Gosok perlahan searah jarum jam dan kemudian tutup perut anak.
  • Jika bayi anda berusia kurang dari 2 tahun, ambil satu lembar daun sirih dan celupkan tangkainya pada minyak jarak. Oleskan ke anus bayi anda
  • Jika anak berusia lebih dari 2 tahun, campurkan 1 sdt minyak jarak dengan 1 gelas susu. Berikan pada anak untuk diminum. Tambahkan dosisnya sesuai usia anak.

Mandi Hangat dengan Baking Soda

Air hangat dapat membantu melenturkan otot-otot di seluruh tubuh anak. Demikian juga pada bayi yang sedang mengalami konstipasi. Mandi air hangat bercampur baking soda dapat melenturkan kembali otot anus yang kaku akibat konstipasi. Caranya: campurkan 2-3 sendok teh baking soda pada air mandi anak anda. Lakukan secara teratur hingga BAB anak lancar kembali.

Manfaat minyak jarak untuk mengatasi sembelit pada bayi (Fotolia)

Manfaat minyak jarak untuk mengatasi sembelit pada bayi (Fotolia)

Biji Adas

Biji adas merupakan obat alami sembelit pada bayi dan anak. Adas membantu melunakkan gerak otot di dalam sistem pencernaan, sehingga sistem cerna anak akan lebih sehat dan BAB lancar. Adas juga membantu mencegah gas perut berlebih. Caranya:

  • Campurkan 1 sdt biji adas yang telah ditumbuk halus dengan 2 cangkir air
  • Rebus hingga mendidih selama 10 hingga 15 menit
  • Saring dan dinginkan
  • Berikan ½ hingga 1 sdt larutan kepada anak, beberapa kali dalam sehari, hingga BAB anak kembali lancar.

Nah, selain beberapa pilihan obat sembelit pada bayi dan anak di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa anda tempuh. Jangan ketinggalan informasinya ya…………..



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bisa kah baking soda mengatasi sembelit pd balita?; cara menyembuhkan wasir dg bawang putih; Obat / jamu sakit pinggang tradisional; obat alami asam lambung/maag; pencahar anak; pencahar anak 2 tahun; pengobatan penyakit jantung secara tradisional; ramuan tradisional sakit maag;

Content Protection by DMCA.com