Rekomendasi Makanan Penurun Berat Badan dari Kacang

Sebagaimana yang telah banyak diketahui bahwa kacang-kacangan adalah salah satu sumber nutrisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Tetapi selain itu tahukah Anda bahwa kacang-kacangan juga dapat dijadikan sebagai menu makanan penurun berat badan yang sangat baik ditambahkan dalam menu diet Anda? Selain cita rasanya lezat dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, kue, dan minuman, kacang-kacangan juga memiliki kandungan gizi yang sangat kaya sehingga dinobatkan sebagai makanan sehat.

Makanan penurun berat badan - Shutterstock

Makanan penurun berat badan – Shutterstock

Manfaat Kacang-Kacangan Sebagai Makanan Penurun Berat Badan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak nabati, zat besi, protein yang tinggi, kalsium, kolin, lesitin, dan fosfor. Selain itu dalam kacang-kacangan secara umum juga terkandung beragam vitamin yang komplit seperti vitamin A, B kompleks, K, dan lain sebagainya. Berdasarkan riset bahkan telah dibuktikan bahwa kandungan protein dalam kacang-kacangan terutama kacang tanah lebih tinggi daripada telur dan daging. Dengan demikian Anda bisa mengganti kebutuhan protein bagi tubuh dikala diet dengan kacang-kacangan yang lebih rendah kalori.

Kandungan fiber atau serat pada kacang-kacangan juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Tak cukup hanya merupakan makanan penurun berat badan, kacang-kacangan juga ternyata memiliki khasiat obat dan mampu mencegah beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat kacang-kacangan untuk diet – Shutterstock

Manfaat kacang-kacangan untuk diet – Shutterstock

Anda disarankan untuk mengonsumsi satu ons kacang tanah 5 kali seminggu untuk meminimalkan resiko penyakit jantung koroner. Kacang-kacangan berkhasiat meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah. Konsumsi kacang tanah segenggam setiap hari dikatakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita kencing manis.

Pilihan Kacang Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Kacang tanah

Saat sedang menurunkan berat badan, kebutuhan tubuh akan protein hewani yang biasa kita peroleh dari daging merah atau unggas, bisa digantikan dengan kacang tanah. Anda bisa mengganti daging dengan kacang tanah pada hidangan lasagna atau pun salad. Tetapi ingat untuk tak mengolahnya dengan cara digoreng dengan minyak kelapa. Kacang tanah akan memberikan manfaat optimalnya dengan pengolahan dengan cara direbus atau dikukus.

Kacang merah

Kacang merah sangat cocok sebagai pengganti zat tepung atau karbohidrat yang pada umumnya kita peroleh dari nasi putih atau roti. Saat sedang dalam program menurunkan berat badan sebaiknya ganti konsumsi karbohidrat biasa dengan karbohidrat komplek seperti gandum utuh, nasi merah, atau nasi coklat. Sebagai variasi Anda juga bisa mengonsumsi kacang merah yang kaya karbohidrat dan dapat diolah menjadi sup kacang merah yang lezat.

Kacang tanah untuk makanan diet – Shutterstock

Kacang tanah untuk makanan diet – Shutterstock

Kacang kedelai

Jenis kacang-kacangan yang ideal untuk mengganti susu sapi adalah kacang kedelai karena teksturnya yang ideal bila diolah menjadi susu atau krim. Mengonsumsi susu kedelai akan memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. Selain itu, kacang kedelai juga kaya akan kalsium, isoflavon, vitamin E.

Demikianlah ulasan tentang makanan penurun berat badan yang berasal dari kacang-kacangan. Walaupun sedang tak menjalankan program diet melihat berbagia manfaatnya, alangkah baiknya bila Anda juga menambahkan jenis makanan sehat ini dalam menu harian.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

kacang -kacang badang -kacang penu -kacang turunkan berat badan -makan kacang tanah menurunkan bb -berat kacang kedelai -manfaat kacang tanah telur dan gula merah untuk pembentukan otot -obat penurunan berat badan kacang maladewa -rekomendasi penyajian kacang kedelai -kacang gambar -kacang bisa menurunkan berat badan -kacang bisa menurunkan badan -kacang berat badan -kacang bandan -kacang apa yang bisa menurunkan berat badan yang berkhasiat -gambar atau foto kacang -berat kacang tanah -sup kacang tanah -

Content Protection by DMCA.com