Pola Makan Diet Sehat untuk Penderita Diabetes

Selain kanker dan serangan jantung, diabetes atau kencing manis juga merupakan salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa manusia baik di tanah air maupun di dunia. Tetapi Anda tak perlu khawatir bila ternyata vonis tersebut jatuh pada Anda karena dengan pola makan diet sehat Anda tetap dapat menjalani aktifitas harian dengan baik seperti orang sehat pada umumnya.


Pola makan diet sehat – Shutterstock

Pola makan diet sehat – Shutterstock

Yang paling penting pada pola makan penderita diabetes adalah kontrol ketat untuk mengendalikan kadar gula darah serta mencegah terjadinya komplikasi pada organ vital lain sebagai akibat jangka panjang dari penyakit ini. Tetap berpikir positif dan menerapkan pola hidup sehat termasuk olahraga secara teratur dan berkesinambungan akan memungkinkan Anda untuk hidup dengan normal. Banyak penderita diabetes bahkan yang mampu lepas dari obat-obatan atau suntikan insulin dan menjalani hidup dengan baik.

Pola Makan Diet Sehat Penderita Diabetes: Aturan Konsumsi Karbohidrat

Walaupun karbohidrat adalah zat yang berdampak terhadap kadar gula dalam darah, penderita diabetes bukan berarti harus berpantang karbohidrat sama sekali. Jenis karbohidrat yang dianjurkan bagi penderita adalah karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari nasi merah atau gandum murni. Kedua jenis makanan ini membantu menjaga kadar gula dalam darah, membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan mampu memberikan lebih banyak energi karena dibutuhkan waktu lebih lama bagi pencernakan untuk menguraikannya.

Nasi merah, sumber karbohidrat komplek bagi penderita diabetes – Shutterstock

Nasi merah, sumber karbohidrat komplek bagi penderita diabetes – Shutterstock

Sebaiknya batasi atau hindari sama sekali konsumsi karbohidrat berupa nasi putih, tepung, gluten, roti tawar, dan kue-kue manis. Sebaliknya tambahkan porsi sayuran dan buah-buahan dalam menu makan harian Anda sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi secara langsung setelah dicuci dan dikupas, tetapi bila Anda lebih suka mengolahnya menjadi jus juga boleh asalkan jangan tambahkan gula pada minuman jus Anda.

Pola Makan Diet Sehat Penderita Diabetes: Aturan Konsumsi Makanan Manis

Dengan pola makan diet sehat penderita diabetes, bukan berarti Anda harus menghindari makanan manis sama sekali. Anda masih diperbolehkan menyantap hidangan pencuci mulut setelah makan asalkan tak berlebihan. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan manis adalah pada jam-jam makan dan mengonsumsinya sebagai cemilan di luar waktu makan. Selain itu, jika ingin mengonsumsi hidangan yang manis sebaiknya kurangi porsi hidangan utama. Hal ini untuk mencegah terlalu banyak karbohidrat yang Anda santap.

Contoh makanan manis tapi sehat bagi penderita diabetes - Shutterstock

Contoh makanan manis tapi sehat bagi penderita diabetes – Shutterstock

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah, hendaknya pola makan Anda selain bertujuan untuk mengontrol glukosa, juga berat badan Anda. Menurut para ahli penurunan berat badan sebanyak 5 hingga 10% akan berpengaruh besar terhadap penurunan berat badan. Untuk mendapatkan saran tentang kebutuhan nutrisi harian Anda dalam pola makan diet sehat bagi penderita diabetes sebaiknya berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter Anda. Semoga bermanfaat



Permasalahan yang ada dalam artikel :

turun berat badan berarti diabet; pola makan yang tepat untuk penderita diabetes; pola makan untuk penderita diabet; pola makan sehat untuk penderita diabetes; pola makan diabetes; pola makan dan makansn sehat untuk diabetes; nasi merah dan lauk; nasi dan lauk sehat; makan nasi sehata ama apa; lauk untuk kurud;

Content Protection by DMCA.com