Pola Makan Diet Sehat Khusus Untuk Ibu Menyusui

Setelah seorang wanita melahirkan, kabanyak pasti akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Namun untuk melakukan diet memang cukup beresiko karena anda pasti sedang menyusui. Pola diet yang kurang baik tentu akan mempengaruhi produksi ASI dari ibu. Maka pola makan diet sehat sangat diperlukan oleh ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan postur tubuhnya kembali ke bentuk semula.

Pola makan diet sehat untuk ibu menyusui - Shutterstock

Pola makan diet sehat untuk ibu menyusui – Shutterstock

Pola Makan Diet Sehat Untuk Ibu dan Bayi

Pemahaman mengenai pola makan sehat untuk diet perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh menjadi langsing. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah melakukan diet demi menjaga kesehatan, sehingga penurunan berat badan akan anda dapatkan dengan mudah. Hal tersebut penting karena jika anda hanya memikirkan penurunan berat badannya, maka pola makannya tidak akan menjadi pertimbangan utama anda.

Berikut beberapa bahan makanan yang disarankan untuk ibu menyusui dalam melakukan diet sehat dan aman.

  • Daging merah tanpa lemak yang banyak mengandung zat besi
  • Telur mengandung banyak vitamin dan mineral, selain itu juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama
  • Bayam juga mengandung zat besi dan vitamin A yang berperan mencegah kenker dan untuk kesehatan mata
  • Daun singkong kaya akan zat besi dan kandungan protein serta vitamin C dan A
Sayuran hijau untuk ibu menyusui - Shutterstock

Sayuran hijau untuk ibu menyusui – Shutterstock

Banyak konsumsi zat besi bagi ibu menyusui sangat dianjurkan. Dengan mengatur pola makan yang baik untuk menurunkan berat badan sekaligus memenuhi kebutuhan ASI, maka anda dapat melakukannya secara bersamaan. Anda tetap bisa ngemil namun tetap memperhatikan pola serta bahan makanan apa yang dikonsumsi. Dengan begitu anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Pola Makan Diet Sehat Dalam Sehari Sesuai Kebutuhan Kalori

Diet yang normal tidak mungkin langsung menurunkan berat badan secara instan. Konsistensi anda dalam menjalankan pola makan diet sehat dan cepat sesuai kebutuhan sehingga anda akan langsing namun tetap sehat. Pengaturan bahan makanan yang dikonsumsi akan menjamin pemenuhan nutrisi untuk bayi anda, sehingga tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Berikut beberapa menu sehat yang bisa anda konsumsi sehari-hari.

  • Sarapan dengan bahan serealia dan selai kacang juga diperbolehkan, bersama dengan jus jeruk. Namun hati-hati bagi anda yang memiliki penyakit maag
  • Makan siang bisa konsumsi lasagna sayuran dengan apel
  • Jam 4 sore boleh ngemil kacang almond dan kismis
  • Makan malam dengan ayam panggang, bayam serta kentang rebus
Menu diet sehat untuk ibu menyusui - Shutterstock

Menu diet sehat untuk ibu menyusui – Shutterstock

Anda harus memperhitungkan kalori yang diperlukan dalam sehari. Untuk ibu hamil dan menyusui kalori yang harus dipenuhi dalam sehari adalah 2000 kalori. Sehingga dengan mempertimbangkan pola makan diet sehat maka pemenuhan kalori akan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu anda bisa menurunkan berat badan tanpa repot dan tetap sesuai dengan aturan kesehatan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

contoh pola makan untuk ibu menyusui -pola makan untuk penurunan berat badan dan menyusui -pola makan ibu menyusui -nurunkan berat badan buat ibu mentusui -menyusui -manfaat kentang untuk ibu menyusui -makanan ibu menyusui untuk menurunkan berat badan -jam makan untuk ibu menyusui -jadwal makan ibu mnyusui -jadwal makan dan jenis makanan ibu menyussui -gambar ibu menyusui -tips menurunkan berat badan bagi ibu menyusui -

Content Protection by DMCA.com