Pilihan Obat Alami Tuberkulosis – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa pilihan obat alami tuberkulosis yang dapat disiapkan sendiri di rumah dapat diramu dari bahan herbal seperti susu, buah malaka, pisang, dan daun kelor. Sebenarnya, masih banyak alternatif lain yang bisa anda lakukan, sesuai dengan ketersediaan bahan di sekitar anda. Meski pengobatan tuberkulosis harus dikombinasikan dengan penanganan medis, penggunaan bahan alami diharapkan dapat meringankan gejala yang dialami penderita.


Selederi sebagai obat alami tuberkulosis (Fotolia)

Selederi sebagai obat alami tuberkulosis (Fotolia)

5 Pilihan Bahan Obat Alami Tuberkulosis

Berikut adalah beberapa pilihan obat herbal tuberkulosis lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk meringankan gejala TB sekaligus mempercepat proses penyembuhan penyakit:

Jeruk

Secara alami, jeruk mengandung larutan garam yang berfungsi mengencerkan mucus (dahak) dan membuka saluran bafas yang tertutup secara efektif. Konsumsi jeruk secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan secara umum serta mencegah timbulnya penyakit. Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk secara langsung atau menggunakan cara berikut:

  • Siapkan 2 buah jeruk dan ambil sarinya
  • Tambahkan beberapa tetes madu dan garam seujung sendok teh ke dalam jus jeruk
  • Minum secara teratur di pagi hari

Bawang Putih

Bawang putih diketahui mengandung banyak asam sulfur yang tidak berbahaya bagi tubuh dan dapat membantu membuang bakteri-bakteri penyebab TB beserta gejalanya. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan bawang putih pada menu harian anda untuk mempercepat proses pengobatan tuberkulosis dan gejalanya.

Salah satu cara terbaik menggunakan bawang putih untuk menngobati TB adalah mengiris beberapa siung bawang putih mentah dan merebusnyaa di dalam 250 ml susu. Konsumsi bawang putih rebus terlebih dahulu sebelum meminum susu. Cara lainnya:

  • Campurkan setengah sendok teh bawang putih cincang dengan satu mangkok susu dan empat mangkok air. Rebus hingga tinggal seperempatnya. Minum secara teratur tiga kali sehari
  • Tambahkan 10 tetes jus bawang putih ke dalam susu panas dan minum sebelum tidur. Jangan minum air putih setelahnya, karena efeknya akan berkurang

Selederi

Selederi sering direkomendasikan untuk penderita TB karena di dalamnya banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Caranya:

  • Giling segenggam daun selederi untuk mendapatkan jusnya
  • Konsumsi 5 sendok makan daun selederi halus dalam interval tertentu (namun harus teratur) setiap hari.

Buah Srikaya

Manfaat buah srikaya untuk pengobatan Tuberkulosis pernah dibahas pada artiel sebelumnya. Buah ini diketahui mengandung khasiat yang sama dengan obat—obatan yang digunakan untuk mengatasi TB. Biasanya, buah srikaya dikonsumsi dalam bentuk jus yang direbus bersama air. Untuk informasi lebih rinci tentang manfaat buah srikaya bagi penderita TB, anda bisa melihat artikel sebelumnya.

Nenas

Nenas juga sering direkomendasikan sebagai obat alami tuberkulosis karena khasiatnya untuk mengencerkan mucus dan membersihkan saluran hidung yang tersumbat, sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat. Untuk mempercepat proses penyembuhan, konsumsi satu gelas jus nenas (tanpa pemanis buatan) secara rutin setiap hari.

Tuberkulosis adalah penyakit yang proses penyembuhannya memerlukan waktu, sehingga diperlukan kesabaran dalam menjalani pengobatannya. Penggunaan obat alami tuberkulosis diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan, namun tentunya, pencegahan merupakan langkah yang lebih bijak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah infeksi TB pada diri anda atau keluarga:

  • Berikan vaksin BCG pada anak sebelum usia 1 tahun
  • Pastikan rumah anda dilengkapi ventilasi yang cukup untuk menjaga sirkulasi udara dan cahaya. Cahaya matahari diyakini dapat membunuh kuman penyebab TB
  • Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri maupun virus
  • Konsumsi suplemen kaya anti-oksidan (jika perlu)


Permasalahan yang ada dalam artikel :

apa obat sesak nafas; cara mengobati sakit kepala secara tradisional; kepala panas apa obat jusnya; penurun panas yg tepat;

Content Protection by DMCA.com