Perawatan Berbagai Jenis Penyakit Kulit

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh. Kulit merupakan bagian vital tubuh yang harus dirawat. Jika tidak dijaga kebersihannya maka akan timbul berbagai  jenis penyakit kulit. Penyakit kulit memang jarang merupakan penyakit yang serius. Namun demikian, pengobatannya tetap harus diperhatikan. Karena kulit mewakili karakter seseorang, apakah seseorang itu pembersih atau bukan.

jenis penyakit kulit

jenis penyakit kulit (life.viva)

Beberapa Jenis Penyakit Kulit

Ada beberapa macam penyakit kulit yang umum diderita oleh masyarakat. Penyakit kulit tersebut ada yang ringan dan ada pula yang berat. Begitu juga dengan perawatannya. Beberapa di antaranya adalah eksim, kudis, bisul dan lain-lain. Bahkan termasuk juga jerawat. Eksim merupakan penyakit kulit yang diderita karena seseorang alergi misalnya terhadap sabun. Ciri-cirinya adalah kulit gatal, memerah, bersisik, bahkan bisa bernanah. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan salap khusus eksim yang didapatkan di apotik atau bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.

Penyakit lainnya adalah bisul yang disebabkan infeksi bakteri staphylococcus aureus pada kulit. Untuk menghindari penyakit ini, kebersihan diri harus dijaga dan makan makanan yang bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga mampu membentengi diri dari serangan bakteri. Kudis dan kurap juga merupakan penyakit kulit. Bedanya kudis dan kurap adalah bila kudis disebabkan parasit sedangkan kurap oleh jamur. Selain itu jerawat juga bagian dari penyakit kulit. Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri.

Berbagai jenis penyakit kulit dan pengobatannya akan berbeda-beda. Namun secara umum, penyakit kulit dapat diobati dengan menggunakan obat salep dan yang terpenting menjaga kebersihan kulit. Seperti rajin mandi dan mencuci muka. Menggunakan sabun anti bakteri juga sangat dianjurkan. Saat ini, telah tersedia sabun dengan anti bakteri, baik sabun mandi, sabun cuci tangan, dan sabun cuci piring. Karena biasanya kasus penyakit ini terjadi karena seseorang kurang bersih dalam merawat diri.

Perawatan Penyakit Kulit Pada Bayi

Bayi juga rentan menderita penyakit kulit. Apalagi bayi memiliki kulit yang sensitif karena kulitnya masih lembut, tipis dan belum mampu bekerja secara optimal. Jenis penyakit kulit pada bayi diantaranya adalah biang keringat, eksim popok dan eksim susu. Penyakit-penyakit ini umumnya disebabkan oleh ibu yang kurang membersihkan bayinya.

Cara menghindari penyakit ini pada bayi adalah dengan menjaga kebersihan kulit bayi. Sangat sederhana dan gampang sekali. Yang dibutuhkan adalah kedisiplinan dari seorang ibu. Cara perawatan tersebut adalah memandikan bayi secara teratur 2 kali sehari. Cepat mengganti baju bayi yang basah karena keringat untuk menghindari biang keringat. Rutin mengganti popok untuk menghindari eksim popok, dan rajin melap bekas susu pada kulit pipi bayi setiap kali bayi habis menyusu. Hal ini untuk menghindar bayi agar tidak terkena eksim susu. Selain itu perawatan dengan rajin mengoleskan krim bayi pada kulitnya akan mampu menyembuhkan iritasi dan menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut.

Kulit yang bersih terawat akan mencerminkan kepribadian seseorang. Untuk itu usahakan agar selalu tampil bersih. Kulit yang dijaga kebersihannya akan mampu menghindarkan diri dari berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu bisa juga melakukan perawatan dari dalam dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

mengapa rajin berganti pakaian bersih setelah mandi dapat menjaga kesehatan kulit -obat herbal anak gatal 2 badan smuaxa -Jamu herbal apa untuk menyebuhkan penyakit gatal 2 -jenis penyakit kulit -kulit yg mengapal karena sabun cuci sakit apa -mengapa rajn berganti pakaian bersh setlh mandi dpt menjaga kesehatan kulit -obat gatal gatal untuk bayi -perawatan nerdasrkan kondisi kulit -

Content Protection by DMCA.com