Penyebab Telapak Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya

Telapak tangan berkeringat gejala penyakit apa? Benarkah penyebab telapak tangan berkeringat karena penyakit jantung? Seringkali orang yang mengalaminya khawatir bahwa ia mengidap penyakit atau kelainan jantung. Biasanya orang yang keringat berlebihan di telapak tangan tidak hanya kiri atau kanan saja, tetapi kedua telapak tangannya. Nah dalam artikel ini akan dibahas apa penyebab keluhan yang dialami oleh sebagian orang yang mengeluhkan keringatan pada telapak secara berlebihan.


Dalam istilah medis, telapak tangan berkeringat berlebihan disebut Palmar Hyperhidrosis. Kondisi ini seringkali membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri dan tidak nyaman terutama saat bersalaman dengan orang lain. Tentu saja ini sikap ini akan berefek negatif pada kehidupan karir dan sosialnya. Selain telapak tangan, bagian tubuh yang sering berkeringat yaitu wajah, ketiak, dan telapak kaki. Istilah medis untuk telapak kaki berkeringat adalah Plantar Hyperhidrosis.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Gambar telapak tangan berkeringat

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Hingga saat ini, penyebab pasti telapak tangan berkeringat masih belum dapat dipastikan. Banyak ahli percaya bahwa telapak tangan berkeringat disebabkan oleh gangguan sistem saraf simpatik yang hiperaktif yang membuat kelenjar keringat berlebihan pada telapak tangan seseorang. Sistem saraf simpatik mengatur banyak fungsi tubuh yang membentuk respon yang disebut fight or flight, termasuk pelepasan bahan kimia seperti adrenalin, meningkatkan denyut jantung, pengecilan atau konstriksi pembuluh darah, serta berkeringat.

Dalam kondisi normal, sistem saraf simpatis akan aktif manakala terdapat rangsangan atau stimulus dari luar seperti ketika kita sedang cemas atau mengkhawatirkan terhadap sesuatu hal. Tak heran jika kita perhatikan bahwa kita akan berkeringat dingin pada telapak tangan pada saat grogi atau tegang. Tetapi, ketika sistem saraf simpatik ini terganggu (hiperaktif), maka respon fight-or-flight bisa muncul pada kondisi yang tidak tepat, seperti contoh kasus telapak tangan berkeringat ini.

Anda tidak perlu khawatir telapak tangan berkeringat secara berlebihan, sebab masalah ini biasanya bukan karena suatu penyakit. Masalah ini cenderung muncul diawali pada saat kanak-kanak dan seringkali dipengaruhi oleh faktor turunan atau riwayat keluarga.

Lantas, Bagaimana cara mengatasi telapak tangan sering berkeringat?

Pengobatan untuk masalah telapak tangan sering keringatan tergantung pada seberapa banyak keringat keluar. Apakah sangat mengganggu aktivitas hidup anda? Jika masih ringan maka anda tidak perlu terapi khusus. Tetapi jika anda merasa terganggu maka perlu diatasi. Ada beberapa maca metode pengobatan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat.

  • Larutan alumunium chloride (merk: Drysol) dipakai pada kulit telapak tangan berkeringat saat malam, kemudian dihapus saat pagi.
  • Jika gangguan dirasa cukup berat, cara mengatasinya dengan suntikan toksin botulinum tipe A (merek: Botox).
  • Jika cara pengobatan tersebut diatas masih tidak efektif, maka dokter akan merekomendasikan anda untuk operasi untuk memotong saraf penyebab telapak tangan berkeringat.

Perkaya wawasan anda dengan membaca sehat alamiku sbb:

Semua metode pengobatan tersebut diatas punya efek samping. Oleh sebab itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk proses kesembuhan anda. Demikian penjelasan apa penyebab telapak tangan berkeringat secara berlebihan. Semoga dapat dipahami oleh anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat tradisional untuk menurunkan demam anak2;

Content Protection by DMCA.com