Penyebab Sakit Kepala di Belakang Mata

Penyebab Sakit Kepala di Belakang Mata dapat terjadi karena adanya masalah pada mata, penyakit demam berdarah (DBD), migrain, dan cluster, atau sesuatu yang mungkin lebih serius. Baca tuntas untuk mengetahui apa penyebab pusing sakit kepala di belakang mata.


Pusing karena sakit kepala yang terjadi di belakang mata, baik salah satu atau kedua mata, rasanya seperti nyeri yang tajam, tumpul, berdenyut, intens, panas, atau tekanan. Sakit kepala jenis cluster ini pada umumnya dapat menyebabkan kondisi ini berlangsung pada waktu tertentu yang cenderung berlangsung secara berulang bagaikan siklus. Sakit kepala migrain juga dapat mengakibatkan rasa sakit dan tekanan di belakang mata, selain gejala sakit kepala sebelah.

Penyebab Sakit Kepala di Belakang Mata

Ilustrasi Sakit Kepala di Belakang Mata (Credit to Fotolia)

Penyebab Sakit Kepala di Belakang Mata

Berikut kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan pusing sakit kepala di belakang mata.

1. Mata Kering

Mata kering sering dialami oleh para pengguna komputer yang berlama-lama menatap layar monitor sepanjang hari. mata kering, gatal, terbakar, dan nyeri tajam merupakan tanda-tanda yang bisa dialami oleh mereka yang sering bekerja di depan komputer. Kondisi mata kering yang berkepanjangan dapat menyebabkan keluarnya air mata secara berlebihan sebagai respon iritasi untuk melindungi diri dari pengeringan lebih lanjut. Untuk mengobati mata kering, anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak tersedia dipasaran. Tetapi pada kasus mata kering parah, anda membutuhkan perhatian medis.

2. Gangguan Tajam Penglihatan

Gangguan rabun atau gangguan penglihatan sering menyebabkan mata lelah dan ketidaknyamanan. Sakit kepala di belakang mata biasanya terjadi karena mata silinder (astigmatisme), presbiopia, dan hyperopia. Tentu saja, untuk mengetahui kondisi apa yang anda derita perlu pemeriksaan dokter spesialis mata.

3. Lumpuh Saraf Kranial

Saraf kranial merupakan saraf-saraf yang keluar dari otak ke wajah. Fungsi saraf kranial adalah sebagai sensorik untuk perasa, penglihatan, serta penggerak. Jika satu atau lebih saraf tersebut meradang, terluka atau dikompresi, maka dapat menyebabkan bermacam-macam gangguan. Pada saat saraf penglihatan menjadi terganggu, maka gejala umum yang muncul termasuk penglihatan ganda, kelopak mata terkulai, perubahan ukuran pupil, hingga terasa sakit yang amat menyakitkan.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyebab umum kelumpuhan saraf kranial. Pengobatannya bertujuan untuk mengoreksi penyebab utama dan mengesampingkan penyebab lain yang lebih serius seperti stroke dan tumor otak.

4. Skleritis

Sclera adalah lapisan tipis yang menutupi permukaan luar mata. Skleretis artinya sclera mengalami peradangan, menjadi merah, rasa nyeri, dan sensasi terbakar. Sindrom medis seperti Rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat bisa meningkatkan resiko scleritis. warna merah dan rasa sakit pada mata yang intens sebaiknya perlu diperiksa oleh dokter mata. Biasanya, dokter akan memberikan obat tetes mata non-steroid, obat tetes mata steroid, dan antibiotik jika ada infeksi, dan lain-lain.

5. Sindrom Inflamasi Orbital

Orbita adalah rumah untuk mata dan mengandung saraf, pembuluh darah, limfatik, lemak, dan otot-otot yang menggerakkan mata. Peradangan dapat terjadi pada area ini, tetapi sayangnya penyebab pasti sangat sulit untuk ditentukan. Pemeriksaan CT Scan dan tes darah dapat memperlihatkan ada atau tidaknya infeksi. Biasanya rasa sakit dan ketidaknyamanan dapat terjadi ketika mata melirik ke kanan ke kiri atau ke atas dan ke bawah, serta pada saat area mata disentuh dengan jari.

6. Neuritis Optik

Gejala neuritis optik atau peradangan pada saraf mata antara lain sakit mata, mati rasa, penurunan ketajaman visual, hingga perubahan pada persepsi warna. Gejala lain yang terasa berupa pusing sakit kepala di belakang mata yang sering terjaid. Pengobatannya ditujukan untuk meredakan rasa sakit serta mengurangi peradangan melalui obat steroid.

7. Tension Headache

Tegang sehingga pusing sakit kepala menjadi penyebab sakit kepala di belakang mata. Sensasi ini jika digambarkan bagaikan tali yang mengikat kepala dengan erat. Pemicunya bisa karena stres, kelelahan otot leher atau cedera. Pengobatan dapat berupa istirahat tidur, pijat, obat analgesik, seperti ibuprofen atau parasetamol dan kompres hangat pada leher atau pangkal kepala.

8. Sinusitis

Ada sejumlah rongga sinus di tulah wajah dan kepala manusia, yangmana berpusat di area sekitar mata. Sinus ini dapat meradang (sinusitis) yang salah satu gejalanya adalah pusing sakit kepala pada belakang mata. Kondisi ini bisa terjadi pada kasus alergi maupun infeksi. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi rasa sakit dengan menggunakan antibiotik untuk mematikan bakteri penyebab infeksi serta anti alergi jika penyebabnya adalah karena alergi.

9. Migrain

Penderita sakit kepala migrain sering mengeluhkan nyeri di belakang mata dan sakit kepala sebelah seperti sering nyut-nyutan. Ada banyak cara mengobati migrain antara lain istirahat, tidur, obat analgesik (ibuprofen), obat tensi tinggi, obat antidepresan, obat antikejang, dan botox.

10. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster menyebakan rasa sakit yang hebat di belakang mata pada salah satu sisi kepala. Laki-laki lebih sering mengalami sakit kepala ini dibandingkan wanita. Selain itu riwayat keluarga (faktor genetis) juga ikut andil. Ciri khas sakit kepala ini adalah serangan sakit kepala yang muncul secara periodik selama beberapa waktu. Pengobatannya yaitu cukup waktu istirahat dan obat antinyeri.

11. Gangguan hormon

Hormon yang tidak stabil dapat menjadi penyebab sakit kepala. Penderita sakit migren pada wanita sering mengeluhkan bahwa serangan migrain lebih berat di sekitar siklus menstruasi. Fluktuasi hormon dapat menyebakan perubahan kimia dalam pembuluh darah otak.

12. Demam Berdarah (DBD)

Penyakit yang satu ini memang punya gejala utama berupa demam, tetapi sakit kepala juga bisa terjadi khususnya sakit kepala di belakang mata. Disamping itu, ada juga gejala lain seperti badan pegal, lemah, dan bintik kemarahan.

Baca juga info penting sehat alamiku berikut:

Demikian 12 penyebab sakit kepala di belakang mata. Apakah anda sering mengeluhkan sakit kepala di belakang mata? Jika keluhan pusing berkepanjangan maka berkonsultasilah dengan dokter untuk diketahui sumber penyebab sakit kepala anda sehingga perawatan medis dapat dilakukan dengan tepat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

darah di belakang mata; Gambar ilustrasi Tension headache; mata kering sakit kepala; pusing yang berpusat di mata; sakit kepala dibelakang mata;

Content Protection by DMCA.com