Penyebab Sakit Jantung Pada Wanita Usia Muda

Studi menunjukkan bahwa pria lebih rentan menderita penyakit jantung dibanding wanita, namun dampak psikologis dan medis penyakit jantung pada wanita cenderung lebih fatal. Penyebab sakit jantung pada kaum Hawa juga relatif berbeda, karena wanita lebih ‘pemikir’ dibanding kaum Adam. Ya, masalah keuangan rumah tangga saja bisa membuat mereka stress, apalagi jika dihadapkan dengan tumpukan tugas dan pekerjaan kantor yang seolah tidak ada habisnya.


Stress, penyebab sakit jantung pada wanita - Tribunnews

Stress, penyebab sakit jantung pada wanita – Tribunnews

Apa Penyebab Sakit Jantung pada Wanita?

Sebuah hasil survey yang dilakukan Women’s Health Study menunjukkan bahwa wanita berpenghasilan rendah lebih rentan menderita penyakit jantung. Penyebab sakit jantung pada wanita yang paling utama adalah faktor finansial. Bahkan, masalah keuangan lebih kuat pengaruhnya terhadap penyakit jantung dibanding masalah lain, seperti pasangan selingkuh atau cedera.

Selain masalah keuangan, penelitian yang sama juga menemukan bahwa penyebab penyakit jantung berikutnya pada wanita adalah kematian pasangan atau anak serta sakit parah, karena kedua faktor ini kerap membuat wanita stress, sehingga resiko terjadinya penyakit jantung semakin tinggi. Bahkan, kejadian seperti ini dapat membuat resiko penyakit jantung meningkat hingga 65 persen.

Seperti dijelaskan di atas, meski penderita penyakit jantung lebih banyak pria, jumlah wanita yang meninggal akibat penyakit pembunuh nomor 1 di dunia ini lebih banyak wanita. Demikian juga dengan lama perawatan di rumah sakit. Penyebabnya? Wanita lebih sulit untuk melupakan masalah atau stress yang dialami, sehingga proses perjalanan penyakit jenderung lebih cepat.

Gejala penyakit jantung pada wanita mirip gejala penyakit maag - Kompas

Gejala penyakit jantung pada wanita mirip gejala penyakit maag – Kompas

Mengenali Sakit Jantung pada Wanita

Selain mengetahui penyebab serangan jantung usia muda untuk kaum Hawa, anda juga harus mewaspadai ciri-cirinya sejak dini. Pasalnya, gejala penyakit jantung kerap tidak spesifik pada wanita, sehingga keberadaannya sulit terlacak di tahap awal penyakit. Gejalanya sering disamakan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti maag, yang ditandai dengan nyeri lambung, serta rasa mual atau ingin muntah. Sebagian wanita merasakan nyeri di dada kiri (saat ditekan) dan cenderung menyebar hingga ke leher atau punggung, namun sebagian lagi tidak menemukan gejala ini.

Oleh sebab itu, jika anda merasakan gejala seperti penyakit maag dan tidak reda setelah mengkonsumsi obat maag selama 2 hari, ada baiknya anda mengantisipasi kemungkinan lain. Cara paling tepat untuk mengidentifikasi penyakit jantung di tahap awal adalah melalui pemeriksaan enzim jantung atau elektrokardiograf (EKG), terutama jika gejala yang anda alami disertai keringat dingin atau rasa sakit yang semakin hebat dan sesak nafas.

Pada dasarnya, penyebab sakit jantung yang paling utama pada wanita adalah stress, terutama akibat tekanan yang berkaitan dengan masalah keuangan, kehilangan, atau penyakit. Wanita cenderung lebih sensitif pada pria, sehingga masalah pada jantung akan lebih mudah memburuk. Meski demikian, kaum Hawa juga harus waspada terhadap penyebab penyakit jantung lainnya, seperti obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, dan diabetes.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

ciri ciri penyakit jantung pada wanita; gejala penyakit jantung pada wanita; ciri penyakit jantung; ciri ciri penyakit jantung; ciri penyakit jantung di usia muda; gejala sakit jantung pada wanita; ciri penyakit jantung pada wanita; gejala penyakit jantung pada wanita muda; ciri ciri sakit jantung; penyebab sakit jantung pada wanita;

Content Protection by DMCA.com