Penyebab Jantung Koroner Yang Menyerang Kaum Muda

Bila dahulu penyakit jantung koroner pada umumnya menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, tetapi saat ini tampaknya kaum muda pun sudah mulai banyak yang terserang penyakit mematikan ini. Lalu apa yang menjadi penyebab jantung koroner? Secara umum, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat adalah yang paling besar memberikan kontribusi atas terjadinya penyakit yang menyerang organ vital tubuh kita ini.

Penyebab penyakit jantung koroner - Wikipedia

Penyebab penyakit jantung koroner – Wikipedia

Mengonsumsi makanan cepat saji hampir setiap hari, kebiasaan merokok yang dilakukan terus-menerus, meminum alkohol, dan bekerja terlalu keras tampaknya sudah merupakan hal yang umum terutama di daerah perkotaan. Jadi, hindari penyakit jantung koroner dengan mengenali penyebabnya.

Penyebab Jantung Koroner Para Orang Muda

Selain penyebab yang telah diuraikan di atas, penyakit jantung koroner pada usia muda bisa juga dipicu oleh stres akibat beban kerja dan beban hidup yang setiap saat semakin berat. Kurangnya berolahraga dan istirahat akan membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat, menyebabkan penyakit darah tinggi, dan diabetes melitus. Lambat laun komplikasi dari ketiga penyakit tersebut akan menyebabkan terjadinya serangan jantung.

penyakit jantung koroner pada usia muda bisa disebabkan oleh stress - Ulifeline

penyakit jantung koroner pada usia muda bisa disebabkan oleh stress – Ulifeline

Bila Anda adalah orang yang mengalami kelebihan berat badan dan terdapat anggota keluarga yang mempunyai penyakit jantung, bisa jadi Anda juga mempunyai resiko terserang penyakit yang sama. Untuk itu sebaiknya lakukan check up secara teratur kepada dokter spesialis jantung yang meliputi pemeriksaan ECG untuk mendeteksi sedini mungkin bila ada sesuatu yang abnormal pada organ vital Anda ini.

Penyebab jantung koroner di Indonesia

Sebelum membahas tentang penyebab terjadinya jantung koroner, sebaiknya kita mengetahui lebih dahulu apa yang disebut dengan penyakit jantung koroner. Jantung koroner terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah kecil atau arteri yang dipicu oleh adanya pengerasan arteri akibat plak yang menumpuk. Padahal, arteri  ini mempunyai tugas penting, yaitu mengangkut darah dan oksigen ke jantung. Pengerasan arteri terjadi karena yang bersangkutan mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak tak sehat. Pembuluh darah kecil yang menyempit menyebabkan terganggunya proses transportasi oksigen dan darah ke jantung.

Makanan bisa menjadi penyebab terjadinya jantung koroner - Makanankolesteroltinggi

Makanan bisa menjadi penyebab terjadinya jantung koroner – Makanankolesteroltinggi

Di Indonesia sendiri, kuliner khasnya dalam cara memasaknya lebih banyak yang digoreng dalam minyak yang banyak. Belum lagi tambahan santan, jerohan, dan bahan-bahan lain yang mengandung kolesterol tinggi. Hidangan berkolesterol tinggi yang dikonsumsi terus-menerus dalam waktu lama akan memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah arteri. Tentu tak salah mengonsumsi hidangan semacam itu sesekali, tetapi imbangilah juga dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi serat dengan porsi yang lebih besar. Jangan lupa untuk berolahraga ringan secara teratur.

Waspadalah akan penyebab jantung koroner ini, karena bila terjadi serangan yang tak segera mendapatkan penanganan medis akibatnya bisa sangat fatal. Jadi mulai sekarang, terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang, menghindari rokok dan alkohol, mengelola stres dengan baik, dan rajin berolahraga.

Content Protection by DMCA.com