Penyebab dan Pencegahan Penyakit Radang Tenggorokan

Selain demam dan influensa, salah satu penyakit yang juga kerap menyerang anak-anak terutama di usia sekolah adalah Penyakit radang tenggorokan yang diikuti dengan infeksi amandel. Selain terjadi pada anak-anak radang tenggorokan juga bisa menyerang batita sehingga buah hati Anda menjadi rewel dan merasa sangat tidak nyaman. Inilah sebabnya penting sekali bagi para bunda untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan penyakit ini untuk menjaga kesehatan putra-putrinya.


Penyakit radang tenggorokan pada anak (Fotolia)

Penyakit radang tenggorokan pada anak (Fotolia)

Pemicu Penyakit Radang Tenggorokan

Ternyata yang menjadi Penyebab radang tenggorokan pada anak 85%-nya adalah infeksi virus yang juga memicu penyakit pilek dan batuk. Selain oleh virus, penyakit ini juga bisa dipicu oleh bakteri streptokokus grup A serta bakteri jenis lain. Bila penyakit ini disebabkan oleh virus maka transfer virus bisa terjadi melalui percikan air liur penderita yang terhirup oleh kita atau droplet (butiran halus air ludah) yang mengandung virus dan terhirup oleh orang yang sehat.

Sementara bila penyakit ini disebabkan oleh bakteri, penularan bisa melalui tangan yang kotor alat makan, atau makanan yang terkontaminasi bakteri. Radang tenggorokan atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai faringitis sesungguhnya adalah serangan infeksi pada tenggorokan yang biasanya terjadi pada saat kondisi anak atau imunitasnya tengah melemah. Hal ini bisa terjadi karena kurang istirahat atau pola makan yang kurang memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Gejala yang terlihat saat terserang virus atau bakteri pemicu penyakit ini adalah demam disertai pusing, mata berair tapi tak berwarna merah, tenggorokan sakit untuk menelan, batuk, dan nyeri otot. Bila terjadi pada batita pada umumnya mereka menjadi tidak bersemangat, rewel, dan tidak nafsu makan. Pada umumnya selama setahun anak-anak akan terserang penyakit ini sekitar 6 atau 7 kali dan bila lebih dari itu harus dilakukan pemeriksaan medis yang berkaitan dengan tes alergi. Pada anak yang daya tahan tubuhnya atau imunitasnya kurang baik serangan penyakit ini juga rawan terjadi.

Mencegah Serangan Penyakit Radang Tenggorokan

Sebagai langkah antisipasi atau Cara mencegah radang tenggorokan pada anak berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Bila teman sepermainan atau ada anggota keluarga yang terserang influenza atau radang tenggorokan, sebaiknya jauhkan si kecil dari penderita untuk mencegah penularan penyakit.
  • Biasanya penyakit ini banyak menyerang di musim pancaroba atau pergantian musim, dan usahakan agar si kecil memperoleh asupan cairan yang mencukupi terutama minum air putih. Selain itu Anda juga bisa memberikan beragam jus buah yang kaya vitamin untuk memperkuat imunitasnya.
  • Usahakan agar buah hati Anda mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta tidak jajan sembarangan sebagai antisipasi kontaminasi makanan oleh bakteri.
  • Upayakan pula agar si kecil cukup beristirahat agar daya tahan tubuhnya semakin prima. Dengan demikian imunitas tubuh putra-putri Anda akan sanggup untuk melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuhnya.

Bila penyakit faringitis ini terlanjur menjangkiti buah hati Anda tak perlu panik berlebihan karena pada umumnya akan dapat sembuh sendiri walaupun tak diobati asalkan si kecil banyak istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi. Tetapi bila terjadi pembesaran kelenjar getah bening di sekitar leher, demam yang cukup tinggi, atau tenggorokan berbercak putih (detritus) biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Untuk menyamankan tenggorokannya yang nyeri berikan si kecil minuman hangat yang tidak manis.

Nah, semoga informasi kesehatan tentang Penyakit radang tenggorokan ini bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

butiran agar agar dari tenggorokan; gejala radang tenggorokan pada anak; apa pencegahan dari radang tenggprokan; penyakit radang tenggorokan penyebab dan cara mencegahnya; Penyebab dan pencegahan radang tenggorokan;

Content Protection by DMCA.com