Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Batuk Rejan Pada Anak

Salah satu penyakit saluran nafas yang sering menyerang bayi hingga anak-anak adalah Penyakit batuk rejan atau disebut juga dengan pertusis. Walaupun lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi penyakit yang sering pula disebut dengan batuk 100 hari ini juga bisa menyerang orang dewasa atau lansia. Pada orang berusia lanjut dan bayi penyakit pertusis ini bahkan bisa sampai membahayakan nyawa. Inilah sebabnya Anda harus mengetahui tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi gangguan kesehatan ini.


Penyebab Penyakit Batuk Rejan

Ciri khas dari batuk rejan adalah serangan batuk terus-menerus dengan suara keras serta diawali dengan tarikan napas panjang melalui mulut. Komplikasi yang bisa terjadi akibat Penyakit batuk rejan pada anak adalah kekurangan oksigen dalam darah, meningkat menjadi pneumonia, atau akibat batuk yang keras tulang rusuk penderita berpotensi mengalami cedera. Untuk mengantisipasi serangan penyakit ini vaksin pertusis bisa dilakukan pada anak-anak yang telah cukup usia.

Penyakit batuk rejan pada anak (Fotolia).

Penyakit batuk rejan pada anak (Fotolia).

Penyebab terjadinya penyakit ini adalah bakteri Bordetella pertussis yang tersebar melalui udara. Saat kondisi tubuh lemah, bakteri ini bisa masuk dan menyerang dinding dari percabangan trakea yang menuju kedua paru-paru (dinding trakea dan bronkus). Kemudian tubuh akan bereaksi dengan mengalami pembengkakan saluran udara sehingga penderita harus menarik napas melalui mulut karena sulit bernapas normal. Tarikan napas ini akan menimbulkan suara seperti dengkingan yang panjang.

Untuk mengatasi infeksi bakteri, pertahanan lain yang mungkin dilakukan tubuh adalah dengan memproduksi lendir kental untuk dikeluarkan dari tubuh. Segera bawa penderita, baik buah hati Anda atau anggota keluarga yang lain bila mengalami kondisi berikut ini:

  • Bayi atau anak yang mengalami batuk, sulit bernapas, dan terlihat sangat tidak sehat.
  • Penderita batuk mengalami kejang sebagai komplikasinya.
  • Saat penderita batuk menarik napas terdengar suara dengkingan.
  • Tubuh menjadi membiru atau memerah.

Obat Medis Untuk Penyakit Batuk Rejan

Memberikan sendiri Obat penyakit batuk rejan pada anak sebaiknya dihindari karena obat-obat batuk yang dijual bebas sering tidak sesuai untuk mengobati penyakit batuk pertussis. Sangat penting untuk membawa penderita ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin. Berikut adalah beberapa tindakan medis yang akan dilakukan:

Penyakit batuk rejan harus ditangani secara medis (Fotolia).

Penyakit batuk rejan harus ditangani secara medis (Fotolia).

  • Pada umumnya bayi dan anak-anak yang mengalami penyakit ini adalah ditempatkan pada ruang isolasi agar infeksi tidak menyebar.
  • Dokter akan memberikan antibiotik untuk membasmi bakteri pemicu infeksi. Untuk mengatasi peradangan pada saluran napas dokter akan meresepkan obat Kortikosteroid.
  • Bila penderita mengalami kesulitan bernapas dapat dibantu dengan sungkup oksigen.
  • Pada kondisi yang lebih parah, pengobatan akan difokuskan pada penggunaan alat bantu pernapasan serta pemberian obat-obatan untuk menormalkan tekanan darah.
  • Bila kerusakan paru-paru sudah terjadi solusi penanganan medis yang bisa dilakukan adalah dengan oksigenasi membran ekstrakorporeal atau mengalirkan oksigen secara langsung pada tubuh tanpa melalui paru-paru.
  • Bila penyakit tak terlalu parah dan penderita dapat dirawat sendiri di rumah, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik untuk melawan infeksi serta paracetamol atau ibuprofen untuk mengatasi gejala demam.
  • Usahakan agar penderita minum banyak air serta beristirahat dan tak banyak bergerak untuk memulihkan kekuatan.
  • Bila terjadi demam sebaiknya tak perlu menggunakan selimut tebal agar panas bisa menguap keluar. Kompres pada leher juga bisa dilakukan untuk membantu menurunkan panas.
  • Buat penderita senyaman mungkin dengan memakaikan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat.

Nah, semoga informasi tentang Penyakit batuk rejan ini bisa menambah wawasan Anda tentang kesehatan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat batuk rejan; batuk rejan pada anak; cara mengobati batuk rejan; cara mengobati batuk rejan pada anak; penyebab batuk rejan; mengatasi batuk rejan pada anak; obat batuk rejan untuk anak; batuk suara bangkong; batuk rejan pada bayi dan cara mengatasinya; batuk bangkong;

Content Protection by DMCA.com