Penyebab Artritis dan Pentingnya Perubahan Pola Hidup

Artritis atau radang sendi merupakan suatu kondisi yang cukup lazim terjadi, dan menimpa pria maupun wanita. Penyebab artritis masih menjadi bahan perdebatan. Salah satu penyebab yang paling sering dilaporkan adalah aktivitas fisik yang berat. Namun terkadang, orang sering menyamakan radang sendi dengan kondisi sejenis lainnya, seperti rematik dan encok. Meski gejalanya hampir sama, namun ada beberapa hal yang membedakan artritis dari rematik.


Penyebab atritis (Shutterstock)

Penyebab atritis (Shutterstock)

Apa Sebenarnya Penyebab Atritis?

Seperti dibahas di atas, salah satu penyebab atritis yang paling sering dikeluhkan adalah olah raga berat; misalnya, ketika seseorang melakukan olah raga yang cenderung ekstrim, mengangkat beban, atau lari jarak jauh namun tanpa diikuti aktivitas pendukung yang tepat. Bahkan, jika olah raga berat tidak disertai pemanasan yang tepat, atritis bisa menjalar hingga ke persendian.

Penyebab lainnya adalah ketidakseimbangan hormon, khususnya pada wanita. Itulah sebabnya wanita kerap mengeluhkan nyeri sendi menjelang atau selama siklus menstruasi atau menjelang usia menopause. Kekurangan nutrisi juga kerap dikaitkan dengan artritis. Oleh sebab itu, memperhatikan asupan nutrisi yang sesuai dapat menjadi salah satu cara pengobatan artritis.

Pengobatan Artritis: Dimulai dari Mana?

Penanganan terhadap atritis tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Keterbatasan fisik yang dialami penderita karena sendi yang nyeri dan kaku kerap mempengaruhi kondisi psikologis. Bagaimana tidak, orang yang sebelumnya bebas bergerak tiba-tiba saja sulit menggerakkan tangan. Akibatnya, penderita bisa saja mengalami kekecewaan, frustrasi, dan bahkan depresi.

Nah, pengendalian fikiran dan stress adalah penanganan pertama untuk atritis. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita, yakni:

Mengendalikan Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih lebih rentan menderita atritis. Oleh sebab itu, penderita artritis dengan berat badan berlebih harus mulai mencari program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Logikanya, ketika berat badan anda berkurang, maka tekanan terhadap sendi juga akan berkurang, khususnya di bagian lutut. Ya, lutut menopang beban paling berat akibat berat badan berlebih.

Menghindari Makanan Tertentu

Seperti dibahas di atas, asupan nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi. Oleh sebab itu, selain menggunakan obat-obatan herbal, pengobatan atritis juga harus dipadukan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Penderita juga dianjurkan untuk mengurangi dan menghindari beberapa makanan tertentu yang dinilai memicu artritis, di antaranya:

  • Minyak asam lemak Omega 6; Keberadaan Interleukin 1 yang terdapat pada makanan yang kaya minyak asam omega 6 dinilai dapat memperburuk inflamasi pada sendi maupun penyakit autoimun lainya. Sebaiknya hindari minyak sayuran seperti minyak bunga matahari, dan minyak sayuran lainnya
  • Daging hewan yang mengandung asam lemak omega 6
  • Makanan gorengan
  • Junk food
  • Makanan kaya gluten
  • Susu dan produk susu

Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Selain menghindari makanan-makanan di atas, anda juga dianjurkan mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat mengimbangi efek buruk dari omega 6. Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita atritis:

  • Makanan yang kaya asam lemak omega 3, khususnya yang bersumber dari ikan, seperti ikan tuna, salmon, atau sarden, dan yang bersumber dari tanamanan, seperti buncis, flaxseeds, minyak kanola
  • Makanan yang kaya vitamin C, khususnya dari buah-buahan dan sayuran. Vitamin C banyak terdapat pada makanan yang berwarna kuat dan terang, seperti tomat, brokoli, buah kiwi, jeruk, atau cabe hijau
  • Makanan yang kaya vitamin E, yang sangat diperlukan sebagai antioksidan untuk mengimbangi efek buruk akibat radikal bebas.

Pada intinya, pengobatan artritis  harus dimulai dari perubahan pola makan dan gaya hidup. Kemudian, anda bisa memadukannya dengan penggunaan obat-obatan herbal, yang akan dibahas pada artikel berikutnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

asam lambung artritis; pola hidup pada artritis; sebab artritis;

Content Protection by DMCA.com