Penyakit Vertigo dan Pengobatannya dengan Ketumbar

Jika anda sering mengalami sakit kepala yang amat sangat, dan bumi serasa berputar di sekeliling anda dan disertai rasa mual yang tidak normal, anda harus mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit vertigo. Ya, vertigo bukan sakit kepala biasa, karena gejalanya sanat parah. Bahkan, penderita bisa kehilangan keseimbangan, mengalami mual, dan bahkan muntah saat terjadinya episode vertigo.

Penyakit vertigo - Shutterstock

Penyakit vertigo – Shutterstock

Meski demikian, penyakit vertigo dan gejalanya bisa diringankan dengan obat-obatan tradisional buatan rumah. Banyak bahan tradisional, termasuk bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk meringankan gejala saat episode vertigo menyerang. Di antaranya adalah ketumbar. Anda pasti akrab dengan bumbu ini bukan?

Kandungan Biji Ketumbar untuk Atasai Penyakit Vertigo

Nah, anda mungkin bertanya “Apa sih kandungan ketumbar yang membuatnya menjadi obat herbal untuk atasi vertigo?” Ketumbar telah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional, tentunya selain bumbu dapur. Biji ketumbar yang telah dikeringkan kaya akan minyak atsiri dan asam lemak. Sejumlah asam lemak penting yang terkandung di dalamnya adalah asam linoleat (Omega-6), petroselinic acid, asam oleat, dan palmitic acid.

Manfaat ketumbar untuk atasi vertigo - Shutterstock

Manfaat ketumbar untuk atasi vertigo – Shutterstock

Ketumbar juga mengandung linalol, geraniol, a-pinene, terpine, dan camphene. Semua minyak esensial, asam lemak, dan zat-zat aktif tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan mengandung khasiat anti-kembung. Dengan demikian, zat aktif di dalamnya menjaga tubuh tetap seimbang serta memelihara metabolisme tubuh. Seperti diketahui, episode vertigo ditandai dengan hilangnya keseimbangan tubuh, mencegah mual dan mutah, dan zat aktif di dalam ketumbar mencegah hal ini terjadi.

Penyakit Vertigo dan Obatnya dengan Ketumbar

Lalu, bagaimana mengatasi penyakit vertigo? Pada dasarnya, mengatasi gejala penyakit vertigo dan obatnya dengan ketumbar tidaklah sulit. Berikut adalah cara menggunakann ketumbar untuk mengatasi penyakit vertigo dan gejalanya:

  • Ambil satu sendok makan biji ketumbar dan rendam dalam air semalaman. Pagi harinya, buang biji ketumbar, saring, dan minum airnya. Anda bisa meminumnya sesering mungkin untuk hasil lebih cepat dan optimal
  • Campur 1 sdm biji ketumbar dengan 1 sdm bubuk gooseberry (buah Malaka) pada malam hari. Saring di pagi hari, dan tambahkan 1 sdm gula, dan minum. Ulangi pengobatan alami ini selama beberapa kali hingga anda merasakan khasiatnya.
Biji ketumbar kering untuk obat vertigo – Shutterstock

Biji ketumbar kering untuk obat vertigo – Shutterstock

Penggunaan biji ketumbar untuk mengatasi penyakit vertigo cukup aman, karena merupakan obat tradisional. Sejauh ini, belum ada laporan tentang efek sampingnya terhadap kesehatan. Bahkan, wanita hamil dan menyusui bisa menggunakannya untuk mengatasi vertigo maupun sakit kepala ringan.

Biji ketumbar juga merupakan sumber mineral yang sangat kaya, seperti kalsium, mangan, zinc, tembaga, maupun magnesium. Mineral ini membantu produksi sel darah merah, menjaga metabolisme sel, dan memelihara sistem pencernaan. Manfaat inilah yang dibutuhkan penderita penyakit vertigo, yakni menjaga tubuh agar tidak kehilangan keseimbangan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

Ketumbar obat vertigo -ketumbar ubat penyakit vertigo -khasiat buat bit untuk vertigo -

Content Protection by DMCA.com