Penyakit Tipes Pada Anak dan Penanganannya Secara Herbal

Satu jenis penyakit yang rentan menyerang saat kondisi tubuh sedang menurun akibat terlalu capek adalah penyakit tipes. Tipes atau tifus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman salmonella typhi yang menyerang saluran pencernakan. Kuman ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia karena menggunakan alat makan atau mengonsumsi bahan makanan yang terkontaminasi kuman ini. Berikut ini adalah informasi tentang penyakit tipes yang sebaiknya Anda ketahui.


Penyakit tipes pada anak - Shutterstock

Penyakit tipes pada anak – Shutterstock

Sekilas Tentang Penyakit Tipes

Tak hanya menyerang orang dewasa, penyakit tipes pada anak juga memungkinkan untuk terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Selain karena kontaminasi pada peralatan makan, kuman penyebab penyakit tipes juga berada pada makanan yang telah basi, kotor, atau daging mentah. Kuman ini kemudian tertelan ke dalam usus melalui makanan atau minuman dan tiba di usus halus dan menggerogoti usus penderita hingga terluka bila tak segera dilakukan penanganan medis.

Penyakit tipes dan gejalanya bisa terlihat dari kondisi demam selama lebih dari seminggu hingga 10 hari tetapi hanya pada sore hingga malam hari. Di pagi hari demam akan turun dan penderita tampak sehat. Bila diamati, lidah pasien terlihat keruh dan kotor sementara pada bagian pinggirnya berwarna merah. Pada umumnya penderita juga merasa mual dan kehilangan nafsu makan serta mengalami gangguan pencernakan seperti diare atau justru sembelit. Biasanya penderita menjadi tidak bersemangat karena merasa lemas dan pusing.

Pepaya muda, obat herbal untuk penyakit tipes – Shutterstock

Pepaya muda, obat herbal untuk penyakit tipes – Shutterstock

Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Tipes

Selain pengobatan medis Anda juga dapat mengoba obat herbal atau alternatif agar penyakit ini bisa cepat disembuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara mengolahnya:

Resep 1: Ramuan Kunyit Plus Sambiloto

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 3 buah kunyit segar, 3 lembar daun sambiloto segar, 1 batang serai. Cuci semua bahan hingga bersih lalu haluskan menggunakan blender atau ditumbuk hingga benar-benar lumat. Selanjutnya campurkan bahan dengan air panas atau diseduh kemudian disaring. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari sampai penyakit sembuh.

Ramuan kunyit untuk penyakit tipes – Shutterstock

Ramuan kunyit untuk penyakit tipes – Shutterstock

Resep 2: Ramuan Pepaya

Untuk membuat ramuan yang kedua bahan yang harus Anda siapkan adalah sabuah pepaya yang masih muda yang dicuci sampai bersih dan dikupas. Kemudian parutlah buah pepaya hingga halus lalu seduh dengan air hangat. Saring ramuan dan langsung dikonsumsi oleh penderita tipes. Agar memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya ramuan ini dikonsumsi dua kali sehari hingga sembuh. Selain menggunakan pepaya muda sebagai ramuan obat, Anda juga dapat mengonsumsi pepaya matang secara langsung saat terserang tipes. Pepaya akan membantu melancarkan pencernakan Anda.

Agar lebih cepat pulih sebaiknya penderita penyakit tipes beristirahat total di tempat tidur dan tidak banyak bergerak. Selain itu konsumsilah makanan yang mudah dicerna mengingat kondisi pencernakan tengah bermasalah dan minumlah obat sesuai rekomendasi.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat tipes; obat sakit tipes untuk anak; tipes pada anak; cara mengobati penyakit tipes pada anak; obat tipes alami untuk anak; obat tipes anak; obat tipes pada anak; penyembuhan tipes pada anak; cara mengobati tipes pada anak; tipus pada anak;

Content Protection by DMCA.com