Penyakit Stroke dan Penanangannya Melalui Terapi

Siapa yang tidak mengenal penyakit stroke? Stroke merupakan penyakit mematikan dan paling banyak menyerang umat manusia. Penyakit ini menyerang tanpa memandang usia. Anak muda dengan pola hidup tidak sehat dan seimbang juga bisa mengalaminya. Mengenali penyakit ini diawal akan menyelamatkan hidup Anda, karena stroke bisa datang tanpa gejala dan terjadi dengan tiba-tiba.

Penyakit stroke

Penyakit stroke (Sariasih)

Apa itu Penyakit Stroke?

Stroke merupakan gangguan kondisi tubuh akibat tersumbatnya suplai darah ke jaringan pembuluh darah pada otak. Kekurangan pasokan darah pada otak menyebabkan terjadinya beberapa reaksi biokimia yang mampu merusak bahkan mematikan sel-sel otak. Kematian sel ini mampu mematikan kerja seluruh jaringan tubuh yang dikendalikan olehnya. Stroke ada dua kategori yaitu kategori berat dan ringan.

Stroke yang berat adalah stroke dengan kondisi pasien kritis yang disebabkan pecahnya pembuluh darah di kepala dan merembes ke bagian lain dalam otak. Sedangkan penyakit stroke ringan adalah stroke yang disebabkan tersumbatnya aliran darah ke kepala. Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh kolesterol atau lemak jahat dalam darah. Stroke ini biasanya masih memungkinkan pasien sembuh dengan penanganan yang tepat dan perawatan pasca stroke yang sesuai.

Penyakit Stroke dan Penanganannya

Penyakit stroke dan penanganannya dapat dikelompokkan berdasarkan berat atau tidaknya kondisi penderita. Stroke dengan kategori berat dapat disembuhkan melalui operasi, yaitu operasi pembedahan bagian kepala. Sedangkan stroke kategori ringan dapat dilakukan dengan cara pemberian obat pengencer darah 3 jam pasca stroke. Penanganan penyakit ini harus cepat demi keselamatan nyawa pasien. Lebih cepat lebih baik, karena sel-sel pada otak belum rusak parah. Namun jika terlambat, tidak hanya menyebabkan kelumpuhan namun berujung pada kematian.

Penyakit stroke dan penyembuhannya pasca terserang merupakan hal terpenting. Kesembuhan pasien akan sangat tergantung sekali kepada perawatan pasca stroke. Di antaranya adalah menjaga pola asupan makanan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh pasien yaitu makanan yang memicu penyebab stroke seperti makanan asin atau mengandung kolesterol tinggi.

Terapi penyembuhan stroke

Penyembuhan lainnya adalah dengan melakukan terapi kepada sang ahli. Terapi dipercaya mampu menyembuhkan pasien dari trauma stroke. Beberapa terapi yang dilakukan adalah latihan berjalan. Biasanya pasien stroke akan mengalami kelumpuhan pada beberapa anggota tubuhnya terutama kaki. Terjadi ketidakseimbangan gerak pada bagian tubuh yang mendapat serangan. Sehingga bagian-bagian inilah yang perlu dilatih fungsinya agar normal kembali oleh para terapis.

Terapi bisa dilakukan dengan konvensional maupun robotik. Jika konvensional, terapi dilakukan dengan bantuan tenaga si pasien sendiri. Sedangkan dengan robot, si pasien dibantu oleh robot untuk berlatih jalan. Sekarang pemanfaatan robot dalam terapi jauh lebih menyembuhkan pasien secara cepat dan sangat membantu. Terutama mereka yang sudah tua dengan tenaga yang terbatas.

Keberhasilan terapi juga dipengaruhi dukungan keluarga. Keluarga yang perhatian kepada pasien seperti mengantar pasien untuk terapi atau menemani pasien akan membangkitkan semangat pasien untuk sembuh. Penderita penyakit stroke yang didukung sepenuhnya oleh keluarga lebih cepat sembuh dibandingkan yang tidak. Hal ini berhunbungan dengan psikologis pasien. Sugesti positip dan semangat dari jiwa seseorang akan sangat berpengaruh kepada kesehatan fisiknya. Oleh sebab itu terapi dan dukungan keluarga menjadi dua faktor utama dalam proses penyembuhan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

terapi stroke ringan -therapy stroke ringan -Terapi stroke -akibat datang pnyakit STRUK -terapi ringan untuk struk -terapi sehat untuk penyakit stroke -terapi sembuh dari strok -terapi stroke di rumah -terapi stroke ringan tanpa obat -terapi struk -Terapi Struk Ringan -terapi untuk pasien stroke -terapi untuk struk ringan -terapi yang dilakukan pada pasien stroke -trafi struk biar cepat sembuh -terapi obat stroke -stroke ringa -penyakit struk terapi rtfg -Apa ada terapi stroke -apakah stroke ringan bisa sembuh -Cara mengobati strok ringan -cara merawat strok pemikiran -cara perawatan penderita strok supaya sembuh -cara terapi alami stroke ringan -cara terapi stroke -cara terapi stroke di rumah -cara terapi stroke ringan -free cara merawat pasien sakit strock berat -kenapa sakit stroke di operasi -melatih berjalan pasca stroke -membangkitkan tenaga setelah strok -penyakit strok apakah harus makan obt dr biar sembuh -trapi untuk penyakit stroke -

Content Protection by DMCA.com