Penyakit Pes dan Cara Cerdas Menghindarinya

Meskipun penyakit pes jarang terjadi pada masyarakat Indonesia, namun jenis penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi antara manusia dan juga hewan melalui hewan pengerat dan tingkat kematian yang ditimbulkan sangat tinggi bila tidak segera diobati. Salah satu penyebab utama dari penyakit pes adalah hewan pengerat atau tikus melalui banyak media sehingga tindakan pencegahan harus segera dilakukan.


Penyakit pes dan pencegahannya

Penyakit pes dan pencegahannya

Cara Mencegah Penularan Penyakit Pes

Berikut adalah beberapa cara atau tindakan yang perlu anda lakukan untuk mencegah dan menghindari penularan pes:

Menempatkan hewan di luar

Apabila Anda memiliki hewan peliharaan ataupun hewan ternak, maka cobalah untuk memvaksin hewan-hewan tersebut sehingga bisa tahan dari serangan virus dan bakteri penyakit ini yang disebabkan oleh tikus. Namun jika Anda tidak sempat untuk membawa hewan peliharaan Anda pada dokter yang tepat, maka tempatkanlah hewan peliharaan di luar rumah atau buatlah lkandang tersendiri yang jaraknya sedikit jauh dari rumah sehingga Anda tidak berkontak lamgsung dengan hewan tersebut.

Memperbaiki konstruksi rumah

Tikus bisa muncul di mana saja dan sudut rumah juga bisa menjadi sarang yang teduh dan lembab bagi tikus. Cobalah untuk menutup serta menghalangi jalan masuk hewan itu dengan cara memperbaiki lubang dan juga menutup sudut-sudut rumah yang bisa menjadi jalan bagi tikus. Loteng juga merupakan tempat serta sarang yang bagus untuk tikus sehingga Anda harus selalu membersihkan barang-barang di tempat tersebut supaya tikus tidak tinggal di dalamnya.

Membuka atap

Tikus memang selalu menyukai tempat yang gelap dan juga lembab sehingga untuk mengusir keberadaan mereka yang jumlahnya banyak, maka sebaiknya cobalah untuk membuka genting atau membuat atap dari kaca yang bisa dibuka atau ditutup kapan saja dan biarkanlah sinar matahari masuk ke dalamnya. Sinar matahari akan mengusir tikus dan juga memberikan kesan sehat pada rumah Anda.

Menyimpan bahan makanan dengan aman

Hal ini merupakan cara yang paling penting dan harus dilakukan untuk mencegah datangnya tikus masuk ke dalam rumah. Cobalah untuk menyimpan makanan di tempat yang tidak terjangkau oleh tikus seperti di dalam kulkas, disimpan di dalam lemari kedap udara, ataupun di dalam lemari gantung. Cobalah juga untuk tidak menyimpan makanan di dalam toples yang terbuat dari plastik karena tikus bisa menggigit wadah itu dan memakan isi di dalamnya.

Memelihara kucing

Apabila Anda tidak bisa menjaga rumah selama 24 jam karena kesbukan dan juga sulit untuk menjangkau tempat yang dilewati oleh tikus, maka cobalah untuk memelihara kucing di dalam rumah. Namun sebelum itu, lakukan vaksin terlebih dahulu untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh tikus. Kucing dikenal lebih ampuh mengusir tikus daripada menggunakan lem atau perangkap tikus.

Selain cara-cara tersebut, janganlah lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh utamanya tangan dan juga kaki setelah beraktivitas dari luar rumah sebagai langkah untuk mencegah penyakit pes dan juga menghentikan penyebaran virusnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apa vaksin pada penyakit pess; cara mencegah penyakit pes; manfaat penyakit pes tikus; penyakit pes pada marmut dan cara pencegahan; prnyakit pes dan cara prncegahanny;

Content Protection by DMCA.com