Penyakit Mata Yang Sering Terjadi Dalam Keseharian Kita

Mata adalah jendela dunia dan merupakan indera yang paling berharga dari panca indera kita. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata termasuk mengantisipasi kemungkinan terserang penyakit mata yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Bila penyakit yang menyerang penglihatan ini sudah menyerang tentu bukan hanya rasa tidak nyaman yang kita rasakan tetapi juga akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Penyakit mata dan anatomi mata

Penyakit mata dan anatomi mata (Sumber: Hftb)

Penyakit Mata Ikan

Walaupun bernama penyakit mata ikan, sesungguhnya penyakit ini tergolong sebagai penyakit kulit. Secara medis penyakit yang sering menyerang bagian kaki ini disebut sebagai plantar wart atau clavus. Walaupun tergolong penyakit kulit ringan, tetapi jika tidak segera diatasi maka penderita akan mengalami kesulitan untuk beraktifitas bila mata ikan ini membesar. Penyebab penyakit ini adalah penebalan pada kulit yang bisa bertambah parah hingga menjadi ulkus atau luka.

Penyakit mata ikan

Penyakit mata ikan (Sumber: Callusol)

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba cara yang sederhana dengan  beberapa langkah beirkut:

  • Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur sabun mandi antiseptik yang lembut hingga mata ikan menjadi lunak.
  • Setelah itu gosok bagian kulit yang menebal dengan sabun khusus atau batu apung secara perlahan agar tidak lecet.
  • Setelah itu keringkan kaki dengan handuk dan oleskan salep yang mengandung salisilat yang banyak dijual bebas.

Penyakit Mata Merah

Salah satu penyakit yang sering menyerang mata adalah penyakit mata merah atau konjungtivitis yang dapat terjadi pada anak-anak atau pun orang dewasa. Gejala yang terjadi adalah pelebaran pembuluh darah pada mata karena adanya peradangan pada kornea sehingga mata menjadi bengkak, berair, terasa pedih, dan keluar banyak kotoran mata. Mata merah ini bisa terjadi karena alergi, virus, atau bakteri.

Penyakit mata merah

Penyakit mata merah (Sumber: Segiempat)

Sebenarnya penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa diobati, tetapi jika Anda merasa tidak nyaman dokter akan merekomendasikan obat mata anti radang, anti bakteri, atau anti virus. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya jangan menyentuh atau mengucek mata dengan tangan kita yang mungkin dalam keadaan kotor. Penyakit mata ini juga menular sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan sesuatu yang terkena cairan mata orang yang sedang menderita penyakit konjungtivitis ini.

Penyakit Mata Glukoma

Penyakit mata glukoma terjadi karena tekanan cairan dalam bola mata yang terlalu tinggi karena ketidakseimbangan produksi cairan dan pembuangannya pada bola mata. Kondisi ini menyebabkan rusaknya syaraf-syaraf optik lembut yang bertugas membawa signal indera penglihatan kepada otak. Pada kondisi yang terburuk penderita bisa kehilangan penglihatannya.

Penyakit Mata Glukoma

Penyakit Mata Glukoma (Sumber: Cirisehat)

Penyakit glukoma ini bisa menyerang karena faktor usia dan keturunan atau genetik. Tentu saja peluang untuk terserang penyakit ini lebih besar jika adalah riwayat penyakit ini dalam keluarga Anda. Penyakit mata ini sebenarnya tak dapat sembuh total, tetapi dengan diagnosa dini dokter akan dapat mengontrol perkembangan penyakit dengan cara konsumsi obat-obatan, operasi, atau terapi laser. Lakukan cek up mata secara teratur untuk menjaga kesehatan mata dan agar terhindar dari penyakit yang dapat mengancam penglihatan Anda.

Content Protection by DMCA.com