Penyakit Lupus: Infeksi Bakteri atau Sistem Kekebalan Tubuh?

Tuntutan kehidupan modern membuat banyak masyarakat kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Tentu hal itu dapat memicu kedatangan berbagai penyakit yang akan membahayakan diri mereka sendiri. Hal tersebut dapat ditengok dari waktu istirahat, olahraga dan juga pola makan yang tak teratur. Salah satu penyakit yang lazim ditemukan adalah penyakit lupus. Penyakit ini cukup sulit untuk dikenali karena gejala yang diperlihatkan mirip dengan tanda-tanda penyakit lainnya. Akibatnya, penderita maupun keluarga baru menyadarinya setelah penyakit mencapai tahap akhir yang membahayakan.

Penyakit lupus

Penyakit lupus

Jenis Penyakit Lupus

Seorang ahli kesehatan bernama Dr. Rahmat Gunadi menjelaskan bahwa lupus merupakan “penyakit sistem imunitas, di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing”. Penyakit ini memang sulit didiagnosa. Sejumlah ahli pengobatan menjelaskan bahwa lupus tidak disebabkan oleh bakteri atau kuman. Ada yang mengatakan bahwa penyakit lupus adalah suatu penyakit yang sama ganasnya seperti kanker.

Tipe lupus yang sering ditemui adalah sebagai berikut:

  • Discoid lupus erythematosus; jenis ini biasanya terjadi hanya pada kulit dan berbentuk seperti ruam. Letaknya terdapat pada leher, wajah dan juga kulit kepala.
  • Systemic lupus erythematosus; lupus dengan jenis ini menyerang bagian tubuh manapun. Penyakit lupus dan pengobatannya dapat diketahui melalui konsultasi lebih lanjut dengan tenaga kesehatan. Pasalnya, kondisi ini lebih serius dan dapat menyerang paru-paru, darah, kulit, ginjal dan sendi.
  • Drug-induced lupus erythematosus; lupus tipe ini lebih mengarah pada obat tertentu yang dikonsumsi penderita. Gejala dan tanda dari vertigo jenis ini biasanya akan hilang ketika penggunanya berhenti mengkonsumsi obat jenis lupus.
Gejala-gejala Systemic lupus erythematosus

Gejala-gejala Systemic lupus erythematosus

Apakah Penyakit Lupus Menular?

Sebenarnya, tidak sedikit masyarakat yang positif terinfeksi lupus. Sayangnya, para penderita umumnya tidak mengetahui keberadaan maupun penyebabnya, sehingga tidak bisa melakukan upaya pencegahan. Namun, apakah penyakit lupus menular? Jawaban atas pertanyaan itu sampai detik ini masih menuai kontroversi. Ada beberapa penjelasan tentang hal yang dapat menyebabkan terjadinya lupus. Di antaranya adalah faktor hormonal, genetik dan juga lingkungan.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa penyakit lupus disebabkan oleh kelebihan dari zat kekebalan tubuh, atau autoimmune. Namun, menurut peneliti khusus masalah vertigo “dr. Entjep Hadjar” Sp.THT penyebab dari penyakit ini sebenarnya adalah gangguan pada daerah syaraf dalam atau masalah THT. Dengan demikian, lupus merupakan jenis penyakit yang tidak menular. Namun, hasil temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kenyataannya penyakit lupus adalah kebalikan dari sumber penyakit AIDS atau HIV. HIV terjadi karena penurunan atau berkurangnya sistem kekebalan tubuh manusia, bahkan tidak memiliki sumber kekebalan sama sekali, sehingga penderita mudah terserang berbagai jenis penyakit akibat tidak adanya perlindungan imun tubuh. Sebaliknya, lupus terjadi karena kelebihan kekebalan tubuh, sehingga muncul ke permukaan dengan berbagai bentuk.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit -penyakit lupus -############### -penyakit sistem kekebalan -penyakit lupus imunitas -penyakit kurang kekebalan tubuh -penyakit kelebihan kekebalan tubuh -penyakit imun ketahanan tubuh -infeksi virus lupus -herbal yg bisa mengatasi kelebihan imun tubuh -bakteri lupus -bagaimana mikroorganisme dapat menurunkan kekebalan tubuh manusia -tanda infeksi imunitas -

Content Protection by DMCA.com