Penyakit Lupus dan Pengobatannya Secara Alami di Rumah

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah suatu penyakit jaringan ikat yang ditandai oleh banyak gejala dan menyerang banyak organ. Penyakit lupus umumnya menyerang wanita usia subur dan cenderung menurun pada anak. Wanita berpeluang hingga 10 kali lipat lebih besar untuk terserang SLE dibanding pria. Faktor resiko lainnya adalah warna kulit; wanita berkulit gelap berpeluang lebih besar terserang SLE dibanding wanita berkulit putih.

Penyakit Lupus - Shutterstock

Penyakit Lupus – Shutterstock

Penyakit Lupus: Gejala dan Diagnosis

Hingga saat ini, belum ada zat khusus yang ditemukan dapat menyebabkan penyakit lupus secara langsung. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang mungkin berpengaruh. Di antaranya adalah fakto genetik, faktor lingkungan, dan pola respon kekebalan tubuh. Seperti dibahas sebelumnya, penyakit lupus adalah kondisi yang relatif sulit didiagnosis di tahap awal perkembangannya. Pasalnya, gejala yang muncul mungkin terlihat sama dengan gejala penyakit lain.

Gejala umum lupus hampir mirip dengan gejala penyakit lainnya. Namun, jika anda mengalami kelelahan yang berlebihan dan semakin memburuk, nyeri sendi, demam, dan ruam kulit, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Gejala penyakit lupus – Shutterstock

Gejala penyakit lupus – Shutterstock

Penyakit lupus dan Pengobatannya di Rumah

Pada dasarnya, penanganan pertama terhadap penyakit lupus adalah menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Penanganan penyakit lupus dan pengobatannya dapat dilakukan di rumah dengan langkah-langkah berikut:

Menangani stress dan rasa lelah

Cara pertama untuk menangani SLE adalah dengan mengendalikan stress anda hingga serendah mungkin. Anda bisa memulai dengan mengatur jadwal harian sesederhana mungkin dan sejenak melupakan tugas-tugas yang ada atau mendelegasikannya kepada rekan sekantor atau bawahan. Selain itu, latihan fisik ringan seperti jalan pagi, membersihkan rambut dan memijat kepala dapat membantu mengurangi stress. Anda jika bisa mencoba teknik relaksasi seperti yoga.

 

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit dapat membantu anda mengurangi gejala SLE. Untuk itu, hindari sinar ultraviolet A dan B dengan tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Paparan terhadap sinar matahari dapat memicu ruam kulit dan nyeri sendi, dan bahkan dapat memperburuk rasa lelah yang kerap dialami penderita penyakit lupus.

Penyakit lupus dan pengobatannya - Shutterstock

Penyakit lupus dan pengobatannya – Shutterstock

Gunakan obat untuk meringankan gejala

Untuk meringankan gejala yang dialami, penderita penyakit lupus juga dianjurkan untuk mengkonsumsi obat untuk meringankan gejala yang dialami. Di antaranya adalah:

  • Obat anti-inflamasi untuk meringankan gejala radang di dalam sistem tubuh
  • Expectorant, untuk membersihkan lendir dari paru-paru
  • Anti-rematik, untuk meringankan gejala nyeri sendi dan kaku

Selain itu, penanganan lain terhadap penyakit lupus adalah menjaga pola makan. Karena SLE juga sering dikaitkan dengan alergi makanan, ada baiknya anda mengatur pola makan, untuk menghidari ruam kulit yang dapat memperburuk kondisi tubuh anda. Anda bisa memulai dengan diet rendah kalori dan rendah lemak, karena keduanya telah terbukti dapat meringankan gejala pada penderita SLE; demikian juga dengan konsumsi suplemen selenium.

 

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara alami mengobati penyakit lupus -pengobatan tradisional penyakit lupus -obat tradisional penyakit lupus -obat lupus secara alami -obat herbal lupus yang alami -menjaga penyakit lupus -mengobati penyakit lupus pada wanita secara alami -Cara penyembuhan penyakit lupus -cara menyembuhkan penyakit lupus secara alami -cara menyembuhkan penyakit lupus -Cara mengobati penyakit lupus scra alami -cara mengobati lupus dengan alami -cara mengatasi lupus secara alami -Tip penyembuhan lupus scr alami -

Content Protection by DMCA.com