Penyakit Liver dan Upaya Pencegahannya pada Anak-Anak

Penyakit liver adalah salah satu kondisi yang berbahaya dan berpotensi mematikan. Penyakit yang menyerang hati ini jika dibiarkan tidak akan bisa disembuhkan kecuali dengan cara transplatasi hati. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menghindari penyakit ini, namun upaya pencegahan tentunya jauh lebih baik daripada harus mengobati sakit hati yang berkepanjangan dan menyiksa.

Penyebab dan Gejala Penyakit Liver

Penyebab dan Gejala Penyakit Liver (Sumber: Liver-medicine)

Penyakit ini ditandai dengan rusaknya fungsi hati. Kerusakan pada hati ini bermacam-macam;; salah satunya adalah penyakit liver sirosis. Sirosis hati merupakan kerusakan hati yang telah kronis. Kerusakan-kerusakan ini menyebabkan timbulnya jaringan parut yang mengakibatkan kontur hati tidak normal lagi. Kondisi ini mengganggu aliran darah, dan akhirnya mengganggu fungsi hati.

Penyebab dan Gejala Penyakit Liver

Liver  sirosis atau sakit liver lainnya disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat: tidak pernah berolahraga atau berolahraga terlalu keras tanpa diimbangi istirahat yang cukup, kurang mengkonsumsi buah dan sayur serta air putih, terlalu banyak mengonsumsi alkohol serta makan-makanan cepat saji dan tidak higienis. Semua ini menyebabkan penumpukan bakteri di dalam hati dan akhirnya menimbulakan kerusakan.

Namun, ada juga penyebab yang dibawa sejak lahir dan merupakan sebuah kelainan. Biasanya penyakit ini langsung terdeteksi pada saat baru lahir. Penyakit liver pada anak juga memiliki tingkatan kondisi tertentu, di mana setiap kondisinya juga memerlukan penanganan tersendiri. Di antaranya adalah atresia bilier, penyakit kuning, liver hepatitis, cacat hati bawaan dan lain-lain. Lalu, bagaimana anda mengidentifikasi jika buah hati anda terkena penyakit ini? Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah melihat adanya kelainan, seperti:

  • Hilangnya nafsu makan
  • Demam akibat infeksi
  • Mual dan muntah yang dibarengi dengan diare
  • Badan dan mata yang menguning
  • Urine berwarna coklat tua
  • Berat badan anak tidak bertambah
  • Tinja berwarna pucat, putih, atau seperti tanah liat
Tubuh berwarna kuning menunjukkan adanya gangguan hati pada bayi

Tubuh berwarna kuning menunjukkan adanya gangguan hati pada bayi (Sumber: Cara-mengobatipenyakitmaagkronis)

Pencegahan Dini Terhadap Penyakit Liver pada Anak

Setiap orang berpotensi untuk terjangkit penyakit ini meskipun tidak memiliki kelainan genetis. Maka dari itu, upaya pencegahan harus segera digalakkan untuk mengurangi resiko kematian karena penyakit ini. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan yang perlu anda lakukan:

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Contoh sederhananya adalah mencuci tangan setelah dan sebelum makan sehingga dapat terhindar dari bakteri-bakteri dari alat-alat makan yang digunakan. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus mengajari buah hati anda untuk membiasakan hal ini.
  • Rajin mengkonsumsi air mineral 8-10 gelas sehari juga dapat membantu menghambat potensi perkembangbiakan virus di dalam tubuh.
  • Mengecek kondisi tubuh secara rutin untuk mengetahui adanya penyakit ini sedini mungkin. Dengan cara ini, upaya identifikasi penyakit liver dan pengobatannya dapat dilakukan sedini mungkin. Pasien masih berpotensi sembuh total jika penyebaran bakteri masih belum terlalu luas.
  • Mengatur pola hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Penyakit liver memang tidak mudah dihadapi. Namun, dengan penanganan yang tepat, maka perkembangannya bisa dihambat. Setelah sembuhpun hati tidak boleh lagi diperlakukan dengan kondisi yang sama karena kemungkinan bakteri akan muncul lagi.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

liver pada anak -gejala gangguan fungsi hati pada bayi -Gejala gangguan hati pada anak -Sebutkan berapa beratnya hati pada anak -pembengkakan hati pada bayi -ciri ciri penyakit hati pada bayi -penyebab kerusakan hati pada bayi -penyebab liver pada anak -penyakit liver pd anak -penyebab anak baru lahir kena penyakit hati -penyebab gangguan fungsi hati bagi balita -penyebab gangguan fungsi hati pada balita -penyebab liver besar pada anak -Penyebab hati keras pada anak2 -obat gejala lifer buat anak usia 2tahun -penyakit liver pada balita -obat liver bayi -obat liver bengkak untuk anak anak -obat liver pada anak kecil -pembekakan hati pada bayi -pembengkakan hati pada anak kecil -pencegahan dini penyakit liver -penyakit hati bawaan -penyakit hati dan pencegahannya -penyakit hati pada bayi -penyakit kuning anak balita umur 11 bln -penyakit liver pada anak -penyebab liver pada balita -penyebab pembengkakan hati pada baby -tanda bayi terkena liver -tanda gejala penyakit liver pada anak -tanda kerusakan hati pada bayi -tanda sirosis hati pda bayi -tanda tanda bayi mempunyai masalah hati -tanda tanda bayi mengidap atresia biller -tanda tanda liver pada anak -tanda tanda penyakit hati pada bayi -tanda-tanda bayi ada masalah hati -tanda-tanda penyakit hati pada kanak-kanak -tanda-tanda penyebab pencegahan dan pengobatan penyakit hati -tanda bayi penyakit hati -tanda bayi mengalami kerusakan hati -Penyebab pembengkakan hati pada bayi -penyebab penyakit liver anak anak -penyebab penyakit liver pada -penyebab sakit liver pada bayi -penyebab sakit liver pd anak -penyebab sirosis pd bayi usia 9 bulan -penyebab skit liver pd balita n cr pengobatane -peyebab pykit sirosis atresia bilier it ap peyebabx -

Content Protection by DMCA.com