Penyakit Kulit Herpes Zoster vs Herpes Simplex

Penyakit kulit herpes disebabkan oleh sebuah virus yang bisa menimbulkan bintik-bintik merah pada bagian kulit tertentu yang jumlahnya banyak serta sangat terasa perih, gatal, dan juga panas serta kondisi bisa menjadi lebih parah apabila tidak diobati dengan cepat. Pada dasarnya, terdapat dua jenis hepers yaitu simplex dan juga zoster; keduanya memiliki beberapa perbedaan.


Penyakit Kulit Herpes - Fotolia

Penyakit Kulit Herpes – Fotolia

Persamaan Penyakit Kulit Herpes Zoster dan Herpes Simplex

Apabila Anda ingin mengambil tindakan pencegahan serta pengobatan yang tepat, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu persamaan dari penyakit kulit herpes zoster dan simplex di antarannya:

  • Memiliki gejala fisik yang sama; Biasanya penderita herpes baik simplex maupun zoster akan terkena demam yang tinggi disertai dengan pusing karena penyakit herpes baru berkembang dalam tubuh.
  • Efek samping yang sama; Baik penderita herpes simplex maupun zoster akan mengalami rasa gatal pada bagian tubuh tertentu serta munculnya bintik-bintik merah yang sifatnya berkelompok dan jika digaruk, gelembung kecil itu mengeluarkan air dan akan timbul luka. Selain itu, bintik-bintik tersebut akan terasa panas dan juga perih apabila terkena air.
  • Mengalami kelelahan; Gejala lainnya yang dialami oleh penderita penyakit herpes zoster dan juga simplex adalah nyeri di bagian persendian tulang sehingga bisa menyebabkan kelelahan yang ekstrim walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat.
Contoh Manifestasi Herpes Simplex - Fotolia

Contoh Manifestasi Herpes Simplex – Fotolia

Walaupun terdapat beberapa persamaan dari kedua jenis penyakit herpes tersebut, ternyata masih ada beberapa perbedaaan dari penyakit kulit herpes simplex dan zoster.

Perbedaan Penyakit Kulit Herpes Simplex dan Zoster

Berikut adalah perbedaan antara dua penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes ini.

Gejala Penyebaran

Herpes zoster merupakan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang seluruh permukaan kulit khususnya bagian badan, baik punggung, bagian depan, leher, dan bagian kulit lainnya di permukaan tubuh. Selain itu, herpes ini adalah jenis penyakit kulit yang sering menimpa semua orang dari berbagai umur mulai anak-anak sampai dengan manula. Namun penyakit zoster bisa disembuhkan dengan cepat bila segera diobati dengan salep khusus sehingga bintik-bintik menajdi kering.

Sementara herpes simplex merupakan jenis penyakit kulit genita yang hanya bisa menyerang bagian-bagian tertentu seperti bibir, mulut dan juga alat kelamin sehingga penyakit ini sangat jarang terkena pada manusia dan sangat sulit untuk disembuhkan.

Contoh manifestasi herpes zoster - Fotolia

Contoh manifestasi herpes zoster – Fotolia

Cara Penularan

Pada dasarnya semua penyakit herpes menular, namun tingkat penularan dari masing-masing jenis berbeda. Penyakit herpes zoster bisa menular melalui virus yang dibawa oleh udara dan biasanya terhirup oleh orang yang sehat, kemudian virus berkembang di dalam tubuh. Selain itu, sentuhan dengan penderita secara langsung juga bisa menularkan penyakit tersebut.

Untuk penyakit herpes simplex, penularannya terjadi melalui hubungan intim secara langsung dengan si penderita sehingga virus bisa dengan mudah menempel ke bagian tubuh orang yang sehat lalu menjadi penyakit.

Semoga beberapa informasi tentang perbedaan dan persamaan dari penyakit kulit herpes baik zoster maupun simplex bisa menambah pengetahuan Anda dalam bidang kesehatan sehingga bila ada anggota keluarga yang terkena penyakit tersebut, maka Anda bisa mengobatinya dengan cepat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

madu untuk penyakit herpes zoster; herpes simplek parah; herpes simplex adalah vs hepes zoster; herpes zoster bisa menyebabkan herpes simplek; herpes zoster yang parah; lebih parah herpes zooster atau herpes simpleks; perbedaan herpes zoster dan herpes simplex;

Content Protection by DMCA.com