Penyakit Kolesterol Tinggi? Hindari Pantangan Berikut…..

Banyak yang berasumsi bahwa kolesterol selalu identik dengan kondisi kesehatan yang buruk. Padahal, tidak sepenuhnya demikian. Memang benar bahwa penyakit kolesterol tinggi sangat berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Namun, itu terjadi jika kolesterol yang ada di dalam tubuh anda adalah kolesterol jahat. So, sebenarnya, ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh manusia, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).


Resiko penyakit kolesterol tinggi - Shutterstock

Resiko penyakit kolesterol tinggi – Shutterstock

Makanan bagi Penderita Penyakit Kolesterol

Makanan Pantangan

Tingginya kadar LDL di dalam tubuh (lebih dari 159 mg/dl) membuat resiko stroke, penyakit jantung, maupun pembuluh darah pecah semakin tinggi. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, anda dianjurkan untuk menyeleksi makanan dan minuman yang anda konsumsi secara selektif.

Seperti dibahas pada artikel tentang makanan pantangan penderita kolesterol tinggi dan asam urat tinggi, beberapa makanan boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit dan sebagian lagi harus benar-benar dihindari.

  • Makanan pantangan seperti jeroan, kuning telur ayam, telur puyuh, otak sapi dan otak babi adalah pantangan utama, karena kandungan kolesterol yang sangat tinggi.
  • Makanan berbahaya karena kandungan kolesterol yang tinggi, seperti santan, susu sapi full cream, kerang putih, kopi yang ditambah creamer atau susu sapi, jeroan kambing, coklat, dan margarin/mentega
  • Makanan yang sebaiknya dihindari karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi seperti daging sapi berlemak, siput, keju, belut, udang, sosis daging, kerang, kepiting, dan gajih sapi/babi
  • Makanan yang boleh dikonsumsi (namun hanya sekali-kali), seperti iga sapi/babi, daging asap, ikan bawal dan burung dara
Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi - Fotolia

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi – Fotolia

Lalu, apa makanan yang aman dikonsumsi penderita penyakit kolesterol tinggi?

Makanan Yang Aman

Nah, selain list makanan yang boleh dan harus dihindari penderita kolesterol tinggi, sebenarnya ada makanan yang aman untuk anda. Di antaranya:

  • Daging ayam tanpa kulit
  • Daging sapi/babi/kambing tanpa lemak
  • Susu sapi tanpa lemak
  • Daging kelinci
  • Ikan air tawar
  • Putih telur ayam
  • Sayuran dan buah-buahan
Makanan sehat untuk kolesterol tinggi - Shutterstock

Makanan sehat untuk kolesterol tinggi – Shutterstock

Olah Raga Pada Penderita Penyakit Kolesterol 

Idealnya, olah raga adalah bagian dari gaya hidup sehat untuk siapa saja. Namun, anda penderita penyakit kolesterol tinggi harus hati-hati dalam memiliki aktivitas olah raga. Anda mungkin pernah mendengar berita tentang public figure yang tiba-tiba meninggal setelah berolah raga. Itu adalah salah satu resiko yang mungkin terjadi jika penderita kolesterol tinggi melakukan olah fisik yang berat.

Olah raga membuat kerja jantung menjadi lebih berat. Akibatnya, penderita bisa mengalami serangan jantung atau stroke secara tiba-tiba. Resiko lainnya adalah pembuluh darah pecah. Kolesterol tinggi menimbulkan plak yang melekat pada pembuluh darah, dan olah raga bisa membuat plak terlepas dan ikut terbawa aliran darah. Jika pembuluh darah yang dilalui kecil, maka bisa terjadi penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah. Semoga informasi tentang penyakit kolesterol dan pantangannya bermanfaat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bolehkah penderita kolesterol minum susu; susu full krim tinggi kolestrol?; kolesterol boleh minum susu; klo koletrol tinggi pengen minum susu susu apa ya; jengkol bikin kolestrol apa tidak; ikan bawal buat penyakit hati; bolehkah prenagen esensis dikonsmsi penderita kolestrol; bolehkah penderita kolesterol minum susu full cream; apakah susu pulkrim tinggi kolesterol; apakah penderita kolestrol boleh minum susu kambing full cream;

Content Protection by DMCA.com