Penyakit Hernia, Dapat Diatasi, Dihindari, dan Disembuhkan

Penyakit hernia atau di masyarakat umum dikenal dengan istilah turun berok merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan berisi materi abnormal. Secara medis, penyakit ini lazim diderita oleh kebanyakan pria dewasa di daerah rongga perut. Penyebabnya bermacam-macam; ada yang disebabkan oleh faktor genetis karena terdapat sel yang sudah tertanam sejak lahir, namun ada juga yang muncul secara mendadak karena cedera ataupun hal lainnya.

Penyakit Hernia

Penyakit Hernia (Sumber: Pinterest)

Ciri-Ciri dan Penyebab Penyakit Hernia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hernia dapat muncul karena bawaan genetis (congenital) atau didapat secara tiba-tiba (akuisita). Penyakit ini sendiri dikelompookan berdasarkan letak serta sifatnya. Penanganan paling lazim adalah melalui operasi, sehingga tidak sampai menimbulkan efek yang lebih buruk pada tubuh. Oleh sebab itu, setiap orang semestinya dapat mengidentifikasi tubuh kondisi-kondisi tertentu yang mengarah pada hernia dengan cara memahami ciri-cirinya.

Penyakit ini lebih sering ditemukan pada pasien laki-laki meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pasien wanita. Penyakit ini dapat diidentifikasi dengan timbulnya tonjolan di lipatan paha atau di permukaan perut. Ini disebut hernia inguinal dan sangat sering ditemui. Saat penderita mengejan, biasanya akan timbul nyeri di bagian tonjolan. Penyakit hernia pada lelaki dapat menimbulkan tonjolan sampai pada buah zakar.

Mengangkat beban berat dengan posisi yang salah dapat memicu hernia

Mengangkat beban berat dengan posisi yang salah dapat memicu hernia (Sumber: Pinterest)

Selain itu, hernia dapat disebabkan oleh lemahnya dinding organ perut sehingga tidak terlalu kuat menahan tekanan. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada penyakit hernia pada anak karena mereka terlahir sudah dengan kondisi tersebut. Namun, pada orang dewasa penyakit ini biasanya dimulai dari kebiasaan mengejan saat mengangkat barang-barang berat sehingga terdapat tekanan pada organ di dalam perut. Oleh sebab itu, jika anda diketahui berpotensi menderita penyakit hernia, maka disarankan untuk menghindari kegiatan yang dapat memicunya, seperti menggunakan teknik mengangkat yang benar, menurunkan berat badan kearah proporsional, berolahraga, dan lainnya.

Penyembuhan Penyakit Hernia

Penyakit hernia pada wanita, lelaki, dan anak-anak memiliki tingkatan yang berbeda-beda. hernia yang timbul karena bawaan dapat dioperasi sesuai jadwal yang diperbolehkan; misalnya, menunggu sampai anak berusia lebih besar. Namun untuk hernia yang datang secara mendadak, operasi secepatnya perlu dilakukan karena jika tertalu lama akan menyebabkan terjepitnya usus. Hal ini akan sangat berbahaya karena usus bekerja untuk menyerap zat makanan dan memisahkannya dari zat sisa maupun toksin.

Meskipun saat ini penyakit hernia sudah dapat diatasi dengan terapi obat-obatan herbal, tak ada salahnya anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter agar anda mendapatkan rekomendasi gaya hidup dan pola makan yang dapat meminimalisir resiko hernia maupun untuk mencegah kekambuhan. Menurut penelitian, penyakit ini dapat timbul lagi jika pasien melakukan hal yang menjadi pemicunya, terlebih mereka yang telah memiliki hernia sejak lahir.