Penyakit Hepatitis B Salah Satu Penyakit Organ Vital Hati

Penyakit hepatitis b adalah peradangan hati karena toxin, seperti kimia, obat-obatan, atau agen penyebab infeksi. Penyakit hepatitis jika berlangsung dari 6 bulan kurang dinamakan hepatitis akut, sedangkan penyakit hepatitis berlangsung 6 bulan lebih dinamakan hepatitis kronis. Penyebab hepatitis biasanya karena virus yang terdapat pada makanan tidak bersih dan hubbungan intim tidak sehat. Namun, dapat disebabkan juga oleh infeksi virus lain, seperti demam kuning, virus mononukleosis infeksiosa, dan infeksi sitomegalovirus. Sedangkan untuk hepatitis yang disebabkan selain virus adalah obat-obatan dan minuman keras atau alkohol. Penyakit hepatitis bisa dikatakan sebagai penyakit berbahaya karena yang diserang adalah organ vital yaitu hati manusia. Selain itu, penyakit hepatitis bisa disebabkan metabolisme yang abnormal karena timbunan lemak berlebihan di hati. Kondisi tersebut sering dialami wanita selama kehamilan karena pola makan salah atau unsur tembaga yang berlebihan di hati dan otak.

Penyakit Hepatitis B (nytimes)

Penyakit Hepatitis B (nytimes)

Waspadai Tanda-Tanda Penyakit Hepatitis B

Gangguan yang terjadi pada hati sering tidak terlihat jelas kecuali jika kondisi penyakitnya sangat parah. Karena organ hati manusia diciptakan dengan regenerasi cepat. Beberapa gejala yang harus diwaspadai adalah warna kulit berubah jadi kuning, warna urine jadi coklat, berat badan turun karena nafsu makan berkurang, menjadi cepat lelah, terasa nyeri pada bagian atas perut, dan badan terasa meriang.

Apabila telah merasakan beberapa gejala di atas maka Anda harus waspada bisa saja terkena penyakit hepatitis b perawatan harus segera dilakukan agar tidak semakin parah menjadi hepatitis kronis. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memeriksakan pada dokter atau rumah sakit terdekat supaya mengetahui jenis penyakitnya.

Penanganan Tepat Penyakit Hepatitis B

Bagi orang yang menderita hepatitis b pasti sering bertanya sendiri di dalam hati atau bertanya pada dokter yaitu apakah penyakit hepatitis bisa sembuh? Sangat bisa jika segera mendapatkan penanganan cepat dan tepat. Maka apabila Anda merasakan gejala seperti yang dijelaskan di atas lebih baik langsung bawa ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyakit hepatitis b dan pengobatannya ada dua cara yaitu:

  • Pengobatan oral

Biasanya akan diberi obat lamivudine dari nukleosida analog, biasa disebut 3TC. Obat lamuvidune bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Pemakaian obat lamuvidune dapat meningkatkan enzyme hati, maka penderita hepatitis b mendapatkan monitor yang bersinambungan dari dokter. Obat yang kedua adalah obat adefovir dipivoxil dengan pemberian oral akan efektif. Namun, mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi akan mempengaruhi fungsi ginjal. Untuk penderita hepatitis kronik diberi obat baraclude tapi memiliki efek samping saat dikonsumsi yaitu sakit kepala, letih, pusing, mual, dan peningkatan enzyme hati.

  • Pengobatan injeksi atau suntik

Pemberian injeksi microsphere mengandung partikel radioaktif sinar ß akan menghancurkan sel kanker pada hati tanpa merusak jaringan yang sehat lainnya. Suntikan Alfa Interferon diberikan subcutan dengan pemberian tiga kali seminggu dalam jangka waktu 12-16 minggu tapi juga bisa lebih. Efek samping dari pemberian suntikan adalah depresi, apalagi untuk penderita hepatitis yang memilki sakit depresi sebelumnya.

Pengobatan Hepatitis B dengan injeksi atau suntik

Pengobatan Hepatitis B dengan injeksi atau suntik

Pencegahan supaya terhindar dari hepatitis b dengan pemberian vaksin pada orang beresiko tinggi terkena virus, seperti pekerja kesehatan. Demikianlah artikel penyakit hepatitis b dan cara penanganan yang tepat.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit oran dalam sangat vital -Penyakit yg serang hati -yg disrrang oleh penyakit hepatitis -

Content Protection by DMCA.com