Penyakit Gula: Jenis dan Penanganannya

Makanan manis memang merupakan makanan yang selalu menyenangkan untuk dikonsumsi. Apalagi jika makanan tersebut seperti kue, es krim atau permen. Taukah anda jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa berdampak negatif? Penyakit gula atau yang umum disebut dengan diabetes salah satu penyakit yang bisa saja timbul dari kebiasaan mengkonsumsi makanan manis. Penyakit yang beresiko menurun kepada anggota keluarga ini memang merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia.

Makanan manis adalah salah satu penyebab penyakit gula

Makanan manis adalah salah satu penyebab penyakit gula

Penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis; yakni diabetes kering dan diabetes gula basah. Keduanya bisa dibedakan dari gejala dan nantinya juga akan mendapat penanganan medis yang berbeda pula. Meski begitu keduanya merupakan penyakit yang harus dihindari. Berikut informasi mengenai penyakit gula secara lebih lanjut.

Penyakit Gula Kering

Penyakit gula kering atau sering disebut juga penyakit diabetes kering disebabkan oleh kelainan gula darah dalam tubuh. Kelainan ini menyebabkan gula darah yang ada di dalam tubuh tidak dapat digunakan. Gejala yang umum timbul pada penderita gula kering atau yang biasa di sebut kencing manis ini adalah tubuh terasa lemas, mengalami gangguan penglihatan, sangat mudah terinfeksi dan memiliki badan yang kurus meskipun memiliki nafsu makan yang tinggi.

Pola hidup yang sehat dan teratur menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh penderita penyakit gula kering. Pola makan empat sehat lima sempurna dengan menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi pilihan tepat. Penting untuk memperhatikan pola makan sebagai sebuah kebiasaan yang teratur. Mengkonsumsi makanan dengan komposisi yang tepat secara teratur akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Tentu anda harus mempunyai disiplin yang tinggi bagi kesehatan diri anda sendiri agar sehat selalu bisa anda miliki.

Penyakit Gula Basah

Satu lagi yang bisa mengganggu hidup kita, yakni penyakit gula basah. Secara umum kondisi ini hampir mirip dengan gula kering. Perbedaan keduanya ada di fase perkembangan dan keadaan fisik dari si penderita. Lebih jelasnya gula basah terjadi karena adanya infeksi pada jaringan kulit manusia, serta jaringan otot dan jaringan syaraf. Infeksi ini terjadi karena adalanya bakteri yang disebut dengan Clostridium Perfringen.

Gejala awal dari penyakit gula basah adalah susahnya sembuh dari luka. Dan jika dibiarkan bukan tidak mungkin si penderita harus menjalani mengamputasi salah satu bagian tubuh yang digerogoti oleh bakteri tersebut. Oleh karena itu, anda harus mengenali gejalanya lebih dini. Penting untuk belajar dan selalu ingin tahu dengan gejala yang mungkin timbul dalam diri anda.

Diet adalah salah satu usaha pasti untuk menghindari dan menangani penyakit gula darah tinggi. Komposisi yang tepat dalam diet ini adalah kadar gula darah yang tidak boleh berebih namun tetap memenuhi kebutuhan gula darah dalam tubuh. Buah dan sayur merupakan pilihan tepat sebagai pendukung diet anda. Makanan dengan kadar karbohidrat tinggi adalah makanan yang dipantangkan dalam diet ini. Tak ada salahnya mengumpulkan informasi yang tepat bagi kesehatan anda. Diet yang tepat dan pola hidup yang seimbang akan mendukung anda untuk jauh dari segala penyakit termasuk penyakit gula.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

gambar gula basah -

Content Protection by DMCA.com