Penyakit Diabetes dan Pengobatannya dengan Kulit Manis

Seperti namanya, kulit manis memiliki rasa yang manis dan berbau wangi. Orang-orang biasa menggunakannya sebagai bumbu dapur atau bahan campuran minuman. Tapi siapa sangka, rempah-rempah yang juga popular digunakan di Mesir, India dan China ini juga bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes atau kencing manis.

Penyakit diabetes – Shutterstock

Penyakit diabetes – Shutterstock

Penyakit diabetes adalah kondisi yang disebabkan kadar gula dalam darah yang meningkat. Peningkatan itu dipicu karena ketidakmampuan pankreas memproduksi hormin insulin yang berakibat terjadinya gangguan sistem metabolisme. Kelebihan kadar gula tersebut sering dikeluarkan melalui saluran air kencing.Itu sebabnya penderita diabetes lebih sering buang air kecil.

Tanda-tanda umum yang diperlihatkan penderita penyakit diabetes diantaranya

  • Sering buang air kecil pada malam hari
  • Sering merasa haus dan cepat lapar
  • Berat badan turun drastic
  • Penglihatan kabur
  • Sering kesemutan,
  • Luka sukar sembuh

Penyakit diabetes dan pengobatannya cukup rumit dan tidak bisa disembuhkan. Namun kadar gula darah tersebut bisa dikontrol. Sejumlah hasil penelitian mendukung kandungan yang terdapat dalam kulit manis bisa menekan tingginya kadar gula dalam darah. Meski demikian, khasiat kulit manis akan berbeda tergantung kondisi tubuh tiap orang.

Manfaat kulit manis untuk diabetes - Shutterstock

Manfaat kulit manis untuk diabetes – Shutterstock

Kandungan Kulit Manis untuk Penderita Diabetes

Beberapa peneliti menyatakan kandungan kulit manis terdiri dari sinamldehid yang merupakan turunan senyawa fenol. Sinamaldehid memiliki sifat anti-agregasi platelet. Dalam kata lain, sinamaldehid memiliki sifat mengurangi penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Selain itu kayu manis juga memiliki efek biomolekuler di pankreas. Kulit manis memiliki sifat fisik manis, hangat dan pedas dan beraroma wangi. Selain sinamaldehid, kandungan kimia kulit manis juga terdapat minyak atsiri, safrole, tannin, dammar dan kalsium oksamat.

Senyawa kimia tersebut bekerja mengaktifkan senyawa yang bisa menghasilkan insulin. Insulin bekerja membuka jalan untuk sel darah merah, untuk membantu perubahan gula menjadi energi. Ekstrak kayu manis juga merangsang kemampuan tubuh dalam merespon hormone insulin. Hal tersebut membuat pengolahan glukosa menjadi energy meningkat hingga 20 kali lipat.

Serbuk kulit manis untuk pengobatan diabetes – Shutterstock

Serbuk kulit manis untuk pengobatan diabetes – Shutterstock

Cara Menggunakan Kulit Manis untuk Pengobatan Diabetes

Pengolahan obat herbal kulit manis bisa dilakukan secara sederhana. Berikut beberapa cara yang sering dilakukan dalam mengolah kulit manis menjadi obat diabetes:

  • Rebus 10 gram kulit manis dalam air 400 cc. Sisakan hingga 100 cc, minum setelah dingin
  • Seduh kulit manis bubuk dalam air panas sebanyak 100 cc, kemudian minum selagi hangat.
  • Kulit manis juga bisa sebagai pengganti gula dalam hiangan daging, saus dan makanan pencuci mulut.

Seiring perkembangan zaman, ekstrak kulit manis sudah banyak tersedia dalam bentuk kapsul yang lebih praktis. Meski demikian, penggunaan kulit manis tidak serta merta menyembuhkan diabetes. Penderita penyakit diabetes tetap diwajibkan untuk menjaga pola makan agar kadar gula darah tetap seimbang. Fakta lain mengungkapkan, kulit manis memiliki senyawa kumarin yang kontradiksi dengan penderita penyakit liver. Oleh karena itu, penggunaan kulit manis sebaiknya tetap mengikuti saran dokter.

Content Protection by DMCA.com