Penyakit Chikungunya Bahaya Atau Tidak Bagi Kesehatan Tubuh

Penyakit chikungunya adalah sejenis penyakit disebabkan oleh alphavirus disebarkan gigitan nyamuk spesies Aedes aegypti. Kata chikungunya dari bahasa Swahili artinya posisi tubuh yang melengkung.  Mengacu pada postur tubuh penderita yang bungkuk diakibatkan nyeri sendi. Gejala chikungunya yaitu demam mendadak sampai 39 derajat Celcius, semua sendi akan terasa ngilu, terutama pada bagian lutut, jari kaki, pergelangan, tulang belakang, dan jari tangan disertai bintik-bintik merah pada kulit. terkadang juga sakit kepala dan fotofobia.

Penyakit chikungunya (nbcnews)

Penyakit chikungunya (nbcnews)

Chikungunya merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk maka dari itu harus selalu menjaga kebersihan lingkungan. Agar tidak ada tempat untuk berkembang biak dan sarang nyamuk. Dengan begitu selain terhindar dari nyamuk penyebab chikungunya juga terhindar dari demam berdarah.

Benarkah Penyakit Chikungunya Menyebabkan Kematian?

Chikungunya berbeda dengan penyakit demam berdarah yang bisa membuat nyawa seseorang tiada. Dengan penanganan yang benar penyakit chikungunya dan obatnya cukup biasanya dapat sembuh dalam waktu tujuh hari dan tidak menyebabkan kematian. Banyak anggapan di masyarakat jika demam chikungunya sebagai penyakit berbahaya, sehingga bisa membuat orang panik. Memang, ketika virus sedang berkembang biak dalam darah, penderita merasakan nyeri bagian tulangnya terutama seputar sendi, penderita tidak berani untuk bergerak. Namun, bukan berarti bisa mengakibatkan kelumpuhan tapi hanya keengganan penderita melakukan gerakan sebab rasa ngilu pada sendi. Masa inkubasi chikungunya berlangsung selama 2-4 hari. Manifestasi chikungunya berlangsung 3-10 hari.

penderita chikungunya dianjurkan makan makanan bergizi (republika)

penderita chikungunya dianjurkan makan makanan bergizi (republika)

Virus penyebab chikungunya termasuk self limiting disease artinya dapat hilang dengan sendiri. Namun, masih tertinggal rasa nyeri hingga berbulan-bulan karena tidak ada vaksin atau obat khusus chikungunya. Bagi penderita chikungunya dianjurkan makan makanan bergizi, karbohidrat cukup, dan minum yang banyak serta kabohidrat cukup. Perbanyak makanan buah segar, sebaiknya minum jus buah setelah lebih lima hari maka demam akan sedikit demi sedikit reda, rasa ngilu dan nyeri pada sendi akan berkurang, serta penderita akan sembuh seperti sedia kala. Vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit ini.

Cara Pengobatan Alami Penyakit Chikungunya

Pada dasarnya belum ada obat medis yang spesifik untuk chikungunya, tapi jangan putus asa bagi penderita chikungunya bisa mencoba pengobatan alternatif secara alami. Dengan empedu ayam kampung masih segar yang berusia 3-4 bulan. Penderita chikungunya harus memakan langsung empedu yang masih utuh tersebut setelah ayam disembelih. Jangan sampai empedu ayam kampung pecah karena rasanya akan pahit. Itulah penyakit chikungunya dan pengobatannya secara alami tapi akan lebih baik mencegah daripada mengobati.

penyakit chikungunya dan obatnya (obattradisional)

penyakit chikungunya dan obatnya (obattradisional)

Chikungunya vektornya sama penyakit DBD maka pencegahannya pun sama, diantaranya adalah tanam tanaman pengusir nyamuk, jaga kebersihan, tetap waspada melindungi diri dari gigitan nyamuk. Demikianlah artikel tentang penyakit chikungunya semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

bahaya chikungunya -bahayakah chikungunya -bahaya penyakit chikungunya -obat herbal dari bahan alam untuk cikumunya -bahaya nyamuk cikungunya -apakah cikungunya berbahaya? -dampak penyakit chikungunya -dampak terbesar penyakit cikungunya -makanan yang harus d makan setelah sakit cikumunya -nyamuk chikungunya berbahaya -nyamuk tikungunya bahaya tidak -pantangan cikumunya -penyakit cikungunyah itu bahaya ga c? -penyembuhan chikungunya dengan empedu ayam -resiko penyakit cikungunyah -cikungunyah bagi orang hamil bahaya tidak -chikungunya bahaya -apakah cikungunya menyebabkan kematian -asam urat mirip dengan chikungunya -ayam kena nyamuk cikumuna d sembelih d makan boleh pa gak ? -bahaya ciku -bahaya cikungunya -bahaya cikungunyah -bahaya cikyngunya -bahaya nyamuk cik -bahaya penyakit cikungunya -Bahayanya Cikungunya -seberapa bahanya penyakit chikunguyah -

Content Protection by DMCA.com