Penyakit Asma dan Pengobatannya dengan Jinten Hitam

Pengobatan herbal akhir-akhir ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat karena dinilai lebih hemat serta tidak memiliki efek samping lain yang berbahaya bagi kesehatan. Jinten hitam juga disebut-sebut sebagai bahan herbal alami yang bisa menyembuhkan penyakit asma baik untuk anak-anak maupun orang dewasa karena banyak kandungan senyawa baik yang berfungsi untuk meredakan penyakit tersebut secara signifikan.


Penyakit asma dan pengobatannya - Shutterstock

Penyakit asma dan pengobatannya – Shutterstock

Manfaat Jinten Hitam Untuk Penyakit Asma

Diketahui bahwa jinten hitam alias nigella sativa memiliki banyak sekali manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakti termasuk asma sebagai berikut:

Membantu mengobati asma

Jinten hitam mengandung thymoquinone yang merupakan senyawa aktif dan memiliki keunggulan yang lebih daripada fluticasone yang bisa melegakan saluran pernapasan yang disebabkan oleh asma karena memiliki sifat antiastmatic. Selain itu, kandungan senyawa dari jinten hitam juga mampu mengurangi intensitas dari batuk dan juga bunyi saluran pernapasan yang sesak akibat gatal dan juga asma.

Sebagai obat anti alergi

Asma juga bisa disebabkan karena adanya alergi yang memicu gangguan pernapasan. Berdasarkan penelitian di tahun 1993 menyatakan bahwa alergi disebabkan oleh adakanya pengkristalan dalam saluran pernapasan yang menhambat kinerja dari zat baik lainnya sehingga bisa menimbulkan reaksi histamin yang menyebabkan alergi tersebut. Obat penyakit asma yang tepat adalah jinten hitam yang mempunyai sifat volatil atau mudah menguap sehingga menyembuhkan penyakit ini.

Tanaman Jinten Hitam atau Nigella Sativa - Shutterstock

Tanaman Jinten Hitam atau Nigella Sativa – Shutterstock

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jinten hitam dikenal mampu mengembangkan pertumbuhan dari sel T yang dikenal sebagai pembuluh alami dalam tubuh yang berfungsi sebagai bioregulator untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh virus penyebab asma. Selain itu, kandungan senyawa aktifnya juga bisa memberikan perlindungan menyeluruh dari alergi.

Penyakit Asma dan Pengobatannya Dengan Jinten Hitam

Untuk penyakit asma dan pengobatannya, jinten hitam memang menjadi pilihan karena memiliki banyak sekali senyawa aktif yang baik, selain itu pembuatannya juga sangat mudah sebagai berikut:

  • Ramuan herbal jinten hitam: Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa mencampurkan satu sendok madu dengan setengah sendok teh minyak jinten hitam atau habatussauda. Campur dengan baik dan konsumsi di pagi hari sebelum Anda mulai sarapan dan juga setelah makan malam.
Manfaat minyak jintan hitam untuk mengobati asma - Shutterstock

Manfaat minyak jintan hitam untuk mengobati asma – Shutterstock

  • Kapsul habatus sauda: Untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari alergi penyebab asma, Anda bisa mengonsumsi satu kapsu habatus sauda atau jinten hitam dengan dosis dua kali sehari selama empat minggu sehingga sistem imun bekerja efektif.
  • Ramuan biji jintan hitam: Untuk melegakan tenggorokan yang radang akibat asma, maka Anda bisa mencampurkan satu sendok makan jintan hitam yang masih berupa biji ke dalam cangkir dan tuangkan air panas ke dalamnya. Tutup cangkir selama 10 menit dan minumlah selagi hangat.

Semoga dengan mengetahui manfaat serta cara mengolah jintan hitam untuk penyakit asma ini bisa diaplikasikan dengan mudah setiap hari di rumah sehingga kesehatan bisa terjaga dengan baik.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengkonsumsi jinten hitam; cara mengolah jintan hitam; tren penyakit asma di kalangan masyarakat; cara mengolah daun jintan hitam untuk obat; cara mengobati asma dengan jintan hitam; cara mengkonsumsi jintan hitam untuk obat; cara mengkonsumsi jintan hitam dalam bentuk biji alami; cara mengibati asma pake jinteun hitam; cara jintan putih untuk sesak; Artikel cara mengolah jinten ireng sebagai obat;

Content Protection by DMCA.com