Penularan Penyakit Typus dan Pencegahannya

Typus merupakan salah satu penyakit endemik di Indonesia yang artinya bisa menyerang siapa saja baik dari anak-anak maupun lansia dan sangat besar kemungkinan untuk tertular apabila banyak yang menderita penyakit tersebut. Untuk mengetahui gejala penyakit typus, seseorang sekiranya memiliki tanda-tanda typus harus segera dibawa ke rumah sakit untuk tes darah laboratorium.


Penyakit typus dan penularanya - Fotolia

Penyakit typus dan penularanya – Fotolia

Media Penularan Penyakit Typus

Apakah Anda masih bingung dan bertanya apakah penyakit tipes menular atau tidak? Maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah IYA dan proses penularannya sangat cepat tanpa Anda sadari. Ada berbagai macam cara penularan penyakit tersebut di antarannya:

Makanan

Bakteri salmonella merupakan bakteri yang biasa ditularkan oleh penderita tipes. Biasanya lalat menjadi faktor pembawa virus tersebut pada makanan dan termakan oleh manusia. Kebiasaan sehari-hari seperti membeli makanan di pinggir jalan yang kotor juga bisa menularkan penyakit tersebut pada Anda.

Tangan atau kuku

Terkadang Anda sering lupa untuk mencuci tangan sebelum makan apalagi setelah bepergian dan hal ini merupakan salah satu penyebab penyakit tipes dan gejalanya karena kuman yang menempel pada tangan ataupun kuku Anda.

Muntahan

Seseorang yang mengalami penyakit tertentu, khususnya yang berkaitan dengan pencernaan, biasanya sering mengalami mual dan muntah. Muntahan yang dikeluarkan oleh penderita tipes biasanya akan terbawa oleh lalat yang hingga dan menyebarkannya melalui media makanan ataupun kotoran.

Kotoran

Kotoran yang dikeluarkan oleh hewan peliharaan atau yang lainnya juga memiliki bakteri salmonella yang bisa menyebabkan tipes dan perantara penyakit tersebut adalah lalat karena lalat selalu hinggap pada kotoran dan membawanya pada manusia.

Pencegahan Penyakit Tipes dan Gejalanya

Terdapat beberapa tips untuk mencegah penularan penyakit tipes dan gejalanya sehingga Anda tidak tertular diantarannya:

  • Pastikan makanan yang akan Anda konsumsi terjaga kebersihannya dan tutuplah meja makan dengan tudung saji sehingga lalat tidak akan hinggap.
  • Kurangilah atau hentikan membeli jajanan atau makanan di pinggir jalan karena Anda tidak tahu tingkat kebersihannya.
  • Hindari untuk makan telur setengah matang karena Anda tidak tahu kotoran yang menempel pada telur mengandung bakteri salmonella atau tidak.
  • Cucilah tangan dan juga kaki sebelum makan ataupun setelah melakukan kegiatan,
  • Potonglah kuku Anda dengan rajin karena kuku merupakan sarang kuman walaupun kuku terlihat bersih.
  • Hindari kebiasaan menggigit jari untuk mencegah masuknya kuman dalam mulut.
  • Tidurlah dengan teratur dan cukup sehingga daya tahan tubuh Anda tetap baik
  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan berolahraga secara teratur sehingga badan tetap fit.
  • Jika Anda sudah pernah terkena penyakit ini, sebaiknya hindari melakukan pekerjaan yang melelahkan sebab hak tersebut bisa mmeicu kambuhnya penyakit.

Semoga informasi mengenai proses penularan dan juga pencegahan penyakit typus tersebut bisa Anda perhatikan dan lakukan dalam kegiatan sehari-hari.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

penularan tipes; pencegahan typus; penularan penyakit typus; TANAMAN OBATSAKITGIGI; cara penularan penyakit tipus; cara penularan penyakit typus; cara penularan penyakit tipes dan penanganannya; mencegah penularan typhus; pencegahan penyakit typhus; pencegahan typhus;

Content Protection by DMCA.com