Pengobatan Tuberkulosis dengan Bahan Alami – Bagian 1

Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium Tuberculosis. Sebelum membahas pengobatan tuberkulosis secara alami, tidak ada salahnya membahas sekilas tentang penyebabnya. Infeksi pernafasan ini biasanya disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung, dan bisa bertahan di tenggorokan selama satu tahun.


Buah Malaka - Pengobatan tuberkulosis secara alami (Shutterstock)

Buah Malaka – Pengobatan tuberkulosis secara alami (Shutterstock)

Setelah masuknya bakteri ke dalam tubuh, gejala tuberkulosis akan dipicu oleh berbagai faktor, seperti merokok, konsumsi alkohol, stress, penurunan daya tahan tubuh, dan sebagainya. Gejala infeksi tuberkulosis antara lain rasa lelah, batuk terus-menerus yang terkadang disertai dahak berdarah, susah bernafas/nafas pendek, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, serta rasa nyeri di dada.

Pengobatan Tuberkulosis Secara Alami

Gejala tuberkulosis dapat dikurangi secara alami menggunakan bahan-bahan herbal buatan rumah. Berikut adalah beberapa obat alami tuberkulosis yang bisa anda ramu sendiri di rumah:

Susu

Susu dianggap sebagai salah satu sumber kalsium terbaik. Seperti diketahui, kalsium merupakan bahan pengobatan terbaik untuk tuberkulosis alias TB. Minum susu secara teratur membantu memasok kalsium bagi tubuh untuk membantu mengatasi TB. Sebagian penderita TB malah direkomendasikan untuk menjalani diet susu selama pengobatan TB. Anda dianjurkan minum setidaknya 2 gelas susu hangat setiap hari (pagi dan malam hari) untuk mengatasi gejala TB.

Bakteri Mycobacterium Tuberculosis penyebab TB (Shutterstock)

Bakteri Mycobacterium Tuberculosis penyebab TB (Shutterstock)

Buah Malaka

Buah malaka sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Namun, siapa sangka jika buah yang rasanya asam ini bisa digunakan sebagai obat herbal tuberkulosis dan membantu mengembalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan dalam waktu singkat. Buah malaka, yang juga dikenal dengan amla, mengandung khasiat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Cara penggunaannya untuk mengobati TB adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 3-4 biji buah malaka dan buang bijinya.
  • Jadikan jus dengan menggunakan juicer
  • Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata
  • Minum di pagi hari sebelum sarapan

Anda juga bisa mengkonsumsi buah malaka segar atau mengkonsumsi bubuk yang diolah dari buah ini.

Pisang

Pisang telah digunaan sebagai obat alami tuberkulosis sejak zaman kuno, bahkan untuk kasus TB yang parah. Seperti diketahui, pisang adalah sumber zat gizi dan kalsium yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun penderita TB. Pisang juga membantu meringankan batuk dan demam akibat TB. Caranya:

  • Ambil satu buah pisang matang dan hancurkan
  • Campurkan dengan satu mangkok air kelapa muda, setengah mangkok yogurt, dan satu sendok teh madu.
  • Konsumsi dua kali sehari

Anda juga bisa mengkonsumsi jus pisang segar setiap hari untuk meringankan gejala seperti batuk kronis dan gangguan pernafasan di malam hari.

Ramuan daun kelor untuk mengatasi TB (Shutterstock)

Ramuan daun kelor untuk mengatasi TB (Shutterstock)

Daun Kelor

Soup yang terbuat dari daun kelor juga diketahui sebagai salah satu pengobatan tuberkulosis secara alami. Daun kelor mengandung khasiat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu membuang bakteri penyebab TB dari dalam tenggorokan serta mengurangi inflamasi akibat infeksi dan batuk terus-menerus. Daun kelor juga merupakan sumber karoten, kalsium, vitamin C, dan fosfor. Cara menggunakannya:

  • Rebus segenggam daun kelor dalam satu mangkok air selama 5 menit
  • Biarkan hingga air rebusan dingin
  • Tambahkan sedikit garam, merica, dan air perasan jeruk nipis untuk menambah rasanya
  • Minum ramuan ini setiap pagi sebelum sarapan hingga gejala TB berkurang

Itulah beberapa pengobatan tuberkulosis yang bisa anda siapkan sendiri di rumah. Tentunya, masih banyak obat alami lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk meringankan dan mengatasi gejala TB. Simak terus pembahasannya dalam artikel berikutnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat herbal alami; obat tradisional untuk menghilangkan nyeri di dada tbc;

Content Protection by DMCA.com