Pengobatan Penyakit Ginjal: Rekomendasi Diet dan Obat

Sebagai salah satu organ inti di dalam tubuh, ginjal berfungsi menyaring cairan berlebih dan kotoran dari dalam darah. Kotoran dan sisa cairan tersebut kemudian akan dikeluarkan melalui urin. Nah, bagaimana jika anda mengalami penyakit ginjal dan fungsi organ inti ini tidak lagi optimal, atau bahkan tidak berfungsi lagi? Maka cairan pada taraf yang berbahaya, elektrolit, maupun kotoran akan menumpuk di dalam tubuh anda.


Pengobatan penyakit ginjal – Shutterstock

Pengobatan penyakit ginjal – Shutterstock

Pada tahap awal, gejala gangguan ginjal mungkin tidak begitu kentara. Namun, jika sudah mencapai tahap lanjut, atau yang disebut penyakit ginjal kronik, maka fungsi ginjal akan mengalami gangguan yang signifikan. Nah, lalu seperti apa pengobatan yang bisa anda tempuh?

Pengobatan Penyakit Ginjal: Rekomendasi Diet oleh Dokter

Pengobatan terhadap penyakit ginjal pada dasarnya lebih difokuskan untk memperlambat perkembangan penyakit, yakni dengan cara mengendalikan penyebabnya. Biasanya, dokter akan merekomendasikan makanan atau diet khusus untuk mendukung kerja ginjal, dan mengurangi bebannya. Berikut adalah beberapa anjuran yang sering diberikan dokter untuk penderita penyakit ginjal:

  • Hindari makanan dengan garam tambahan. Mulailah menurunkan asupan garam anda dengan menghindari makanan yang mengandung garam tambahan, seperti makanan siap saji, makanan beku, sup kalengan, dan makanan kemasan lainnya, termasuk snack, sayuran kalengan, atau daging dan keju olahan
  • Konsumsi makanan rendah potassium. Hindari makanan yang mengandung potassium tinggi, seperti jeruk, pisang, kentang, tomat, dan bayam. Sementara itu, anda dianjurkan mengkonsumsi makanan berpotassium rendah, seperti apel, wortel, kacang hijau, anggur, blueberry, dan kubis. Namun, pastikan makanan tersebut tidak diberi garam tambahan
Sereal – contoh makanan rendah protein – Shutterstock

Sereal – contoh makanan rendah protein – Shutterstock

  • Kurangi asupan protein. Mintalah anjuran batas maksimal konsumsi protein yang diperbolehkan untuk anda kepada dokter. Makanan kaya protein antara lain, daging, telur, susu, keju, dan kacang-kacangan. Perbanyak konsumsi makanan rendah protein seperti sayur-sayuran, buah-buahan, roti, dan sereal.

Pengobatan Penyakit Ginjal dengan Obat-Obatan Medis

Untuk mengendalikan komplikasi penyakit ginjal atau terjadinya penyakit ginjal bocor, dokter biasanya memberikan pengobatan yang berbeda, sesuai kondisi yang anda alami. Gangguan ginjal umumnya akan diikuti oleh masalah lain, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa jenis obat yang mungkin diberikan:

  • Obat-obatan tekanan darah tinggi. Jika anda penderita hipertensi, dokter biasanya akan memberikan ACE inhibitor atau angiotensin II receptor blocker. Obat-obatan ini biasanya diberikan setelah pemeriksaan tekanan darah.
  • Obat untuk menurunkan kolesterol, seperti statin
  • Obat anemia, seperti suplemen hormon erythropoietin
  • Obat untuk meringankan gangguan menelan, seperti diuretika
  • Obat untuk melindungi tulang, khususnya suplemen kalsium dan vitamin C
Kacang hijau – contoh makanan rendah potassium – Shutterstock

Kacang hijau – contoh makanan rendah potassium – Shutterstock

Meskipun gejala penyakit ginjal kronik dan ginjal bocor dapat diringankan dengan obatan-obatan tradisional, pengobatannya harus tetap melalui intervensi dokter. Oleh sebab itu, pastikan anda berada di bawah pengawasan dokter untuk meminimalisir resiko gagal ginjal tahap akhir, yang tentunya dapat membahayakan jiwa.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Obat alami nyeri pinggang kiri; pola hidup gagal ginjal dan pengobatan;

Content Protection by DMCA.com