Pengobatan Anemia Dengan Bahan Alami di Rumah

Penyakit kekurangan darah seringkali diderita oleh banyak orang khususnya wanita yang terlalu lelah jika memiliki banyak aktivitas. Pengobatan anemia pun dipilih dengan bahan alami yang bisa diperoleh dalam rumah Anda sehingga penyembuhan bisa maksimal dan tidak adanya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, bahan herbal alami dinilai lebih hemat dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran dalam hal pembuatannya.


Pengobatan alami anemia - Fotolia

Pengobatan alami anemia – Fotolia

4 Pengobatan Anemia Secara Tradisional dan Herbal

Dibandingkan dengan Anda mengonsumsi supplemen penambah darah setiap hari, ada baiknya untuk mencoba pengobatan herbal secara alami sebagai berikut:

Ramuan Herbal Kacang Hijau

Biji-bijian khususnya kacang hijau memiliki banyak sekali kandungan vitamin serta mineral yang diperlukan untuk menambah darah dalam tubuh. Vitamin B1, B12, dan niacin mampu mengembangkan sel-sel darah merah dalam tubuh dan mengembalikan stamina tubuh yang lemah akibat anemia.

Untuk cara membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan satu cangkir kacang hijau yang sudah dibersihkan dan rebus dengan dua gelas air hingga menyisakan sekitar ¾ bagian saja. Minumlah air rebusan itu beserta dengan kacang hijaunya dua kali dalam sehari untuk memulihkan tenaga.

Ramuan Herbal Lempuyang Wangi

Lempuyang wangi merupakan tumbuhan liar yang bisa hidup di antara hutan jati. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan pada kelinci menunjukkan jika lempuyang wangi bisa meningkatkan kadar HB atau hemoglobin darah merah serta meningkatkan eritrosit dalam darah yang bisa dijadikan sebagai cara mengobati anemia setelah 16 hari pemakaian.

Untuk membuat ramuan ini, Anda hanya perlu untuk mengambil setengah ruas lempuyang wangi dan rebus ke dalam 4 ½ gelas air hingga menyisakan setengah dari kapasitas jumlah air. Setelah dingin, Anda bisa menambahkan madu dan konsumsi dalam dua kali sehari.

Manfaat kacang hijau untuk mengobati anemia - Shutterstock

Manfaat kacang hijau untuk mengobati anemia – Shutterstock

Ramuan Tapak Liman

Batang dari tapak liman dikenal sebagai pengobatan alami anemia karena mengandung flavonoid serta polifenol. Selain itu, terdapat kandungan zst besi sekitar 45,4 miligram pada akar dan sekitar 30,2 persen pada daun dari tapak liman yang berfungsi untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh sehingga mengembalikan tenaga dan energi pada seseorang yang diakibatkan karena anemia.

Untuk membuat ramuan ini, Anda hanya perlu mengambil tiga batang tapak liman yang sudah dicuci bersih serta rebus dalam 3 gelas air hingga tertinggal sekita ¾ nya saja. Saring ramuan tersebut dan beri sedikit tambahan madu. Minumlah sekita dua kali sehari.

Ramuan Bayam

Seperti yang sudah diketahui jika bayam merupakan sumber zat besi tertinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Berbagai jenis bayam dari yang hijau sampai dengan merah sama-sama memiliki tingkat zat besi tinggi, Vitamin A, vitamin K dan C serta tambahan garam fosfat yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara direbus sebentar atau digiling halus dengan sedikit tambahan madu kira-kira dua kali dalam sehari.

Semoga ramuan herbal untuk pengobatan anemia ini bisa Anda coba di rumah dengan mudah sehingga Anda tidak perlu lagi mengonsumsi supplemen penambah darah untuk menunjang aktivitas Anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat asam urat; pengobatan anemia; cara mengobati anemia tradisional; obat anemia alami; obat anemia tradisional; manfaat obat tradisional anemia; macam2 tanaman obat utk asam urat; pengobtan tradisional anemia; ramuan tradisional obat anemia; ramuan tradisional untuk anemia;

Content Protection by DMCA.com